4 Hal yang Harus Diketahui Wanita Sebelum Memulai Bisnis

  • Share
4 Hal Yang Harus Diketahui Wanita Sebelum Memulai Bisnis

Setiap orang tentu punya impian punya usaha sendiri. Karena toh masa iya kita mau selamanya kerja untuk orang. Lumrah jika pria berpikir kearah sana, lalu bagaimana dengan wanita?

Jangan salah, wanita masa kini sudah banyak juga yang memikirkan bisnis untuk masa depan mereka. Nah, kalau Anda termasuk salah satu wanita yang berambisi ingin memulai bisnis, simak empat langkah penting berikut ini.

Ikuti Gairah Anda

Banyak yang bilang kalau Anda melakukan apa yang Anda cintai, maka Anda tidak akan pernah benar-benar bekerja selama hidup Anda. Penting sekali usaha bisnis yang Anda jalani menjadi sesuatu yang Anda sukai, karena Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengerjakannya.

Menyatu Dengan Merek Anda

Merek Anda menggambarkan segala sesuatu tentang Anda dan perusahaan Anda, jadi harus didefinisikan dengan jelas dan kemudian diterapkan secara konsisten dalam semua hal yang Anda lakukan.

Merek bukan sekedar logo, pesan, font dan palet warna, tapi juga pernyataan misi, nilai, kualitas dan pendekatan Anda terhadap layanan pelanggan. Konsistensi merek akan membantu membangun kepercayaan atas pelanggan Anda (dan potensi), membangun kredibilitas, serta membedakan Anda dari pesaing Anda.

Atasi Ketakutan Anda

Membuat perubahan besar dalam hidup, apalagi soal bagaimana cara kita menghasilkan uang itu sangat menakutkan dan berisiko. Bagaimana kalau tidak untung? Dalam buku “You Are a Badass: How to Stop Doubting Your Greatness and Start Living an Awesome Life”, penulis Jen Sincero mendesak pembacanya untuk memberi makan rasa takut dengan tekad. Apakah Anda takut ditolak? Jika itu terjadi … hadapi, lakukan penyesuaian yang diperlukan, dan coba lagi.

Tetapkan Sistem Pendukung Anda

Bahkan jika Anda memulai bisnis sendirian, Anda seharusnya jangan bekerja sendirian dalam menjalankan bisnis. Paling tidak, Anda memerlukan seorang akuntan atau penasihat keuangan, pengacara, mentor untuk menciptakan gagasan, keluarga dan teman yang percaya dan mendukung Anda. Minta rekomendasi mentor dari orang-orang sukses yang Anda kenal, atau bergabunglah dengan sejumlah asosiasi bisnis wanita yang ada di lingkungan Anda.

Langkah tersulit itu memang selalu langkah awal, karena resep untuk memulai bisnis baru tidak bisa Anda pelajari dengan membaca buku saja. Tapi itu bisa dilakukan. Ingin menjadi pebisnis sukses? Anda bisa menerapkan empat langkah penting yang harus wanita ketahui sebelum memulai bisnis tadi.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

hit tracker