Alasan Medis Olahraga Sangat Ampuh Atasi Depresi

  • Share
Olahraga Mampu Mengatasi Depresi
Olahraga Mampu Mengatasi Depresi

Kecemasan dan depresi adalah penyakit yang diderita oleh sekitar 40 juta orang dewasa di dunia, dan sebagian besar disebabkan oleh stres pada kehidupan sehari-hari.

Dan ya, ketika hal itu mempengaruhi otak kita, semua pada tubuh kita akan merasakan dampaknya.

Dikatakan bahwa olahraga adalah sekutu besar untuk kesehatan kita, itu adalah identik dengan kesejahteraan dan hidup sehat.

Bahkan, sangat efektif untuk mengobati kecemasan! Hari ini saya ingin memberitahu Anda sedikit lebih banyak alasan mengapa olahraga dapat mengatasi kecemasan.

Senjata aktivitas melawan kecemasan

Berolahraga adalah cara untuk memerangi kecemasan dan depresi, pada beberapa pasien olahraga adalah bentuk yang sama atau lebih baik dari obat.

Mungkin Anda bertanya bagaimana olahraga meningkatkan kadar endorphin, nerodrenalina dan dopamin, zat yang membuat depresi menghilang. Ketiga unsur ini disebut sebagai “kebahagiaan kimia”.

Jadi sederhana jika Anda rajin berolahraga dan zat ini semakin meningkat sehingga bisa membuat kebahagiaan Anda lebih besar.

Saat Anda melakukan olahraga, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan ketenangan dalam suasana hati Anda yang sedang kacau.

Salah satu alasan terpenting, kenapa olahraga dapat menghilangkan depresi adalah meningkatkan zat kimia di otak, menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol, dan memberikan jalan keluar bagi energi Anda yang pada gilirannya juga akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Ditambah jika Anda hanya berpikir tentang hal ini, mengetahui bahwa Anda sedang melakukan sesuatu yang positif untuk diri sendiri, dapat memberi Anda rasa percaya diri yang kuat dalam menyelesaikan dan menghadapi tekanan yang sedang Anda rasakan.

Jadi berapa banyak olahraga yang harus Anda lakukan

Beberapa studi menunjukkan bahwa 10 menit berjalan kaki dapat membantu meringankan depresi pada beberapa orang, meskipun pengaruhnya sementara.

Namun, perbedaan yang paling menonjol adalah ketika beberapa jenis aktivitas fisik sehari-hari dilakukan.

Sekarang banyak orang yang mengatasi depresi dengan mengkonsumsi obat-obatan yang ada dipasaran, padahal belum tentu itu bermanfaat secara keseluruhan terhadap kesehatan tubuh Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga merupakan metode yang efektif, tetapi kurang dimanfaatkan untuk membantu mengatasi dan menghilangkan depresi dari diri Anda.

Bahkan jika Anda memang sangat tertekan dengan tantangan yang ada didalam kehidupan Anda, maka mengambil sepatu lari santai ditaman atau main tenis bersama teman dan melakukan jenis olahraga lainnya adalah cara yang tepat untuk menghilangkan depresi atau kecemasan yang Anda alami.

Itulah beberapa alasan mengapa olahraga sangat penting dalam hidup kita apalagi ketika Anda depresi.

Semoga artikel ini bermanfaat guys.

  • Share
hit tracker