Alasan Mengapa Kulit Kepala Gatal yang Perlu Anda Ketahui

  • Share
Alasan Mengapa Kulit Kepala Gatal yang Perlu Anda Ketahui
Alasan Mengapa Kulit Kepala Gatal yang Perlu Anda Ketahui

Gatal pada kulit kepala merupakan hal yang pernah dialami oleh setiap orang dan ini tentu sangat mengganggu terlebih saat sedang melakukan kegiatan penting.

Mengapa Kulit Kepala Gatal?

Apa yang menyebabkan kulit kepala menjadi gatal?

Kulit kepala yang gatal bisa disebabkan karena kurangnya kadar minyak di kulit kepala. Kurangnya kadar minyak pada kulit kepala ini biasanya ditandai dengan munculnya ketombe.

Walaupun sepertinya masalah sepele tapi kulit kepala gatal ini tidak bisa dibiarkan, apalagi jika anda termasuk orang yang sering tampil di depan umum. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit kepala mudah gatal.

Faktor Eksternal Penyebab Kulit Kepala Gatal

Aktivitas outdoor menyebabkan kulit kepala banyak bersentuhan dengan zat lain seperti debu, polusi, dan kotoran. Kotoran-kotoran ini berukuran mikroskopis sehingga menempel di kulit kepala.

Semakin lama kotoran ini bertambah banyak dan akibatnya kuman menjalar di kulit kepala, hal ini menyebabkan mengapa kulit kepala gatal.

Selain kuman kotoran-kotoran yang hinggap di kulit kepala akan menutup pori-pori kepala sehingga sirkulasi udara terganggu, hal ini juga memicu munculnya ketombe yang disertai rasa gatal.

Cahaya matahari yang terlalu terik juga akan merusak kulit kepala anda, untuk itu hindari sinar matahari yang terlalu panas dan juga tempat-tempat yang udaranya kotor

Faktor Internal Penyebab Kulit Kepala Gatal

Dari dalam tubuh, kurangnya kadar minyak pada kulit kepala yang menyebabkan kenapa kulit kepala gatal gatal. Kurangnya kadar minyak ini disebabkan karena jarang keramas atau keramas menggunakan air hangat.

Jika rambut jarang dibasuh air maka otomatis kulit kepala akan kering dan kadar minyak akan berkurang dan jika keramas menggunakan air hangat maka kadar minyak justru akan luruh.

Selain itu dari segi internal juga disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang. Kita harus mengkonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Cara mengatasi kulit kepala gatal adalah gunakan shampo anti ketombe dan gatal yang sesuai dengan karakter rambut anda, keramaslah menggunakan air dingin.

Sisirlah rambut secara teratur, selain untuk kerapian juga memberi pemijatan pada kulit kepala. Jika anda memiliki waktu lebih, pergilah ke salon untuk melakukan perawatan pada kulit kepala atau gunakan masker kulit kepala. Jika sudah teratasi jangan lupa untuk menghindari faktor yang menyebabkan mengapa kulit kepala merah dan gatal.

  • Share
hit tracker