Alat Alat Fitness yang Harus Dimiliki

Walaupun fitness center sebagian besar digunakan untuk berlatih dan memperbesar masa otot, namun terkadang dalam sebuah pusat kebugaran juga tersedia alat-alat yang hanya digunakan untuk berolahraga ringan seperti jogging ataupun jalan santai.

Penggunaan perlengkapan alat fitness pada sebuah pusat kebugaran ini tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Apa saja jenis dan macam alat-alat fitness yang harus dimiliki oleh sebuah pusat kebugaran?

Jenis dan Macam Alat-alat Fitness

Berikut ini beberapa jenis dan macam alat-alat fitness yang harus dimiliki oleh sebuah pusat kebugaran sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Pelatihan otot dada

Alat-alat atau perlengkapan fitness yang dapat digunakan untuk melatih dan memperbesar masa otot dada antara lain incline bench press, cable crossover, dumble pullover serta dumble flies. Beberapa perlengkapan fitness ini digunakan dengan cara berdiri ataupun sambil rebahan pada incline bench.

Pelatihan otot paha

Untuk melatih dan memperbesar otot paha bagian depan ataupun bagian belakang, perlengkapan atau alat fitness yang digunakan antara lain leg extention, dumble lunges, machine row, cable row ataupun barble row. Penggunaa alat-alat ini sebagian besar digunakan dalam posisi berdiri ataupun duduk tergantung dari jenis gerakan latihan.

Pelatihan otot triceps

Untuk melatih dan memperbesar masa otot triceps, perlengkapan atau alat fitness yang digunakan antara lain grip bench press, curl bar stick dumble, dumblel/barble shrug serta bangku incline. Pelatihan otot triceps ini bisa dilakukan sambil duduk, terlentang ataupun berdiri tergantung jenis alat yang digunakan.

Pelatihan otot biceps

Untuk memperbesar masa otot biceps, perlengkapan fitness yang dibutuhkan antara lain barbell curl, preacher curl dan cable row. Untuk memperbesar otot biceps ini bisa dilakukan sambil duduk, terlentang atau bahkan berdiri tergantung dari jenis alat yang digunakan.

Treadmill

Treadmill digunakan untuk menjaga kebugaran dan stamina tubuh dan tidak digunakan untuk memperbesar masa otot. Penggunaan treadmill biasanya digunakan untuk berlari, jogging ataupun sekedar berjalan santai.

Menyadari bahwa beberapa jenis dan macam alat-alat fitness yang harus dimiliki oleh sebuah pusat kebugaran di atas tergantung dari jenis latihan ataupun kegunaannya, ada baiknya jika ketika bermaksud berlatih pada sebuah pusat kebugaran selalu didampingi dengan seorang instruktur yang berpengalaman.

Selamat berlatih dan semoga bermanfaat.