Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

Sekarang ini, bekerja dari rumah mengharuskan kamu terhubung dengan internet. Komunikasi jarak jauh memang tidak selancar seperti kamu ke kantor.

Dengan membagikan hasil pekerjaan rumah, meeting, tutorial yang sulit dijelaskan dengan kata-kata.

Tak hanya itu, kamu juga harus membuat materi webinar atau belajar online yang sekarang ini merupakan kewajiban oleh pelajar sedunia. Disaat itulah kamu pasti membutuhkan aplikasi perekam layar.

Kamu tak perlu membayar kok, sebagian besar aplikasi berikut ini bisa kamu gunakan secara gratis untuk komputer atau laptop.

Aplikasi Perekam Layar PC Laptop untuk Windows

Kamu bisa unduh secara gratis aplikasi perekam layar, namun untuk fitur yang lebih lengkap pastinya harus membayar lisensi software tersebut.

Aplikasi yang kami berikan untuk sobat cukup mumpuni. Kamu bisa merekam aktivitas layar kamu, baik itu tutorial, bermain video game untuk live di layanan streaming.

Berikut ini Aplikasi perekam layar PC yang bisa kamu download secara gratis dan ada yang berbayar.

BandiCam

Siapa yang tahu aplikasi perekam layar PC ini? Aplikasi Bandicam adalah software paling dikenal di dunia.

Baca juga:  Aplikasi GPS Terbaik di Android Selain Google Maps

Aplikasi perekam layar ini juga sudah dipakai oleh berbagai kalangan termasuk broadcaster video game karena kualitas audio dan videonya.

Di aplikasi ini, kamu bisa merekam video dengan menentukan area perekaman tertentu di layar maupun layar secara penuh.

Pilihan format rekaman video ini dalam bentuk MP4, AVI dan format lainnya. Sembari merekam, kamu juga bisa menggunakan fitur live drawing untuk menambahkan informasi terkait rekaman kamu.

Selain itu, kamu bisa unduh aplikasi perekam layar PC/Laptop ini secara gratis, namun video kamu akan diberikan watermark.

Durasi lisensi gratis untuk software ini juga dibatasi hanya sampai 10 menit. Tapi, secara keseluruhan aplikasi ini layak kamu gunakan untuk merekam layar komputer atau laptop.

Ezvid Video Maker

Ezvid Video Maker adalah salah satu rekomendasi aplikasi perekam layar untuk PC/Laptop. Aplikasi Ezvid juga menawarkan banyak fitur perekaman seperti laman situs, game, aplikasi, peta, dll.

Nah, salah satu fitur yang paling canggih adalah voice synthesis, yang bisa kamu gunakan untuk membuat audio rekaman jadi lebih jernih. Sehingga kamu tinggal bagikan ke teman-teman kamu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa edit video hasil rekaman di aplikasi perekam layar ini. Mulai dari, kecepatan video, menambahkan slide foto, teks, dll. Sangat mudah bukan?

Baca juga:  Aplikasi TV Offline Android Terbaik

Shadow Play

Bagi kamu creator game, bicara soal grafis tentu tidak ingin jelek, kan? Untuk kualitas grafis dalam game merupakah salah satu faktor penting yang bisa memberikan kepuasan penonton.

Jika kamu ingin mencari aplikasi perekam layar PC/Laptop terbaik untuk game, kamu bisa memilih ShadowPlay.

Downloadnya dimana mas? Kamu bisa unduh aplikasi perekam layar gratis ini dari situs NVidia GeForce. Karena ShadowPlay adalah aplikasi perekam layar yang memberikan kualitas tertinggi saat bermain game.

Kamu juga bisa langsung live streaming di Facebook Live, Youtube Live, Tiktok Live, Twitch. Untuk merekam video, format nya sudah 4K hingga 60 fps.

Tak hanya itu, ShadowPlay berfungsi dengan hardware accelerated, artinya kamu dapat menjalankan aplikasi ini di background tanpa perlu mengkhawatirkan aktivitas perekaman yang mengganggu performa komputer saat bermain game yang menuntut memori tinggi.

XSplit Gamecaster

Aplikasi ini memiliki kelebih yakni fitur streaming yang lengkap seperti Facebook, YouTube, Twitch, Mixer dll.

Cocok untuk kamu yang sering melakukan streaming ketika bermain game. Tak hanya itu, kamu juga bisa memulai perekaman dengan menekan satu tombol saja.

Baca juga:  Aplikasi Nonton Piala Dunia 2022 Gratis

Aplikasi XSplit ini memiliki kualitas video dan audio yang sempurna. Jadi kamu bisa bermain game gratis tanpa lag dengan dukungan 24/7.

Open Broadcaster Software (OBS Studio)

OBS Studio ini adalah software bersifat open source dan multi-platform yang dapat digunakan di sistem operasi Windows, Linux, dan OSX.

Tampilan pada aplikasi ini bisa dibilang sederhana, berikut kelebihan dan kekurangan pada aplikasi perekam gambar.

Kelebihan OBS Studio :

  • Filter video
  • Menu tema dapat diubah sesuai selera
  • Support streaming/live broadcast

Kekurangan OBS Studio :

  • Menu panduan kurang lengkap
  • Fitur tambahan masih kurang

Action!

Aplikasi Action ini juga bisa merekam layar PC/Laptop sekaligus streaming video di YouTube, Facebook Live, Twitch.tv dll.

Aplikasi Action ini bisa kamu manfaatkan untuk streaming tutorial maupun gaming, lho!. Selain itu, kualitas video dan audio juga mumpuni dengan resolusi HD.

Kamu juga bisa menambahkan background berbeda dari yang lain dengan menggunakan green screen di aplikasi ini. Tertarik? kamu bisa gunakan versi trial selama 30 hari.

Mana aplikasi perekam layar PC gratis diatas? Kalau belum coba, kita nggak pernah tau, ya kan.