Aplikasi Remote Desktop Untuk PC

Seperti namanya, aplikasi remote desktop berguna untuk mengendalikan atau remote komputer. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengoperasikan PC Anda seolah-olah berada di depannya.

Jadi meskipun Anda sedang berada di luar kota atau bepergian jauh, Anda tetap dapat mengontrol PC atau komputer Anda selama terhubung dengan internet.

Secara umum, ada dua tipe orang yang membutuhkan aplikasi remote desktop. Yang pertama menginginkan akses jarak jauh untuk mengontrol PC dari jarak jauh di rumah saat bepergian.

Yang kedua adalah bagi mereka yang merupakan anggota tim dan menginginkan sistem kolaborasi jarak jauh yang sederhana.

Banyak aplikasi aplikasi remote desktop jarak jauh sudah tersedia. Tetapi alih-alih repot memilih sendiri, pertimbangkan hanya aplikasi terbaik di bawah ini.

Bagi yang membutuhkan aplikasi ini, kali ini kami akan mengulas rekomendasi aplikasi remote desktop gratis terbaik untuk PC.

Remote PC by iDrive

Remote PC iDrive menyediakan fitur-fitur penting yang berguna untuk mengontrol PC Anda dari jarak jauh dengan mudah. Anda dapat mengakses komputer rekan kerja di lokasi yang berbeda melalui browser.

Pengguna Remote PC by iDrive bahkan dapat mengakses komputer dari jarak jauh dari smartphone atau tablet. iDrive memahami bahwa terkadang privasi juga diperlukan.

Itu sebabnya mereka menyediakan akses satu kali selain akses Always On, yang memungkinkan akses jarak jauh ke komputer Anda kapan saja.

Ini berarti bahwa Anda dapat memperoleh akses sementara ke komputer rekan kerja dengan hanya berbagi ID akses dan kunci yang valid hanya untuk satu kunjungan.

Ini untuk mencegah seseorang terus menggunakan fungsi Remote PC tanpa diundang.

TeamViewer

TeamViewer, adalah aplikasi remote desktop berikutnya. Aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna, dengan 45 juta unduhan sejauh ini.

Menggunakan TeamViewer juga sederhana, pastikan kedua komputer telah menginstal aplikasi. Untuk komputer jarak jauh, masukkan ID dan kata sandi komputer server.

Keunggulan aplikasi Teamviewer

  • Tersedia untuk Windows, Linux, macOS dan Android
  • Transfer file hanya dengan drag and drop
  • Dapat menggunakan sekitar 20 komputer untuk rapat
  • Dapat mentransfer audio dan file
  • Bisa chat atau voice call

VNC Connect

VNC Connect atau VNC (Virtual Network Computing) adalah aplikasi screen sharing yang dikembangkan oleh RealVNC. Dengan VNC Connect, Anda dapat terhubung ke komputer di mana saja secara real time.

Keunggulan Aplikasi VNC Connect

  • Tersedia untuk lintas platform
  • Kelola sistem penting dari jarak jauh
  • Dukungan TI untuk organisasi Anda

ConnectWise Control

ConnectWise Control adalah aplikasi yang sebelumnya dikenal sebagai ScreenConnect. Aplikasi ini memiliki kontrol yang baik atas berbagi layar, dan Anda dapat memilih dari berbagai fitur berbagi layar yang tersedia.

Meskipun antarmuka aplikasi ini sedikit lebih rumit daripada aplikasi lain, Anda mendapatkan beberapa keuntungan.

Keuanggulan Aplikasi Kontrol ConnectWise

  • Bebas memutuskan peran dan izin
  • keamanan yang cukup tinggi
  • Ada dua sub-produk, Support dan Akses. Support digunakan untuk personel TI yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah teknis, sedangkan hak akses digunakan seperti biasa untuk komputer jarak jauh.

Microsoft Remote Desktop

Chrome Remote Desktop tidak hanya gratis, Anda juga dapat menggunakan Microsoft Remote Desktop sebagai solusi gratis untuk mengontrol PC Anda dari jarak jauh. Berbeda dengan Chrome Desktop Jarak Jauh, Anda tidak perlu menginstal Google Chrome.

Microsoft Remote Desktop kompatibel dengan Windows 8 dan 10. Harap perhatikan versi yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Windows 8 atau 10 Home.

Anda dapat mengontrol komputer kedua dari jarak jauh, selama komputer kedua menjalankan Windows 8 atau 10 Professional/Enterprise.

Aplikasi remote desktop gratis memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengontrol PC Anda dari jarak jauh, baik untuk membantu pengguna dengan masalah. Atau bagi mereka yang bepergian jauh tetapi masih memiliki akses ke PC.

Anda dapat memilih lima rekomendasi aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhan fungsional dan kenyamanan Anda dalam penggunaan.