Aplikasi Video Conference Paling Populer

Apakah Anda menginginkan aplikasi video conference untuk rapat online?

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan. Namun, setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jadi pastikan Anda mengetahui fitur apa saja yang tersedia agar tidak salah pilih.

Rekomendasi Aplikasi Video Conference Terbaik

Pada artikel ini, kami telah memilih aplikasi video conference gratis dan merangkum fitur-fiturnya untuk Anda.

Zoom Meeting (Gratis dan Berbayar)

Aplikasi Video Conference FreeSeperti halnya cara membuat video conference dengan google meet, Zoom meeting bisa dijadikan pilihan untuk rapat online.

Selain itu, Zoom menawarkan layanan gratis. Dalam layanan gratis ini, Zoom dapat menampung 100 orang dengan batas durasi 40 menit.

Zoom dapat menampung hingga 1000 orang sekaligus. Anda bisa mendapatkan layanan ini dengan harga mulai dari $19,90 per bulan.

Paket tersebut sudah termasuk free use time saat rapat alias unlimited meeting. Nah, mungkin Anda bertanya-tanya, jika Anda mengizinkan peserta sebanyak itu, apakah kualitas videonya akan tetap oke?

tetap tenang. Video Zoom memiliki footage HD 720p berkualitas tinggi meskipun dapat menampung banyak pengguna. Plus, Zoom dapat menampilkan hingga 49 video sekaligus dalam satu tampilan.

Antarmuka Zoom sangat bagus dalam hal kapasitas, dan juga sangat menarik dan menyenangkan.

Bahkan dengan fitur Latar Belakang Virtual Zoom, Anda dapat mengubah tema latar belakang Anda dengan tampilan apa pun, seperti di pantai, di taman, atau di luar angkasa.

Google Meet (Berbayar)

Jika Anda mencari aplikasi meeting online yang simpel dan mudah digunakan, Google Meet bisa menjadi pilihan yang tepat.

Aplikasi keluaran Google ini hanya dapat digunakan dengan login melalui browser, tanpa perlu menginstal aplikasi.

Selain browser, Google Meet juga tersedia dalam versi aplikasi untuk digunakan di perangkat seluler.

Google Meet mudah digunakan dan menawarkan fitur menarik untuk Anda. Misalnya, fitur penyimpanan video meeting otomatis tersimpan di Google Drive Anda.

Menariknya, Anda juga akan mendapatkan subtitle video sekaligus menonton film.

Sebagai hasil keluaran Google, Google Meet telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi dari Google.

Tidak hanya Gmail, tetapi juga Google Kalender, Drive, Google Documents, Spreadsheet, Slide, Google Formulir, dan Cloud Search.

Lifesize (Berbayar)

Apakah Anda memerlukan aplikasi video conference dengan kualitas video terbaik? Lifesize bisa menjadi jawabannya.

Teknologi 4K Video Conferencing Lifesize akan membuat pertemuan online Anda terasa seperti pertemuan tatap muka.

Jika kualitas video HD 720p adalah satu-satunya pilihan yang ditawarkan oleh aplikasi lain, maka kualitas gambar yang dapat ditampilkan melebihi standar HD sebanyak 8 kali lipat.

Keuntungan lain dari Lifesize adalah jaminan perlindungan menyeluruh dari sistem keamanan. Rapat online Anda akan dienkripsi secara otomatis sehingga dapat melindungi Anda dari penyadapan pihak ketiga.

Microsoft Teams (Gratis dan Berbayar)

Aplikasi Video Conference GratisMicrosoft Teams sebenarnya adalah pembaruan baru dari aplikasi Skype for Business. Pada tahun 2021, Skype for Business akan resmi menjadi Microsoft Teams.

Seperti diketahui, Office 365 mencakup semua aplikasi perkantoran Microsoft, seperti Word, Excel, Power Point, OneNote, dan Outlook.

Dengan Office 365 terintegrasi, semua orang di grup Conversation Channels dapat langsung berbagi dan mengakses semua aplikasi yang mereka butuhkan.

Jadi Anda tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk berkomunikasi dengan rekan satu tim Anda.

Anda tidak hanya dapat menggunakan konferensi video untuk pekerjaan kolaboratif, Anda juga dapat berkolaborasi secara langsung untuk pekerjaan tertentu.

Cisco Webex Meeting (Gratis dan Berbayar)

Jika Anda mencari aplikasi teleconference berkualitas tinggi dengan keamanan terbaik, cobalah Cisco Webex Meeting.

Meskipun aplikasi webex meeting gratis, Anda tetap dapat menggunakan fitur-fitur utamanya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berkolaborasi dengan tim selain konferensi video.

Jadi tidak hanya bisa digunakan untuk rapat online, tapi juga bisa digunakan untuk komunikasi lewat pesan, berbagi file dan media, serta terkoneksi ke cloud storage.

Semua transfer data yang terjadi selama rapat dienkripsi, artinya data dan percakapan yang berpindah dari satu orang ke orang lain sulit untuk dicegat oleh pihak ketiga.

Setiap akun juga akan dilindungi oleh otentikasi multi-faktor. Artinya akan sulit bagi pihak selain Anda untuk menggunakan akun Anda. Jadi, Anda dapat mengadakan rapat online tanpa khawatir dimata-matai oleh orang asing.

GoToMeeting (Berbayar)

Terakhir, Anda dapat memilih GoToMeeting dari daftar aplikasi video conference gratis terbaik.

Salah satu manfaat menggunakan GoToMeeting adalah Anda memiliki penyimpanan tak terbatas untuk rekaman saat meeting berlangsung.

Jika Zoom hanya menyediakan ruang penyimpanan 1GB, GoToMeeting menyediakan ruang penyimpanan file tanpa batas.

Hal menarik lainnya dari GoToMeeting adalah kemampuan penyesuaian bandwidthnya. Artinya, saat Anda menggunakan layanan GoToMeeting, bandwidth secara otomatis akan sesuai dengan sumber daya dan perangkat keras Anda. Hal ini memungkinkan performa video tetap stabil selama rapat.

Mana Aplikasi Video Conference Pilihan Anda?

Dari daftar diatas, aplikasi video conference mana yang akan Anda gunakan? Meskipun Anda mungkin bekerja dari rumah, Anda tetap dapat menghadiri rapat.