Bahaya Mengganti Lampu Headlamp Mobil Dengan Tenaga Lebih Besar

Banyak pemilik mobil yang mengganti lampu utama dengan kekuatan yang lebih besar dengan harapan cahaya akan lebih cerah. Meskipun lampu sangat cerah, ada bahaya lain yang mengintai mobil.

Menggunakan lampu dengan daya yang lebih besar dapat menyebabkan lampu mika berwarna kuning dari waktu ke waktu. Mika menguning lampu membuat lampu tidak bekerja secara optimal, sehingga waktu penggunaan pada malam hari sebenarnya dapat tidak memiliki jalan dan objek yang ada di depan, dan berbahaya bagi pengemudi dan lainnya.

Mika menguning lampu memang dapat disebabkan oleh beberapa hal, tetapi lampu bertenaga besar berkontribusi banyak dalam proses.

Perubahan warna pada lampu mobil mika dapat disebabkan oleh panas yang muncul dari lampu bohlam. Apalagi jika pemilik kendaraan salah saat memasang bohlam dengan watt lebih tinggi dari spesifikasi standar. Suhu panas yang berlebihan dari bulb yang kemudian menyebabkan lampu mika berubah menjadi kekuningan.

Baca juga:  Tips Dealer Toyota Terbaik dalam Mengatasi Masalah Mobil

“Anda perlu menggunakan bola lampu standar. Karena menggunakan daya dengan Watts lebih tinggi, bohlam akan menghasilkan panas berlebih dan dapat menyebabkan lampu mobil Anda menjadi kuning. AKI tidak akan bertahan lama karena bekerja keras,” kata workshop Head Body & Paint Astra International – Peugeot, Roni Agung, melalui pernyataan resminya.

Dari faktor lain seperti umur lampu, faktor cuaca, jamur kaca, goresan pada lampu mika hingga faktor pemakaian. Ini juga merupakan salah satu penyebab berkurangnya kualitas atau kinerja lampu mobil Anda. Karena itu, selalu memperhatikan karet penutup bohlam. Karena tanpa menyadarinya, kadang-kadang karet penutup bohlam biasanya suka robek atau rapuh.

Reflektor menguning cepat juga dapat dipengaruhi oleh lubang sirkulasi udara komersial, segel penutup mika rusak, robek atau rapuh. Kemudian air dapat dengan mudah memasuki rumah lampu, serta debu atau kotoran. Jika Anda mengalami ini, segera ganti atau rapikan segel sehingga tidak ada celah untuk mengakui air atau debu.

Baca juga:  Cara Jual Mobil Bekas Cepat Laku

Kurang penting adalah mendapatkan parkir yang terbiasa di tempat teduh untuk menghindari sinar ultraviolet (sinar UV) secara langsung. Selain itu, cobalah untuk selalu mencuci kaca luar headlamp terutama ketika kehabisan hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.