Bantuan Paket Kuota Data Internet Tahun 2021 Cair Bulan Ini

  • Share
Bantuan Paket Kuota Data Internet
Bantuan Paket Kuota Data Internet

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memperpanjang subsidi kuota internet hingga akhir tahun, yang seharusnya berakhir pada Mei.

38,1 juta siswa dan pendidik, seperti guru dan dosen, akan menerima subsidi. Kuota internet gratis ini akan dikirimkan ke nomor telepon siswa dan guru yang telah terdaftar di sistem data pokok pendidikan (Dapodik).

Syarat Penerima Bantuan Kuota Internet

Kuota internet gratis Kemendikbudristek akan dibagikan selama tiga bulan, mulai September hingga November 2021.

Berikut cara mendaftar sebagai penerima bantuan kuota data internet 2021 jika siswa atau guru belum melakukannya atau telah mengubah nomor teleponnya:

  • Untuk menerima bantuan kuota, calon penerima harus melapor kepada kepala satuan pendidikan sebelum masa penyaluran.
  • Operator satuan pendidikan wajib mengunggah pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) untuk nomor yang telah berubah atau baru di laman Kemendikbudristek https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ atau https://pddikti.kemdikbud.go.id/.
  • Peserta didik PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah harus terdaftar di aplikasi Dapodik dan memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik, orang tua, anggota keluarga, dan wali.
  • Mahasiswa yang terdaftar dalam aplikasi PDDikti, berstatus masih aktif kuliah atau sedang menuntaskan gelar double degree (gelar ganda) serta memiliki Kartu Rencana Studi (KRS) semester berjalan dan memiliki nomor ponsel yang masih aktif.
  • Dosen yang aktif di aplikasi PDDikti, memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP), dan nomor handphone yang aktif.

Besaran Bantuan Kuota Internet

Bantuan kuota internet yang dimaksud adalah kuota umum yang dapat mengakses ke semua halaman atau aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan tercantum dalam situs resmi bantuan kuota data internet Kementerian Pendidikan dan Teknologi.

  • Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki kuota bulanan sebesar 7 GB.
  • Siswa di pendidikan dasar dan menengah memiliki kuota bulanan sebesar 10 GB.
  • Pendidik Paud Dikdasmen memiliki kuota bulanan sebesar 12 GB.
  • Dosen dan mahasiswa memiliki kuota bulanan sebesar 15 GB.

Cara Daftar Kuota Gratis Kemendikbud

Untuk bisa mendapatkan paket bantuan kuota bulan September hingga November 2021, segera laporkan ke operator/kepala satuan pendidikan agar dapat diusulkan dengan mengajukan SPTJM melalui https://vervalponsel.data.kemdikbud.go. id atau https://kuotadikti.kemdikbud.go.id.

Jika operator/kepala satuan pendidikan mengajukan SPTJM pada Agustus 2021, bantuan paket data kuota internet akan diterima pada September 2021.

  • Share
hit tracker