Bisnis  

Cara Terbaik Belajar Trading Saham Bagi Pemula

Salah satu keuntungan dari kegiatan trading atau perdagangan saham adalah kamu bisa melakukannya di mana saja.

Selain itu, trading saham merupakan kegiatan atau usaha yang bertahan lama, kamu bisa terus melakukannya sampai perusahaan yang kamu beli sahamnya tutup dan tidak ada perusahaan publik yang berdiri lagi (hal itu hampir mustahil terjadi).

Investor memiliki banyak waktu untuk mengembangkan dan mengasah keterampilan mereka dalam trading.

Apa itu Trading Saham?

Trading saham adalah kegiatan membeli dan menjual saham perusahaan publik pada suatu waktu tertentu.

Tentunya, tidak semua perusahaan di indonesia terdaftar sebagai perusahaan publik.

Suatu Perusahaan dapat dikatakan sebagai perusahaan publik jika perusahaan tersebut tercatat di Bursa Efek (jika di Indonesia tercatat di Bursa Efek Indonesia) dan sahamnya dapat dibeli oleh publik.

Di pasar saham, agar order pembeli dapat terlaksana, harus ada orang lain yang bertindak sebagai penjual, dan sebaliknya.

Ketika kamu membeli 10 lot saham, seseorang harus ada yang melakukan penjualan 10 lot saham atau lebih agar orderanmu dapat terlaksana.

Jika ada lebih banyak pembeli daripada penjual (permintaan), maka harga saham akan naik. Sebaliknya, jika ada lebih banyak penjual daripada pembeli (pasokan terlalu banyak), harganya akan turun.

Baca juga:  Ini Dia Cara Promosi Toko Online Paling Efektif dan Murah

10 Cara Paling Mudah untuk Belajar Trading Saham Bagi Pemula

Untuk pemula yang ingin belajar cara trading saham, berikut adalah sepuluh tips yang bisa kamu terapkan.

Buka akun demo

Cara terbaik untuk belajar trading saham adalah dengan terjun langsung ke medan perang trading.

Tentunya dengan akun demo dulu ya (akun simulasi). Di akun demo, kamu akan mendapatkan uang virtual yang bebas untuk kamu gunakan.

Dengan menggunakan akun demo, kamu bisa mengesplore banyak hal tanpa takut kehilangan uang jika kamu salah melakukan sesuatu di akun tersebut.

Baca buku

Buku menyediakan banyak informasi. Selain itu, harga buku relatif dan bahkan terkadang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya mengikuti kelas, seminar, atau membeli DVD pendidikan yang dijual di web.

Baca artikel

Berbeda dengan membaca buku, membaca artikel memerlukan waktu yang lebih singkat.

Selain itu, artikel membahas suatu tema yang sangat spesifik sehingga kamu bisa langsung mengetahui inti sari pembahasan yang ingin kamu ketahui.

Sekarang ini, artikel mengenai saham sangat mudah dijumpai di internet. Kamu hanya perlu mengetikkan beberapa kata kunci dan … BOOM … ribuan artikel bisa kamu akses secara gratis.

Cari mentor atau teman untuk belajar

Salah satu cara tercepat untuk belajar adalah dengan mencari dan menemukan mentor yang tepat.

Kamu bisa mencari seorang mentor yang berasal dari anggota keluarga, teman, rekan kerja, atau individu yang memiliki pemahaman mendasar tentang pasar saham.

Jika diantara orang yang kamu kenal tidak ada yang bisa dijadikan seorang mentor, kamu bisa menemukan mentor di Internet. Saat ini, banyak profesional di bidang saham yang membuka kelas belajar dan siap menjadi mentormu.

Baca juga:  Pengertian Teknik Scalping Dalam Trading

Seorang mentor yang baik bersedia menjawab pertanyaan, memberikan bantuan, merekomendasikan informasi yang bermanfaat, serta tetap bersemangat ketika kondisi pasar menjadi sulit.

Belajar dari trader yang sukses

Belajar dari kisah dan sepak terjang trader yang telah sukses di dunia trading dapat memberikan inspirasi untuk terus semangat belajar.

Selain itu, cara trading yang mereka gunakan bisa dijadikan referensi untuk menyusun strategi trading yang cocok untukmu.

Hal ini penting karna satu cara trading yang sukses di terapkan oleh orang lain belum tentu cocok denganmu.

Manfaatkan Channel Youtube

Di youtube, kamu dapat menemukan jutaan konten menarik dan berkualitas tanpa membayar. Pun materi tentang saham, ada banyak materi semacam itu di youtube.

Biasanya konten kreator channel saham mencantumkan akun media sosial mereka agar bisa kamu kunjungi.

Banyak juga keuntungan jika kamu mengikuti media sosial mereka. Biasanya mereka suka membagikan ilmu dan seminar online singkat secara cuma-cuma.

Mereka juga akan senang hati untuk menjawab saat kamu DM dengan pertanyaan tentang belajar saham.

Baca dan ikuti dengan santai perkembangan pasar saham

Selain dipengaruhi oleh kinerja perusahaan dan industri, pergerakan harga saham juga dipengaruhi oleh keadaan ekonomi suatu negara.

Sebagai contoh, pandemi yang melanda membuat perekonomian seluruh negara menurun, hal tersebut membuat harga saham di semua negara juga turun tajam.

Suatu industri usaha memiliki kanal beritanya sendiri. Untuk berita resmi, berita mengenai industri perbankan bisa didapat dari website Bank Indonesia atau Kementrian Keuangan. Untuk skala global, mencek Wall Street Journal dan Bloomberg.

Pertimbangkan dengan cermat dan teliti jika berminat pada kursus berbayar

Membayar untuk pendidikan merupakan hal yang bermanfaat. Ada manfaat spikologis saat kamu memutuskan untuk bergabung ke pelatihan berbayar.

Baca juga:  4 Tips Menjalankan Bisnis E-commerce Yang Sukses

Dengan mengeluarkan uang, kamu akan lebih semangat dan serius untuk belajar karna jika tidak, kamu akan langsung kehilangan uang (biaya pelatihan yang tidak kamu manfaatkan).

Selain itu, kursus berbayar juga bisa digunakan sebagai media akselerasi percepatan belajar untuk memahami dunia trading saham. Hal itu krena materi pembelajaran sudah disusun dengan terstruktur dan teruji oleh mentor.

Jelajahi seminar atau kelas live dengan hati-hati

Seminar dapat memberikan wawasan berharga tentang pasar. Sebagian besar seminar akan fokus pada satu aspek spesifik pasar dan bagaimana pembicara telah berhasil menggunakan strategi mereka sendiri selama bertahun-tahun.

Tidak semua seminar harus dibayar untuk itu. Beberapa seminar disediakan gratis. Kamu hanya perlu duduk menyimak materinya dan jangan lupa sesekali mencatat materi-materi yang manurutmu penting. Biasanya, lembaga sekuritas dan broker sering mengadakan seminar gratis.

Beli saham pertamamu

Usahakan melakukan hal ini setelah kamu telah terbiasa dan telah paham menggunakan akun demo (akun simulasi).

Dengan mencoba membeli saham real pertamamu, kamu akan lebih semangat lagi memahami dunia trading saham.

Dengan membeli saham real, kamu akan lebih berhati-hati dalam mengelolanya karna uang yang kamu gunakan untuk membelinya adalah uang yang sudah susah payah kamu kumpulkan.

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan trader baru adalah membeli terlalu banyak saham untuk perdagangan saham pertama mereka, ini sebuah kesalahan.

Mengambil terlalu banyak risiko sebagai pemula yang baru memulai akan sangat mungkin mengakibatkan mengalami kerugian yang tidak perlu.

Agar lebih aman, mulailah dengan memperdagangkan ukuran posisi kecil, kemudian perlahan-lahan lakukan cara Anda untuk membeli lebih banyak saham, rata-rata, setiap perdagangan.

Demikian 10 cara mudah belajar trading saham yang bisa kamu terapkan. semoga bermanfaat.