Cara Agar Tetap Sehat Saat Perjalanan Mudik

  • Share
Cara Agar Tetap Sehat Saat Perjalanan Mudik
Cara Agar Tetap Sehat Saat Perjalanan Mudik (pikisuperstar / Freepik)

Cara Agar Tetap Sehat Saat Perjalanan Mudik – Lebaran sebentar lagi, biasanya orang-orang pasti berencana untuk melakukan perjalanan mudik. Mudik memang sudah menjadi tradisi setiap tahun menjelang lebaran.

Rata-rata orang melakukan mudik perjalanan menggunakan transportasi darat, laut, dan udara. Tidak jarang orang-orang yang melakukan perjalanan tersebut mengalami yang namanya mab*k perjalanan.

Perjalanan mudik dengan kondisi berpuasa bisa jadi membuat tubuh menjadi tidak sehat saat melakukan perjalanan mudik. Mab*k perjalanan bukan hanya dirasakan oleh anak-anak, orang dewasa juga bisa mengalami yang namanya mab*k perjalanan.

Kondisi tubuh yang kurang sehat, sudah pasti akan sangat mengganggu perjalanan mudik. Apalagi kalo mudiknya makan waktu 1hari hingga 2 hari perjalanan. Bisa-bisa bukan kita sampe dikampung halaman dengan sehat, yang ada kita harus dapet perawatan intensif gara-gara mab*k perjalanan.

Mab*k perjalanan atau kondisi tubuh kurang sehat saat perjalanan mudik bisa jadi disebabkan oleh laju kendaraan yang sangat cepat atau bisa dikatakan ugal-ugalan. Pasti kalian sering kan merasakan hal seperti kalo mobil atau motor dikendarai dengan cara yang ugal-ugalan pasti akan menimbulkan rasa mual. Selain itu juga, kondisi tubuh yang kurang sehat akan dapat memicu rasa mual dan muntah saat perjalanan.

Nah, pada nggak mau kan perjalanan mudiknya harus dihiasi dengan rasa mual dan muntah atau mab*k perjalanan?

Yuuk, kita simak beberapa informasi mengenai cara agar tetap sehat saat perjalanan mudik agar terhindar dari mab*uk perjalanan dan sehat sampai tujuan.

Cara Agar Tetap Sehat Saat Perjalanan Mudik

Posisi Yang Tepat

Posisi menentukan segalanya. Bukan cuma pas lagi ujian ya posisi itu menjadi penentu segalanya, ternyata dalam perjalanan mudik menggunakan kendaraan terutama mobil harus memperhatikan posisi duduk. Posisi yang tidak tepat atau tidak nyaman bisa jadi memicu munculnya rasa mual dan ingin muntah. Hindari tempat duduk yang rentan terkena goncangan.

2. Duduk Santai

Setelah menentukan posisi yang dirasa sudah tepat, saatnya duduk dengan santai. Jangan sampe selama dalam perjalanan kalian duduk dengan posisi yang tegak atau tidak santai. Posisi duduk yang santai dapat membuat kita nyaman dalam perjalanan.

3. Makan

Sebelum melakukan perjalanan jauh atau mudik, usahakan untuk makan secukupnya. Jangan kurang apalagi lebih. Mudik dalam kondisi berpuasa, sebaiknya pada saat sahur usahakan makan secukupnya. Usahakan pada saat sahur jangan mengkonsumsi makanan yang berlemak agar tidak membuat mual pada saat perjalanan.

4. Obat

Poin keempat dari cara agar tetap sehat saat perjalanan mudik agar terhindar dari mab*uk perjalanan adalah mengkonsumsi obat anti mab*k. Konsumsi ini baik untuk mencegah rasa mual pada saat perjalanan. Apalagi kalo kita mudik dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta api, kapal, dan pesawat kita nggak bisa menentukan posisi yang nyaman untuk kita tempati. Oleh karena itu, konsumsi obat anti mab*k sangat dianjurkan.

5. Jangan Membaca atau Games

Biasanya rata-rata orang berpikiran kalo nggak ada kerjaan pada saat perjalanan lebih baik baca buku atau bermain games. Kegiatan membaca buku dan bermain games akan membuat kepala kita terus-terusan menunduk dan akan membuat kepala terasa pusing hingga menimbulkan rasa mual.

Demikianlah informasi mengenai cara agar tetap sehat saat perjalanan mudik. Selamat menikmati perjalanan mudik lebaran semoga sehat selamat hingga tujuan.

  • Share
hit tracker