Cara Bayar Cicilan Adira dengan Mudah dan Cepat

Apakah kamu sedang mencari cara bayar cicilan Adira dengan mudah dan cepat? Jika ya, maka kamu berada di tempat yang tepat.

Adira Finance adalah salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai produk pembiayaan, seperti pembiayaan motor, mobil, elektronik, dan lain-lain. Adira Finance memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia dan melayani jutaan nasabah setiap bulannya.

Namun, sebagai nasabah Adira Finance, tentu kamu harus membayar cicilan atau angsuran setiap bulannya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Jika kamu terlambat membayar cicilan, kamu akan dikenakan denda atau bunga yang bisa membuat beban keuangan kamu semakin berat.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara bayar cicilan Adira dengan mudah dan cepat agar kamu tidak ketinggalan jadwal pembayaran dan bisa menghindari denda atau bunga. Berikut adalah beberapa cara bayar cicilan Adira yang bisa kamu lakukan.

Mengenal Macam-Macam Jenis Cicilan Adira

Sebelum membahas cara bayar cicilan Adira, penting bagi kamu untuk paham dulu jenis-jenis cicilan yang ditawarkan. Berikut jenis angsuran Adira Finance yang ditawarkan, yaitu:

Kredit Mobil Adira

Adira Finance menyediakan dua pilihan produk pembiayaan mobil, yaitu kredit konvensional dan kredit syariah. Baik untuk membeli mobil baru maupun bekas, proses pengajuannya mudah dan cepat.

Kamu cukup datang ke salah satu dari 600 jaringan kerja sama Adira. Tenornya juga fleksibel disesuaikan kemampuan kamu.

Jika kredit kamu disetujui, BPKB mobil akan disimpan dengan aman oleh Adira. Kapanpun butuh, misalnya saat bayar pajak 5 tahunan, kamu bisa meminjamnya sementara dari Adira.

Kredit Motor Adira

Kamu bisa beli motor impian, baik baru ataupun bekas, dengan sistem kredit dari Adira Finance. Tidak ada batasan merek atau tipe motor. Bahkan motor dengan harga puluhan juta rupiah pun bisa dibiayai Adira.

Ada dua skema kredit yang ditawarkan, yaitu konvensional dan syariah. Jika memilih skema konvensional, kamu cukup bayar uang muka (DP) minimal 15% dari harga motor. Sementara untuk skema syariah, DP-nya cukup 10% saja.

Jika ingin kredit motor bekas, usia motor maksimal 12 tahun saat masa kredit selesai. Proses pengajuan kreditnya juga mudah dan cepat di Adira Finance.

Kredit Elektronik dan Furniture

Lewat Adira Finance, kamu bisa kredit elektronik dan furnitur idaman, seperti laptop, AC, TV, kulkas, mesin cuci, sofa, lemari, tempat tidur, dll.

Cukup datang ke gerai elektronik atau furnitur yang bekerja sama dengan Adira. Ada pilihan cicilan konvensional maupun syariah.

Syaratnya cukup mudah:

  • WNI dengan KTP
  • Usia 21-55 tahun saat cicilan selesai
  • Penghasilan minimal 1 juta/bulan
  • Limit kredit 1-100 juta
  • Tanpa DP atau jaminan
  • Bebas biaya pengajuan, hanya bayar biaya administrasi
  • Bunga disesuaikan kebijakan cabang Adira

Kredit Multiguna

Lewat Adira Finance, kamu bisa ajukan kredit multiguna untuk beragam keperluan. Seperti renovasi rumah, biaya sekolah, pengobatan, umroh, dan banyak lagi sesuai kebutuhan kamu.

Syaratnya kamu wajib menjadikan BPKB motor atau mobil sebagai jaminan. Jika mengajukan kredit untuk keperluan dengan vendor pihak ketiga, seperti biaya pernikahan, siapkan invoice dari vendor tersebut.

Nanti dana dicairkan langsung ke vendor. Sedangkan jika tanpa vendor pihak ketiga, kamu bisa ajukan kredit MAXI yang dananya langsung cair ke kamu.

Meski sudah pernah dapat pembiayaan dari Adira sebelumnya, kamu tetap bisa mengajukan lagi kredit multiguna. Hanya saja, Adira akan lakukan pemeriksaan atas kondisi keuangan kamu.

Berikut syarat mengajukan kredit multiguna Adira:

  • KTP & KK
  • Slip gaji atau rekening koran
  • Bukti kepemilikan rumah
  • STNK, BPKB, faktur asli kendaraan jaminan

Nah, setelah paham jenis angsuran Adira Finance, sekarang kita bahas cara membayar cicilan Adira yang baik dan benar.

Bayar di Cabang Adira Terdekat

Cara paling mudah membayar cicilan Adira adalah datang langsung ke cabang Adira Finance terdekat dengan membawa slip setoran.

Tunjukkan slip setoran ke customer service Adira di cabang, lalu serahkan sejumlah uang sesuai nominal angsuran bulanan kamu. CS akan mencatat pembayaran kamu dan memberikan bukti lunas.

Pastikan kamu datang tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo angsuran, biasanya tanggal 10-15 setiap bulannya. Hindari telat bayar karena akan dikenakan denda.

Cara Bayar Cicilan Adira Lewat ATM

Cara bayar cicilan Adira lewat ATM adalah salah satu cara yang paling umum dan banyak digunakan oleh nasabah Adira Finance.

Cara ini cukup praktis dan aman karena kamu hanya perlu membawa kartu ATM dari bank yang bekerja sama dengan Adira Finance dan mengikuti instruksi yang ada di mesin ATM.

Berikut adalah langkah-langkah cara bayar cicilan Adira lewat ATM:

  1. Bawa kartu ATM dari bank yang bekerja sama dengan Adira Finance dan kartu anggota Adira Club ke mesin ATM terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM dan pilih bahasa yang diinginkan.
  3. Masukkan PIN kartu ATM dan pilih menu “Transaksi Lainnya”.
  4. Pilih menu “Pembayaran” atau “Payment”.
  5. Pilih menu “Multi Finance” atau “Finance”.
  6. Pilih menu “Adira Finance” atau masukkan kode perusahaan 21003.
  7. Masukkan nomor kontrak atau ID pelanggan yang tertera di kartu anggota Adira Club.
  8. Konfirmasi pembayaran dengan menekan tombol “Ya” atau “Benar”.
  9. Ambil bukti pembayaran atau struk transaksi dan kartu ATM.

Cara Bayar Cicilan Adira Lewat Minimarket

Cara bayar cicilan Adira lewat minimarket adalah salah satu cara yang paling praktis dan nyaman untuk nasabah Adira Finance.

Cara ini sangat cocok bagi kamu yang sering berbelanja di minimarket atau tinggal dekat dengan minimarket. Kamu hanya perlu membawa kartu anggota Adira Club dan uang tunai untuk membayar cicilan.

Adapun minimarket yang bekerja sama dengan Adira Finance untuk pembayaran cicilan adalah Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan Dan+Dan. Kamu bisa menemukan gerai-gerai minimarket ini di berbagai tempat, seperti perumahan, perkantoran, sekolah, atau pusat perbelanjaan.

Berikut adalah langkah-langkah cara bayar cicilan Adira lewat minimarket:

  1. Bawa kartu anggota Adira Club dan uang tunai ke gerai minimarket terdekat.
  2. Serahkan kartu anggota Adira Club kepada kasir dan sebutkan bahwa kamu ingin membayar cicilan Adira Finance.
  3. Tunggu hingga kasir memasukkan nomor kontrak atau ID pelanggan kamu ke sistem pembayaran.
  4. Bayar sesuai dengan nominal cicilan yang harus dibayar. Kamu juga akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500 per transaksi.
  5. Ambil bukti pembayaran atau struk transaksi dan kartu anggota Adira Club.

Cara Bayar Cicilan Adira Lewat Internet Banking

Cara bayar cicilan Adira lewat internet banking adalah salah satu cara yang paling aman dan efisien untuk nasabah Adira Finance.

Cara ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki rekening bank dan mengakses internet banking melalui komputer atau smartphone. Kamu tidak perlu keluar rumah atau antri di mesin ATM untuk membayar cicilan.

Berikut adalah langkah-langkah cara bayar cicilan Adira lewat internet banking:

  1. Buka situs internet banking dari bank yang kamu gunakan melalui komputer atau smartphone.
  2. Masuk ke akun internet banking kamu dengan memasukkan user ID dan password kamu.
  3. Pilih menu “Pembayaran” atau “Payment”.
  4. Pilih menu “Multi Finance” atau “Finance”.
  5. Pilih menu “Adira Finance” atau masukkan kode perusahaan 21003.
  6. Masukkan nomor kontrak atau ID pelanggan yang tertera di kartu anggota Adira Club.
  7. Konfirmasi pembayaran dengan menekan tombol “Lanjutkan” atau “Submit”.
  8. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP kamu untuk verifikasi transaksi.
  9. Tunggu hingga proses pembayaran selesai dan kamu akan mendapatkan notifikasi email atau SMS dari bank.

Cara Bayar Cicilan Adira Lewat Aplikasi Adira Mobile

Cara bayar cicilan Adira lewat aplikasi Adira Mobile adalah salah satu cara yang paling canggih dan modern untuk nasabah Adira Finance.

Cara ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengakses semua layanan dan produk Adira Finance dalam satu aplikasi. Kamu bisa cek saldo, cek tagihan, cek histori pembayaran, dan bayar cicilan dengan mudah dan cepat.

Aplikasi Adira Mobile adalah aplikasi resmi dari Adira Finance yang bisa digunakan untuk mengelola akun dan transaksi Adira Finance.

Aplikasi Adira Mobile juga bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan online, termasuk cicilan Adira Finance. Aplikasi Adira Mobile bisa diunduh secara gratis di Google Play Store atau App Store.

Berikut adalah langkah-langkah cara bayar cicilan Adira lewat aplikasi Adira Mobile:

  1. Buka aplikasi Adira Mobile di smartphone kamu.
  2. Masuk ke akun kamu dengan memasukkan nomor HP dan password kamu.
  3. Pilih menu “Pembayaran” di halaman utama aplikasi.
  4. Pilih menu “Cicilan” atau “Angsuran”.
  5. Pilih nomor kontrak atau ID pelanggan yang ingin dibayar.
  6. Pilih jumlah bulan yang ingin dibayar. Jika ingin membayar satu bulan, pilih angka 1. Jika ingin membayar dua bulan, pilih angka 2, dan seterusnya.
  7. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Kamu bisa membayar dengan LinkAja, GoPay, OVO, DANA, ShopeePay, atau kartu kredit/debit.
  8. Konfirmasi pembayaran dengan menekan tombol “Bayar Sekarang”.
  9. Tunggu hingga proses pembayaran selesai dan kamu akan mendapatkan notifikasi SMS dari Adira Finance.

Tips Jitu Agar Lancar Bayar Cicilan Motor

Agar bisa lancar membayar cicilan Adira setiap bulannya, kamu perlu menerapkan tips-tips jitu berikut:

Atur dengan Baik Keuangan Bulanan

Susun anggaran keuangan setiap bulan. Pastikan pendapatan cukup untuk mengcover cicilan bulanan dan kebutuhan lain. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Siapkan Dana Darurat

Wajib punya dana darurat senilai 2-3 kali angsuran untuk mengantisipasi keadaan mendesak seperti kehilangan pekerjaan atau penghasilan berkurang.

Manfaatkan Auto Debit

Jadwalkan pembayaran otomatis dari rekening bank agar angsuran terbayar tepat waktu meski kamu lupa.

Komunikasikan jika Terjadi Masalah

Jangan ragu untuk komunikasikan ke pihak Adira jika menghadapi masalah keuangan sebelum terlambat bayar. Mereka bisa berikan keringanan.

Kesimpulan

Bayar cicilan Adira adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh nasabah Adira Finance setiap bulannya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Jika tidak membayar cicilan tepat waktu, nasabah akan dikenakan denda atau bunga yang bisa membuat beban keuangan semakin berat.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang cara bayar cicilan Adira dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin membayar cicilan Adira dengan lancar dan tanpa kendala.