Cara Cek Data NISN untuk Siswa

Cek Data NISN merupakan kegiatan baru untuk para siswa SD, SMP dan SMA indonesia, kegiatan ini memang di wajibkan oleh pemerintah bagi para siswa untuk wajib mengisi atau Cek data nomer induk siswa indonesia bagi yang sekolah di swasta maupun di negeri.

Kegiatan ini di namakan NISN dari kepanjangan Nomor Induk Siswa Nasional. Namun banyak siswa yang masih kebingungan untuk cek NISN tersebut.

NISN yang terdiri dari 10 digit angka yang unik dan tidak sama antara satu dengan lainnya. Susunan angka ini terdiri dari 7 angka pertama adalah adalah kode rahasia yang kombinasinya tidak diketahui dan 3 digit terakhir adalah nomor lahir Anda.

NISN ini juga membuktikan bahwa Anda resmi terdaftar sebagai pelajar di Indonesia untuk jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Dan Anda akan menggunakan nomor ini sampai Anda kuliah atau mahasiswa dan biasanya digunakan untuk banyak pendaftaran penting juga.

Baca juga:  Kumpulan Link Download Twibbon Hari Pramuka Gratis

Nah bagi anda yang belum tahu tentang cara cek data NISN, dibawah ini saya memberikan tutorial untuk cek NISN secara lengkap dan detail untuk mempermudahkan anda dalam mengakses NISN.

Panduan Cara Cek Data NISN untuk Siswa SD, SMP, Dan SMA

  • Pertama-tama yang perlu anda lakukan yaitu membuka website Kemendikbud. atau juga bisa langsung mengaksesnya lewat  link berikut https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.
  • Setelah anda membukanya, sekarang anda masukan Nomer Induk Siswa anda. atau juga anda bisa memilih untuk pencarian berdasarkan nama dengan menekan tombol di pojok kanan atas pada halaman tersebut.
  • Masukkan Tempat dan Tanggal lahir siswa.
  • Jangan lupa juga masukkan nama ibu kandung siswa.
  • Setelah itu anda akan melihat daftar lengkap profil anda di halaman tersebut.
  • Jika anda ingin menyimpan data tersebut, bisa langsung memilih menu di samping kiri “Download Data
Baca juga:  Link Desain Twibbon Natal 2021 Terbaru dan Keren Untuk Media Sosial Kamu

Hal terpenting dari NISN yaitu, jika nomor induk anda, Nama dan data profil anda belum tercantum di website NISN, anda bisa menghubungi langsung mengkonfirmasi melalui menu “Kontak Kami” yang berada pada bar menu kiri di halaman tersebut.

Demikian informasi lengkap seputar cara cek data NSN untuk siswa SD, SMP dan SMA. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.