Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Mudah dan Praktis

  • Share
Cara Cek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan Mudah Dan Praktis
Cara Cek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan Mudah Dan Praktis

Penting untuk mengetahui cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan. Apalagi jika Anda memiliki kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang aktif dan ingin mengetahui cara cek saldo BPJS mudah kapan saja dan di mana saja.

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang dirancang untuk melindungi seluruh pekerja Indonesia dari risiko sosial ekonomi.

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan merupakan bagian dari fungsi BPJS ketenagakerjaan yang juga merupakan program jaminan sosial yang diselenggarakan oleh negara di bawah Dana Jaminan Sosial.

Salah satu program BPJS ketenagakerjaan adalah Jaminan Hari Tua atau JHT. Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan dirancang untuk memberikan manfaat dalam bentuk uang tunai yang besarnya merupakan akumulasi iuran ditambah perkembangannya sebagai jaminan kematian lanjut usia.

Selain itu, setiap pegawai kini diwajibkan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Meski akan dicairkan di hari tua, Anda tidak perlu lagi bertanya-tanya bagaimana cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Selain mengetahui surplus, juga bisa menjadi perkiraan bentuk tabungan di masa depan.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Mudah dan Cepat

BPJS Ketenagakerjaan menyediakan layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dari handphone yang terkoneksi internet melalui aplikasi dan browser.

Menurut Pasal 14 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2021, BPJS adalah penyelenggara jaminan sosial dan berkewajiban menyelenggarakan jaminan sosial bagi masyarakat Indonesia.

Masyarakat dapat menerima jaminan sosial dari BPJS ketenagakerjaan yang memberikan jaminan kerja.

Nah, untuk mengetahui cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan, Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara, antara lain melalui aplikasi JMO, website resmi, layanan SMS, atau langsung di kantor BPJS.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

Download Aplikasi Imo
JMO (Jamsostek Mobile) – Klaim JHT & Cek Saldo JHT [Tangkapan layar play.google.com]
Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi adalah dengan mendownload aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile untuk ponsel Android dan ponsel iOS.

Berikut cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi mobile (Android dan iOS):

  • Download aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) di PlayStore [klik disini] atau AppStore [klik disini].
  • Jika Anda belum memiliki akun, klik Buat Akun.
  • Pilih Kewarganegaraan.
  • Pilih jenis kepesertaan (penerima upah, bukan penerima upah atau pekerja migran Indonesia).
  • Masukkan data diri Anda berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu peserta BPJS, nama lengkap dan tanggal lahir. Namun, jika Anda sudah memiliki akun, Anda bisa langsung login dengan email dan password yang sudah terdaftar.
  • Klik menu ‘Jaminan Hari Tua‘, lalu klik ‘Cek Saldo’.
  • Sistem akan menampilkan total saldo BPJS Ketenagakerjaan dan juga dapat melihat detail dan histori iuran Anda.

Salah satu keuntungan mengunduh aplikasi JMO ini adalah ketika Anda kehilangan kartu, semua data Anda akan aman dan dapat diakses langsung dari ponsel cerdas Anda.

Setelah Anda berhasil mendownload dan mendaftar, Anda juga akan memiliki kartu digital di dalam aplikasi, sehingga memudahkan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Sebelum bernama JMO, aplikasi tersebut bernama BPJSTKU, aplikasi BPJS ketenagakerjaan di smartphone. Perubahan ini diumumkan di kanal YouTube BPJS Ketenagakerjaan.

Seperti yang kita ketahui bersama, BPJSTKU merupakan aplikasi yang dapat digunakan peserta untuk mengakses beberapa layanan BPJS Ketenagakerjaan, seperti cek saldo, jaminan hari tua tiruan (JHT), dan lainnya.

JMO merupakan mobile app BPJS Ketenagakerjaan dengan fungsionalitas yang lebih lengkap dari aplikasi sebelumnya.

Aplikasi ini menyediakan informasi program dan berbagai fitur lainnya seperti pemasaran bersama, mitra layanan dan jaringan cabang, pelaporan insiden kerja, dan lainnya.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Website

Ada cara lain untuk mengecek saldo kepegawaian BPJS, yaitu melalui situs resminya yaitu sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website ini juga sering dipilih banyak orang karena sangat praktis. Simak cara-caranya di bawah ini:

  • Kunjungi website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Jika sudah memiliki akun, silahkan login.
  • Jika Anda belum memiliki akun, klik “Buat Akun” untuk membuatnya, lalu ikuti petunjuknya.
  • Setelah berhasil login, klik menu “Lihat Saldo JHT”.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Meski terkesan tradisional, metode pengecekan saldo BPJS ketenagakerjaan melalui kantor BPJS ini tetap menjadi andalan bagi banyak orang.

Anda hanya perlu mendatangi kantor BPJSTK dengan membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan. Di sana Anda bisa langsung dilayani petugas dan meminta cek saldo dengan menunjukkan kartu BPJS Anda.

Petugas nantinya akan membantu Anda mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan di rekening Anda. Jika Anda belum mengetahui di mana kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat, Anda bisa mengecek halaman kontak di website BPJS ketenagakerjaan.

Demikian cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

  • Share
hit tracker