Cara Download Sertifikat Vaksin Dari Aplikasi Pedulilindungi

Jika Anda sudah terdaftar dalam program vaksinasi pemerintah, Anda sekarang dapat mengunduh aplikasi pemeriksaan sertifikat vaksin.

Sertifikat vaksin akan diberikan kepada orang yang telah menerima vaksin dosis pertama atau kedua.

Karena aplikasi ini sudah didukung oleh instansi pemerintah seperti Kominfo dan Kementerian Kesehatan, maka kita dapat dengan cepat memperoleh akses untuk melihat sertifikat vaksin tanpa harus menunggu link SMS untuk mendownload sertifikat vaksin.

Pengguna PeduliLindungi akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau di area zona merah, selain untuk mengecek status vaksinasinya.

Pengguna juga akan diberitahu jika ada orang yang terinfeksi Covid-19 atau Pasien Dalam Pengawasan di lokasi mereka berada.

Dengan memasukkan nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan atau KTP, Anda dapat dengan mudah melakukan pendaftaran vaksin secara online dan mengecek status Anda di program vaksinasi Covid-19 dari Pemerintah dengan mudah.

Download Aplikasi Sertifikat Vaksin

PeduliLindungi adalah nama aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melihat dan mengunduh sertifikat vaksin ini. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iPhone.

Aplikasi PeduliLindungi ini dibuat untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melacak dan mencegah penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Cara Daftar Akun PeduliLindungi

Untuk pengguna Android, aplikasi dapat langsung diunduh klik [disini] dan aplikasi sertifikat vaksin untuk iPhone klik [di sini]

Sebelum mengunduh aplikasi cek Sertifikat Vaksin (PeduliLindungi), Anda harus membuat akun untuk menggunakan fitur-fiturnya, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laman pedulilindungi.id
  2. Ketik nama lengkap Anda seperti yang tertera di KTP
  3. Masukkan NIK Anda dan lengkapi captcha
  4. Klik “Periksa”
  5. Di bagian bawah, status vaksinasi akan ditampilkan.
  6. Selesai

Sertifikat vaksin bisa Anda lihat di menu Paspor Digital setelah berhasil login, atau pilih akun di pojok kanan atas. Anda juga bisa langsung masuk ke menu pendaftaran vaksin jika belum divaksin.

Untuk mendownload sertifikat vaksinasi cukup mudah dengan klik tautan yang disediakan, maka akan terbuka link gambar sertifikat vaksinasi dalam format .png yang dapat diunduh.