Cara Ampuh Hilangkan Bau Prengus Secara Alami tanpa Obat

Cara Hilangkan Bau Prengus

Bau prengus atau bau mulut adalah masalah yang umum dialami banyak orang. Bau mulut yang tidak sedap ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengurangi percaya diri.

Bau mulut buruk biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti kebersihan mulut yang kurang optimal, kondisi gigi dan gusi yang bermasalah, hingga penyakit yang mendasari seperti sinusitis atau diabetes.

Read More

Namun tenang saja, ada berbagai cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut dan prengus agar napas Anda kembali segar. Berikut liputantv.com memberikan tips kesehatan cara ampuh menghilangkan bau prengus secara alami.

Berkumur Dengan Air Garam

Cara pertama adalah dengan berkumur menggunakan larutan air garam. Air garam bersifat antiseptik sehingga dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Cara menggunakannya cukup mudah. Campurkan 1 sendok teh garam krosok ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga garam larut.

Kemudian berkumurlah dengan larutan ini selama 30 detik. Lalu muntahkan. Ulangi proses ini setidaknya 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

Berkumur Dengan Baking Soda

Selain air garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk berkumur. Baking soda dikenal sangat ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab bau tak sedap pada mulut.

Cara menggunakannya, campurkan 1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air. Berkumurlah dengan larutan ini selama 1 menit lalu buang. Lakukan 2 kali sehari.

Kumur Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni juga bisa menjadi bahan alami pembersih mulut dan prengus. Kandungan asam lemak rantai medium dalam minyak kelapa bersifat antibakteri alami.

Ambil 1 sendok makan minyak kelapa extra virgin. Berkumurlah selama 20 detik hingga minyak menyelimuti seluruh bagian mulut. Lalu buang ke tempat sampah. Lakukan 2-3 kali sehari.

Berkumur Dengan Air Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan kandungan antibakteri alami yang mampu melawan bakteri penyebab bau mulut. Air perasannya juga bersifat menyegarkan.

Ambil air perasan 1/2 buah jeruk nipis. Campur dengan segelas air matang. Berkumurlah dengan larutan ini selama 1 menit lalu buang. Ulangi 2-3 kali sehari untuk hasil maksimal.

Menyikat Lidah

Menyikat lidah juga penting untuk menghilangkan bakteri penyebab bau pada lidah. Gunakan sikat lidah khusus 2 kali sehari untuk membersihkan bagian atas dan bawah lidah.

Usap lidah dari belakang ke depan secara perlahan. Setelah itu kumurlah dengan air bersih. Lakukan rutin setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Konsumsi Yogurt

Makan yogurt tanpa gula juga bisa membantu mengurangi bau mulut. Yogurt mengandung bakteri probiotik yang baik bagi kesehatan mulut. Probiotik ini bisa melawan bakteri penyebab bau tak sedap pada mulut.

Konsumsilah yogurt plain tanpa gula sebanyak 1 cup per hari. Atau bisa juga diminum langsung 1 sendok makan yogurt sebelum sikat gigi pagi dan malam.

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Pola makan yang sehat dengan banyak buah dan sayur segar juga penting untuk menjaga kesehatan mulut dan mengurangi bau prengus.

Buah dan sayur kaya nutrisi alami yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas penyebab bau tak sedap pada mulut. Jangan lupa konsumsi minimal 2 porsi buah dan 3 porsi sayur setiap harinya.

Itulah 7 cara alami menghilangkan bau prengus yang bisa Anda lakukan dirumah. Lakukan rutin untuk hasil maksimal. Jika masalah bau mulut terus berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter.

Related posts