9 Cara Kreatif Gunakan Instagram Untuk Bisnis

  • Share
Cara Kreatif Gunakan Instagram Untuk Bisnis

Cara Kreatif Gunakan Instagram Untuk Bisnis – Instagram mungkin sudah tidak asing lagi bagi pemilik smartphone iPhone atau Android.

Aplikasi berbagi foto gratis ini dari hari ke hari semakin membeludak. Dihimpun dari Hoot Suite, secara global, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram mencapai 1 miliar lebih.

Setelah diakuisisi oleh Facebook, Instagram akhirnya mendesain kembali aplikasinya di iOS dan dikabarkan tengah mengerjakan versi desktop karena selama ini Instagram hanya bisa diakses melalui aplikasi mobile di smartphone.

Dan dengan bertambahnya jumlah pengguna, tentunya Instagram berpotensi menjadi tempat untuk mempromosikan bisnis kita.

Berikut adalah sejumlah cara kreatif gunakan Instagram untuk bisnis yang dapat Anda lakukan untuk mendorong kemajuan bisnis melalui Instagram.

Tunjukkan Produk Anda

Semua orang suka mencari produk, jadi bebaskan pengikut Instagram Anda untuk menelusuri produk yang Anda jual di Instagram. Tampilkan dalam koleksi foto produk dan bagikan dengan tagar khusus dan libatkan pengikut Anda dengan menanyakan apakah mereka tertarik dengan produk tersebut.

Tunjukkan Cara Pembuatan Produk

Biarkan penggemar mengetahui seluk beluk pembuatan produk yang Anda tawarkan. Unggah foto yang menunjukkan proses produksi, pengemasan, pengiriman, dll. dari sudut pandang artistik dan menarik atau lucu. Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan foto atau pembuat kolase (kumpulan foto yang dibuat dalam bingkai) untuk mendemonstrasikan cara membuatnya, dll.

Tunjukkan Apa Yang Ada Di Balik Layar

Cobalah berikan sedikit ‘sneak peek’ followers Instagram Anda sebelum meluncurkan produk atau layanan baru. Unggah foto yang menunjukkan betapa sibuknya perusahaan Anda yang hanya dapat dilihat oleh orang dalam, namun menarik dan spontan.

Tunjukkan Keunggulan Produk Anda

Terkadang imajinasi dapat digunakan untuk menarik calon pelanggan ke produk Anda. Gunakan Instagram untuk menghasilkan permintaan dengan membantu pelanggan memvisualisasikan manfaat dan kemudahan unik yang Anda berikan yang belum pernah mereka alami sebelumnya.

Ini juga merupakan kesempatan emas untuk mengundang konten dari inisiatif konsumen sendiri. Minta konsumen untuk mengunggah foto diri mereka menggunakan produk atau layanan Anda dan memilih foto terbaik untuk diunggah ulang dan berilah apresiasi.

Jika bisnis Anda menyediakan layanan seperti desain rambut atau rias wajah, atau landscaper, dll., tunjukkan kepada follower Instagram Anda foto topik yang diminati dalam dua bagian: sebelum dan sesudah menggunakan produk atau layanan Anda.

Perbandingan ini akan meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk/jasa tersebut. Dan pada akhirnya akan semakin banyak followers Instagram yang tertarik untuk menjadi pelanggan setia Anda.

Pengecer kosmetik seperti Sephora menggunakan Instagram untuk memamerkan produk mereka yang tidak konvensional yang tidak dimiliki sebagian besar konsumen pada umumnya. Mereka tidak ragu untuk menawarkan ide yang lebih baik kepada konsumen tentang bagaimana terlihat lebih memukau.

Tunjukkan Tempat Kerja

Orang-orang yang mengikuti bisnis favorit mereka di media sosial mungkin bertanya bagaimana rasanya bekerja di perusahaan yang mereka cintai. Jangan sia-siakan harapan itu. Unggah beberapa foto bagaimana kantor perusahaan Anda. Pastikan semangat positif, sisi kemanusiaan dan etos kerja perusahaan tercermin dalam foto.

Umumkan Kegiatan Perusahaan di Lapangan

Apakah perusahaan Anda mengikuti acara pameran atau menjadi sponsor kegiatan/program tertentu? Jangan ragu untuk mengunggah detail aktivitas Anda ke Instagram. Dengan memberi tahu mereka bahwa perusahaan Anda ada di lapangan, Anda menarik pengikut untuk terlibat lebih intens dengan brand bisnis Anda.

Perkenalkan Karyawan Anda

Brand di jejaring sosial tak perlu terlalu kaku. Ada kalanya perlu dipoles agar terlihat lebih hangat dan komunikatif. Perkenalkan karyawan Anda kepada fans di Instagram untuk membangun hubungan yang lebih baik.

Bagikan Pandangan Selebriti Tentang Merek Bisnis Anda

Tidak ada yang tanpa antusiasme ketika seorang selebriti membuat pernyataan tentang sesuatu. Anda dapat mengunggah foto yang menunjukkan momen saat selebriti menggunakan atau berinteraksi dengan merek Anda, seperti mengunjungi kantor Anda, berbicara dengan perwakilan merek, dll.

Bagikan Momen Lucu

Jika Anda kebetulan menemukan suatu momens yang menyenangkan atau yang mengundang tawa atau senyum tentang brand Anda, jangan sungkan untuk upload ke Instagram.

Siap Menerapkan Cara Kreatif Gunakan Instagram Untuk Bisnis?

Semoga postingan ini dapat membantu Anda mempelajari Instagram marketing dan meningkatkan brand awareness untuk bisnis online Anda seperti yang selama ini diimpikan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

hit tracker