Tekno  

Takut Dibobol? Berikut Berbagai Cara Melindungi WiFi dari Hacker

Cara Melindungi WiFi – Rupanya keamanan Wifi rumah juga perlu sedikit diperhatikan, karena barangkali di sekitar anda ada oknum nakal yang kerap kali membobol wifi alias hacker.

Hacker Wifi tidak hanya dapat terhubung ke jaringan secara diam-diam, melainkan ia juga mampu mengambil dan mengobrak-abrik database jaringan Wifi anda.

Bahkan yang paling buruk, mereka pun mungkin saja mencuri berbagai kata sandi hal-hal yang bersifat privasi, semisal password m-banking, sosial media, akun-akun penting, dan lain sebagainya.

Sebelum hacker meretas koneksi Wifi rumah, ada baiknya anda untuk mengantisipasi dan meminimalisir tingkat peretasan.

13 Cara Melindungi Wifi dari Hacker

Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam menjaga koneksi wifi dari serangan hacker. Berikut adalah ulasannya:

1. Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Berbeda Dengan Akun-Akun Pribadi Anda

Biasanya jaringan Wifi dilengkapi dengan nama pengguna dan kata sandi default yang kerap sangat mudah ditebak.

Apalagi jika peretas mengetahui pabrikan router kalian, maka hacker dapat dengan mudah menebak kata sandi Wifi anda.

Sangat disarankan mengganti kata sandi yang kuat, yang terdiri dari huruf kecil-besar dan berbagai simbol agar menyulitkan peretas membobol Wifi.

Perlu diingat juga, agar selalu menggunakan kata sandi Wifi yang berbeda dengan akun-akun pribadi anda. Hal ini sangat berguna untuk menghindari pencurian multi akun.

Karena jika anda menggunakan kata sandi yang sama dengan akun-akun privasi anda, besar kemungkinan peretas tidak hanya bisa membobol wifi saja melainkan juga akun sosial media, m-banking, dan berbagai akun lainnya.

Intinya, buatlah kata sandi Wifi yang unik, sulit untuk ditebak. Bagus lagi jika kata sandi terdiri dari kombinasi huruf, simbol, dan angka. Selain itu, jangan pernah membuat kata sandi Wifi yang sama dengan akun-akun privasi anda.

2. Ubah Nama Router Wifi Anda

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya bahwa setiap router memiliki nama yang diatur pabrikan dari awal semisal Huawei, ZTE, TP-Link dan lain-lain.

Sangat disarankan untuk mengganti nama tersebut guna menyulitkan hacker menebak kata sandi anda. Mengingat bahwa router secara pabrikan telah mengatur nama dan kata sandi Wifi secara default alias bawaan pabrik.

Dengan mengganti nama jaringan Wifi, peretas tidak akan mengetahui merek dan jenis router anda, hal ini akan mempersulit hacker untuk melancarkan aksinya.