Cara Membuat Catatan di IG

Para pengguna Instagram mungkin tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat catatan di IG (IG Notes).

Fitur IG Notes dapat ditemukan dengan membuka menu Direct Message di aplikasi Instagram, dan tidak tersedia di halaman utama seperti Instagram Story.

IG Notes banyak diminati karena memiliki kesamaan dengan fitur status di BlackBerry Messanger. Fitur ini memberikan pengguna Instagram alternatif baru untuk berbagi pikiran dan informasi melalui catatan yang terbatas hingga 60 karakter dan hanya dapat dilihat selama 24 jam setelah dibagikan.

Namun, perbedaan utama antara IG Notes dengan Instagram Story adalah bahwa IG Notes tidak menggunakan visual seperti foto atau video.

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara membuat catatan di IG simak artikel ini lebih lanjut.

Mengenal Fitur Catatan di Instagram

Fitur Catatan Instagram adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagikan postingan singkat yang terdiri hanya dari teks dengan maksimal 60 karakter. Pengguna tidak dapat membagikan foto atau video melalui fitur ini, hanya teks dan emoji.

Catatan Instagram ditampilkan di bagian atas menu Direct Message selama 24 jam, setelah itu akan secara otomatis terhapus. Balasan dari Catatan dapat ditemukan di kotak masuk Instagram.

Menurut laman Meta, fitur catatan Instagram masih dalam tahap pengujian. Fitur ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan sebagian pengguna yang lebih suka cara berbagi pikiran yang lebih ringan dan mudah.

Serta memungkinkan interaksi antar pengguna dengan cara yang lebih santai dan spontan. Melalui Catatan, pengguna dapat meminta rekomendasi atau berbagi kegiatan yang sedang dilakukan.

Cara Membuat Catatan di IG

Berikut cara membuat catatan di Instagram yang mudah dipahami dan pastinya dapat membantu kamu menyimpan ide-ide atau pemikiran yang penting.

  • Pertama-tama buka aplikasi Instagram
  • Masuk ke menu Inbox yang terletak di pojok kanan atas
  • Kemudian, klik opsi Leave a note yang muncul di bagian atas, tepat di foto profil Instagrammu.
  • Ketik catatan yang ingin kamu buat maksimal 60 karakter.
  • Setelah selesai, kamu bisa memilih share ke follower kamu atau orang dalam daftar Close Friends.

Cara Menghapus Catatan di IG

Ingin menghapus catatan IG yang terkirim sebelum 24 jam? Gampang! Ikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh LiputanTV.com:

  • Buka menu yang menampilkan catatanmu
  • Tekan pada catatan yang ingin kamu hapus
  • Setelah itu, jendela akan muncul dari bawah. Klik Hapus Catatan atau ganti dengan yang baru
  • Selesai, catatan akan hilang atau berganti dengan yang baru

Demikian cara membuat catatan di IG sebuah fitur baru di Instagram yang viral.

Semoga bermanfat.


Leave a Comment