7 Cara Memilih Tas Ransel untuk Anak

  • Share
Cara Memilih Tas Ransel Untuk Anak
Cara Memilih Tas Ransel Untuk Anak

Sakit punggung biasanya selalu dihubungkan dengan pertambahan usia bagi seseorang. Namun, fakta berikut mungkin akan mengejutkan anda di mana dalam beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatkan epidemik sakit punggung pada anak-anak sekolah.

Mengapa demikian? Anak sekolah biasa membawa banyak barang bawaan yang cukup berat.

Jika dibandingkan dengan jenis tas lain, tas ransel yang selama ini kebanyakan digunakan anak sekolah sebetulnya menjadi cara paling sehat untuk membawa barang cukup banyak.

Sebuah tas ransel biasa didesain untuk mendistribusikan berat lebih seimbang pada tubuh manusia.

Karenanya, hampir dipastikan bahwa sebuah tas ransel tidak akan menyebabkan sakit punggung berkepanjangan bagi penggunanya.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan orang tua saat akan membelikan anaknya sebuah tas ransel. Pastikan fitur-fitur ini ada saat anda akan membelikan anak anda tas ransel.

Bahan tas ringan

Pilih tas ransel yang memiliki bahan cenderung ringan, misalnya terbuat dari kanvas atau nylon, bisa juga kulit sintetis yang ringan sehingga tak ada berat tambahan untuk dibawa.

Kompartemen multiple

Selain membuat barang bawaan dalam tas teratur , kompartemen yang cukup banyak pada fitur tas akan mendistribusikan berat dari masing-masing barang bawaan lebih rata dan seimbang.

Tali tebal dua buah

Pastikan tas ransel anda memiliki tali yang berukuran lebar dan tebal untuk mendistribusikan berat lebih rata. Tali yang tipis cenderung bisa menyakiti pundak anak.

Strap yang tebal jauh lebih aman untuk menjaga keseimbangan berat tas pada tubuh 🙂

Pastikan tali tas terpasang pas di tubuh

Kencangkan tali tas dengan pas dan tepat di tubuh si anak untuk menghindari rasa sakit dan pegal saat dibawa kemana-mana. Namun, ingat jangan terlalu ketat juga di tubuh anak.

Pastikan kenyamanan

Hal ini tentu sangat jelas, pastikan anak anda merasa nyaman menggunakan tas ransel tersebut. Pastikan pula anak anda merasa bahagia dan percaya diri menggunakannya. Libatkan mereka sebelum anda membelikan dan memilihkan tas ransel.

Bawa barang seringan mungkin

Berat 20 pound mungkin tak terlalu banyak, namun bagi anak yang beratnya sekitar 75 pound, itu sudah sepertiga dari berat badan.

Bayangkan jika anda harus membawa barang seberat 55 pound di punggung selama seharian. The American Academy of Orthopedic Surgeons merekomendasikan bahwa anak-anak semestinya tidak membawa barang lebih dari 10 persen dari berat tubuh mereka.

Pastikan anak anda membawa barang yang benar-benar diperlukan saja, seperti buku sesuai jadwal pelajaran hari itu saja.

Atur barang yang rapi

Upayakan untuk mendistribusikan barang bawaan dengan rapi di dalam tas, apalagi jika tas tersebut memiliki kantung atau kompartemen yang cukup banyak, maka akan lebih memudahkan.

  • Share
hit tracker