Cara Menanam Buah Duku Agar Cepat Berbuah

  • Share
Cara Menanam Buah Duku

Cara menanam duku agar cepat berbuah. Tidak bisa dipungkiri lagi buah duku merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia hampir semua masyarakat Indonesia tahu jenis buah ini dan pernah memakannya

Buah duku sangat mirip dengan buah langsat dan kokosan akan tetapi daging buah duku  lebih tebal dengan rasa yang lebih manis sehingga buah duku menjadi salah satu buah favorit masyarakat Indonesia.

Alasan menanam pohon duku

Jika anda salah satu penggemar buah duku, rasanya tidak perlu berbagai macam alasan untuk anda menanamnya. pasti anda langsung tertarik menanamnya, karena Jika anda memiliki pohon duku dan disaat musim duku berbuah Anda bisa langsung memakannya dari kebun anda.

Tapi jika Anda belum yakin untuk menanam duku berikut berbagai macam manfaat duku untuk kesehatan dilansir dari sehatQ.

  1. buah duku kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan
  2. Mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah penyakit kardiovaskular
  3. Buah duku salah adalah salah satu sumber vitamin B,yang dapat menjaga sistem saraf bekerja dengan baik
  4. Mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata kulit dan Gigi
  5. kulit buah duku dapat digunakan untuk mencegah malaria
  6. Ekstrak batang buah duku dapat dikonsumsi untuk mencegah diare
  7. Kandungan vitamin c pada buah duku berfungsi untuk mencegah demam
  8. Bubuk dari batang buah duku berfungsi untuk meredakan sengatan kalajengking
  9. Membakar kulit buah duku dapat mengusir nyamuk karena aroma kulit duku yang tidak disukai nyamuk
  10. Biji buah duku yang ditumbuk dapat digunakan untuk obat cacingan dan juga obat demam

Walaupun memiliki berbagai manfaat,anda tetap tidak boleh berlebihan mengkonsumsinya. Terutama jika anda memiliki riwayat sakit maag,karena kandungan gas pada buah duku dapat menyebabkan penyakit maag anda kambuh.

selain alasan kesehatan di atas buah duku adalah salah satu buah yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.sehingga sangat cocok untuk Anda jika memiliki halaman yang luas untuk membudidayakan buah duku.

Karakteristik & syarat tumbuh duku

Buah duku secara sekilas memiliki kemiripan dengan Kokosan, langsat, pisitan dan celoring. Akan tetapi rasa buah duku memiliki rasa yang lebih manis dengan getah yang lebih sedikit dan daging buah yang lebih tebal dan kaya akan serat.

Pohon duku jika ditanam di kebun dapat tumbuh hingga 30 meter, dengan diameter batang hingga 75 cm

Bunga buah duku berukuran kecil berwarna hijau yang tangkainya menempel di Batang utama atau batang sekunder yang berukuran besar. Bunga dari buah duku dilihat sekilas hampir mirip seperti buah melinjo yang kecil berwarna hijau.

Duku dapat tumbuh dengan baik di tempat yang lembab dan ternaung,tanaman duku sangat cocok jika didampingkan dengan tanaman lain seperti jengkol, durian dan petai.

Tanaman duku dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga ketinggian 600 mdpl.Tanaman duku dapat tumbuh diberbagai jenis tanah seperti tipe tanah aluvial, podsolik kuning, dan latosol.

Duku dapat berbuah setiap setahun sekali sehingga disebut musim duku yang terjadi setiap awal musim hujan antara bulan Februari sampai April.

Jenis Duku varietas unggul

jika anda penggemar buah duku pasti tidak asing lagi dengan duku Palembang karena rasanya yang manis dan daging buahnya yang tebal, serta bijinya yang kecil.

Tapi fakta menariknya adalah duku Palembang lebih banyak dihasilkan di daerah ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ilir di daerah Sumatera Selatan

Selain duku Palembang, ada juga duku Condet (dahulu disebut dukuh depok atau duku menteng) yang tumbuh di daerah sekitaran Jakarta, duku matesih dari Karanganyar, duku popongan dari Tegal, dukuh Klaten dari Yogyakarta dan banyak lainnya.

Cara menanam duku dengan mudah

Ada ada 4 cara umum untuk menanam duku, membeli bibit tanaman yang telah tumbuh secara online, menanamnya mulai dari biji, cangkok susu dan sambung pucuk

Cara yang paling mudah adalah membeli bibit duku kualitas unggul seperti bibit duku Palembang, duku tanpa biji kualitas super atau bibit duku yang unggul lainnya dari toko online.Kisaran harga untuk bibit berkisar antara 30-120 ribu tergantung kualitas dan tinggi tanaman.

yang perlu anda perhatikan jika membeli bibit secara online adalah kredibilitas penjual. Karena jika Anda membeli bibit dari penjual yang tidak memiliki kredibilitas yang bagus,Ada kemungkinan bibit yang Anda beli merupakan bibit yang biasa dan bukan bibit unggul sehingga memerlukan proses lebih lama untuk tanaman dapat berbuah dan memiliki buah yang lebih sedikit.

umumnya bibit yang dibeli secara online datang dalam keadaan layu karena proses perjalanan yang cukup lama, tapi tidak perlu khawatir anda hanya perlu menaruhnya di tempat yang agak teduh beberapa hari hingga tanaman kembali ada juga dapat memberikan vitamin B1 untuk tanaman Agar tanaman dapat tumbuh lebih segar.

Cara menanam duku dari biji agar cepat tumbuh akar

Bagi anda penggemar buah duku dan pecinta tanaman, pastinya ketika anda memakan buah duku yang muncul di dalam benak Anda adalah bagaimana saya menumbuhkan buku dari bijinya?

Menyemai biji duku hampir sama seperti yang menyemai tanaman lainnya. Akan tetapi yang perlu anda perhatikan ketika anda menanam buah duku tanpa melakukan proses vegetatif seperti cangkok dan sambung pucuk, jika tanaman ditanam dari biji memerlukan sekitar 10 sampai 15 tahun Agar tanaman Anda berbunga dan berbuah.

Cara menanam duku dari biji:

  1. Bersihkan biji duku dari daging buah dan pastikan daging buah tidak tersisa karena daging buah duku yang manis dapat mengundang semut untuk memakannya. Sehingga biji tidak dapat tumbuh
  2. jemur biji yang telah dibersihkan dibawah sinar matahari selama beberapa jam hingga kering
  3. Siapkan media tanam campuran tanah dan kompos serta sekam bakar perbandingan 1:1:1 dan taruh di polybag
  4. Tanam biji duku sedalam 1 cm di dalam polybag. Anda dapat menanam banyak biji duku secara berdekatan dengan jarak 2 cm.
  5. Siram tanah dengan air agar media tanam lembab
  6. Taruh di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung
  7. Selama 1 sampai 2 minggu biji duku akan berkecambah.

Umumnya biji duku yang tersimpan lebih dari 7 hari akan lebih sulit untuk tumbuh kecambah. Sehingga menanam biji yang baru dikupas dari buahnya merupakan pilihan yang paling tepat.

Selain pembudidayaan duku dengan menyemai biji hingga tumbuh menjadi besar Anda juga dapat membudidayakan buku dengan teknik cangkok susu.

Cara cangkok susu pohon duku dengan keberhasilan tinggi

Cara Mudah Cangkok Susu Tanaman Duku
Cara Mudah Cangkok Susu Tanaman Duku (doc. grafting tree/youtube)

Proses cangkok duku berbeda dengan tanaman lainnya, pada tanaman seperti buah mangga akar dapat tumbuh setelah 30 hari.akan tetapi buah dukuh Memiliki proses lebih panjang untuk menumbuhkan akar dengan proses cangkok. Membutuhkan waktu sekitar 4 – 5 bulan hingga akar tumbuh.

keuntungan dari proses cangkok adalah tanaman dapat berbuah lebih cepat umumnya memerlukan waktu hanya 2-5 tahun dari proses duku hasil cangkok ditanam hingga berbuah, tergantung dari bibit dan perawatannya.

mencangkok duku merupakan salah satu tanaman yang agak sulit untuk dicangkok terutama bagi pemula, sangat besar kemungkinan cangkok gagal karena beberapa step yang salah dan kurangnya pengalaman.

Berikut cara mudah cangkok susu tanaman duku:

  1. Siapkan 3 atau 4 bibit duku hasil persemaian biji yang telah tumbuh dengan tinggi rata-rata 20-30 cm dan cabut dari polybag
  2. Potong batang hingga menyisakan sekitar 10 cm dari pangkal batang, potong pula akar yang terlalu panjang, sisakan sekitar 10 cm, hingga tersisa 20 cm yang terdiri dari batang dan akar,bersihkan akar serabutnya untuk merangsang pertumbuhan akar baru, kemudian cuci akar hingga bersih
  3. Pilihlah batang pada tanaman yang  akan dicangkok, buat 2 keratan melingkar berjarak 2-3 cm, kemudian kupas separuh saja kulit batang diantara 2 keratan tersebut, lalu kerok kambiumnya hingga bersih dan tak tersisa lendirnya.
  4. Buat sayatan memanjang sekitar 8 cm, dengan menyayat kulit batangnya hingga bagian kayunya terlihat, lakukan dari atas ke bawah, dengan jarak 2-3 cm di atas cangkokan. Sayatan ini digunakan untuk menempelkan batang bibit hasil persemaian biji, jumlah sayatan disesuaikan dengan besar batang yang akan dicangkok dan jumlah bibit yang dimiliki.
  5. Pasang tali pengikat yaitu plastik es atau grafting tape dengan cara mengikatkannya pada batang yang disayat untuk mengikat batang bibit yang nantinya akan ditempelkan pada sayatan.
  6. Sayat miring batang bibit yang akan ditempelkan sepanjang 8 cm, menggunakan pisau yang tajam, usahakan sayatan serata mungkin agar saat ditempelkan dapat menempel sempurna tanpa ada rongga
  7. Ikat tempelan menggunakan plastik es atau grafting tape, cara pengikatan dimulai dari bawah/sistem susun genteng agar saat hujan air tidak masuk, pada bagian atas sayatan ikat serapat mungkin, dan pemasangan akar selesai.
  8. Pasang plastik pembungkus media, gunakan plastik untuk membungkus media cangkok, dan ikat erat, usahakan sambungan berada di bagian bawah.
  9. Ikat bagian bawah plastik menggunakan tali rafia sekitar 2 cm dibawah keratan.
  10. Masukkan cocopeat pada plastik yang telah diikat bagian bawahnya pada batang cangkok, padatkan secara hati-hati. Kokopit yang digunakan untuk media cangkok haruslah steril dari zat tanin karena dapat menghambat pertumbuhan akar. Anda dapat mencuci cocopeat untuk menghilangkan zat tanin. Cuci kokopit menggunakan saringan dan alirkan air kemudian remas cocopeat hingga air cuciannya jernih, kemudian jemur dibawah sinar matahari. Sebelum digunakan untuk mencangkok basahkan terlebih dahulu cocopeat hingga lembab dan ketika dipegang  dingin/mengandung air.
  11. Ikat rapat plastik pembungkus kokopit.
  12. Jika pencangkokan dilakukan pada musim hujan, tambahkan plastik pelindung agar air hujan tidak masuk.
  13. Setelah 3 sampai 4 bulan akar sudah terlihat penuh dan cangkokan siap dipotong

Cangkok susu tanaman duku memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi sehingga untuk para pemula akan sangat besar kemungkinannya gagal.

Tips tabulampot duku agar berbuah lebat dan manis

Duku dapat tumbuh lebih baik jika ditanam di tanah pekarangan atau kebun yang luas karena akar dapat leluasa tumbuh.tetapi jika anda memiliki lahan yang terbatas Anda dapat menanam duku di dalam pot atau tabulampot dan tetap menghasilkan duku yang berbuah lebat cepat dan manis walaupun ditanam di dalam pot

Duku hasil tabulampot dapat berbuah walaupun memiliki tinggi hanya 1,5 m umur 2 tahun setelah ditanam dari cangkokan atau sambung pucuk

Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan agar tabulampot duku anda dapat berbuah lebih cepat dan subur:

  1. Pilih bibit berkualitas hasil cangkok atau sambung pucuk.
  2. Taruh di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup.
  3. Tanam di pot yang gembur, anda dapat menggunakan media tanam campuran sekam bakar Kompas dan tanah perbandingan 1:1:1
  4. Lakukan penyiraman yang rutin, minimal sehari sekali karena tanaman buku suka dengan lingkungan yang lembab.
  5. lakukan pemangkasan untuk merangsang pertumbuhan buah.potong cabang-cabang kecil dan sisakan batang sekunder dan batang primerserta batang yang berukuran besar

Perawatan buah duku 

tanaman duku merupakan tanaman yang tidak memerlukan perawatan yang khusus selama memiliki asupan air dan sinar matahari yang cukup tanaman akan tumbuh dengan baik. Akan tetapi jika anda ingin mempercepat proses tumbuhnya buah beberapa cara yang dapat anda lakukan antara lain

  1. Bersihkan semua lumut lumut yang menempel pada pohon duku
  2. Lakukan pemangkasan cabang yang tidak dominan atau masih berukuran kecil untuk merangsang pertumbuhan buah
  3. pemupukan dapat diberikan setiap sebulan sekali Anda dapat memberikan pupuk NPK 16-16-16 sesuai dengan dosis dan ukuran tanaman
  4. Lakukan pembersihan terhadap gulma.
  5. Lakukan penyemprotan

Perawatan sederhana diatas dapat membantu tanaman duku anda tumbuh, subur dan berbuah dengan lebih cepat.

Panen buah duku

pohon buah duku yang ditanam di kebun yang berumur lebih dari 10 tahun rata-rata dapat menghasilkan 30 kg buah setiap masa panennya

Proses pemetikan buah duku sebaiknya dilakukan setelah jam 9 pagi setelah tidak ada embun. Karena jika pemetikan dilakukan pada saat banyak embun atau pada saat hujan  dapat dikhawatirkan menyebabkan buah pecah.

Pada saat panen dan melakukan proses pemetikan, usahakan untuk tidak memetik tangkai buahnya, biarkan tangkai buah tetap menempel untuk merangsang pertumbuhan buah baru.

Penutupan

setelah mengetahui berbagai macam manfaat dan khasiat tanaman duku untuk kesehatan, apa anda tertarik untuk menanam tanaman duku di pekarangan rumah anda?

jika anda tertarik apakah anda akan membeli bibit secara online, menanamnya dari biji, melakukan eksperimen cangkok susu, atau melakukan sambung batang untuk memperbanyak pohon duku anda?

  • Share
hit tracker