Cara Menanam Buah Gandaria Agar Cepat Berbuah

  • Share
Cara Menanam Buah Gandaria
Cara Menanam Buah Gandaria

Cara Menanam Buah Gandaria – Nama Gandaria tidak asing bagi Anda yang tinggal di Jakarta.tapi tahukah anda bahwa Gandaria merupakan nama buah yang memiliki rasa yang lezat. Bagi anda pecinta tanaman buah, anda mungkin tertarik untuk menanam tanaman satu ini.

Buah Gandaria dapat ditemukan di Pulau Jawa, Maluku, Sumatera dan Kalimantan tengah

Uniknya di beberapa daerah Gandaria memiliki berbagai sebutan yang berbeda, di daerah Jawa, Gandaria disebut sebagai buah Jatake, di Minangkabau disebut dandoriah, di Makassar disebut rapo-rapo kebo, di daerah Bugis disebut buah Melawe. Dan di Sulawesi Utara disebut wetes.

Di Malaysia disebut Kundang, di Thailand disebut maprang atau Mayong child, di Inggris disebut plum mango.

Karakteristik tanaman Gandaria

Gandaria atau yang memiliki nama Latin Bouea macrophylla Griffith masih satu famili dengan  jambu mete dan mangga. Tanaman ini berasal dari ASEAN atau Asia tenggara (Indonesia, Thailand, Malaysia).

Tanaman ini dapat tumbuh hingga 27 meter dengan diameter 55 cm.Ada berbagai macam hobiis tanaman buah yang mencoba menanam Gandaria melalui sistem tabulampot tetapi akan sangat sulit untuk berbuah jadi cara terbaik untuk menanam gandaria adalah menanamnya di pekarangan rumah agar akarnya dapat tumbuh dengan sempurna.

Tanaman Gandaria berbunga pada bulan September – Desember

memiliki buah yang asam hingga manis, ketika gua masih muda berwarna hijau dan ketika telah matang buah memiliki warna kuning dan biji yang berwarna ungu.Singgah di negara Inggris tanaman ini disebut plum mango.

Buah yang matang dapat dimakan secara langsung dijadikan jus, sambal dan rujak

Jika Anda belum yakin untuk menanam Gandaria berikut alasan yang dapat membuat anda tertarik untuk menanamnya:

Alasan menanam Gandaria

Selain rasanya yang lezat,Gandaria memiliki berbagai macam manfaat kesehatan yang dapat anda pertimbangkan Jika anda ingin menanam tanaman ini:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Melancarkan peredaran darah
  3. Membantu diet
  4. Bagus untuk kesehatan mata
  5. Mencegah kanker
  6. Menjaga fungsi otak
  7. Mengurangi resiko stroke
  8. Menjaga fungsi paru-paru
  9. Menjaga kesehatan jantung
  10. Mencegah resiko diabetes
  11. Menjaga kesehatan kulit
  12. Menyembuhkan kan sariawan
  13. Mengatasi susah buang air besar

Jika anda memiliki kebun yang luas, menanam Gandaria merupakan pilihan yang tepat

Cara menanam Buah Gandaria

Untuk menanam Gandaria Ada tiga cara: membeli tanaman dari toko online, menanamnya mulai dari biji dan cangkok.anda Juga dapat melakukan okulasi pada tanaman ini terdapat berbuah lebih cepat.

Cara yang paling mudah untuk menanam Gandaria adalah membeli tanaman yang sudah tumbuh dari toko online.Sebelumnya kita akan membahas cara menanam Gandaria dari biji.

Menanam Gandaria Dari Biji

Jika anda memiliki pohon Gandaria yang memiliki buah yang manis ada dapat menyimpan bijinya dan dijadikan untuk bibit.Jika Anda belum memiliki bijinya ada dapat membelinya secara online.

  1. Pilih biji Gandaria berkualitas, keringkan biji dengan menjemurnya di bawah sinar matahari selama beberapa jam
  2. Siapkan media tanam untuk penyemaian dengan campuran sekam bakar kompos dan tanah perbandingan 1:1:1 kemudian masukkan ke dalam tray atau polybag
  3. Tanam bibit Gandaria sedalam 2 cm di dalam media tanam
  4. Siram dengan air agar permukaan tanah lembab
  5. taruh di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung
  6. Setelah 7-10 hari biji mulai berkecambah
  7. setelah sekitar 3 bulan bibit Gandaria akan tumbuh setinggi 20 cm Anda dapat memindahkan bibit ke tempat yang lebih besar.dengan menggunakan media tanam dengan komposisi yang sama pada saat penyemaian.
  8. Ada dapat memberikan setengah sendok makan pupuk NPK dua minggu sekali Agar tanaman dapat tumbuh lebih cepat
  9. Jika tanaman Gandari anda telah tumbuh sekitar 70 cm Anda dapat memindahkan tanaman ke Gandaria ke halaman rumah anda.

umumnya memerlukan waktu 10 – 15 tahun Agar tanaman Gandaria berbuah Jika Anda menanamnya nya mulai dari biji

Metode menanam dari biji memerlukan waktu lebih lama untuk tanaman dapat berbuah.Jika anda menginginkan kualitas tanaman yang memiliki bunga lebih cepat Anda dapat membeli bibit tanaman dari proses okulasi karena dapat berbuah lebih cepat dan memiliki kualitas buah yang lebih manis.

Anda dapat melakukan okulasi sendiri atau membeli dari toko online bibit okulasi.

Menanam Gandaria yang dibeli dari online shop

Jika anda ingin tanaman Gandari Anda cepat tumbuh dan berbuah Anda dapat membeli bibit berkualitas hasil okulasi dari online shop. Biasanya bibit hasil okulasi dapat tumbuh buah 5-6 tahun.

Baiknya jika Anda membeli tanaman dari toko online belilah yang telah berukuran 60- 70cm karena dapat langsung dipindahkan ke kebun anda.

Cara menanam buah Gandaria di kebun merupakan pilihan terbaik karena menanamnya di dalam pot akan sangat sulit untuk berbuah. Berikut cara menanam Gandaria yang anda telah beli dari toko tanaman online

  1. Buka paket tanaman
  2. Taruh tanaman di tempat yang teduh Agar tanaman tidak stres selama beberapa hari.
  3. Gali kebun anda sedalam 50cm dengan lebar 40 cm. Sebutkan pupuk kompos sedalam 15cm di lubang galian anda. Biarkan selama 5 hari.Pastikan tempat galian memiliki sinar matahari yang cukup dan tidak terhalang tanaman lain
  4. Buka bungkus polybag tanaman secara hati-hati pastikan tidak ada akar yang patah atau putus
  5. Taruh tanaman di lubang galian
  6. Tutup lubang galian dengan sisa tanah dicampur dengan pupuk kompos
  7. Siram tanaman dengan air
  8. Setelah 2 bulan penanaman berikan pupuk kompos setiap sebulan sekali.

tempat terbaik untuk menanam Gandaria adalah di kebun dan pastikan jauhkan dari bangunan karena akar Gandaria akan tumbuh besar dan dapat merusak struktur bangunan yang ada di sekitarnya.

Menanam Gandaria dengan cangkok

Mencangkok Gandaria hampir Sama seperti mencangkok tanaman lainnya,Berikut langkah sederhana yang dapat anda ikuti Jika anda ingin mencangkok tanaman Gandaria anda;

  1. Pilih tanaman yang telah berbuah, karena hasil tanaman cangkok tergantung dari indukannya.
  2. Pilih batang seukuran ibu jari untuk dilakukan proses cangkok.
  3. Kupas kulit batang menggunakan pisau sampai kulit batang tidak licin.
  4. Gunakan cocopeat atau campuran tanah dengan kompos sebagai media  cangkok Yang dimasukkan ke dalam plastik, pastikan tanah dalam keadaan lembab dengan mencampurnya dengan air
  5. Bungkus batang dengan media cangkok yang telah dipersiapkan. Ikat sehingga rapat
  6. Setelah akar tumbuh potong batang dan biarkan selama 1 hari di tempat yang teduh
  7. Pindahkan ke polybag
  8. Setelah tanaman tumbuh 70 cm pindahkan ke kebun anda agar dapat tumbuh secara maksimal.

Apa bisa Tabulampot Gandaria?

tabulampot merupakan solusi menanam buah Jika anda memiliki pekarangan yang sempit karena di dalam pot tanaman dapat tumbuh dan berbuah lebat dengan bibit dari okulasi, sambung batang dan cangkok

Akan tetapi pada tanaman Gandaria sangat sulit menanam tabulampot.Tanaman yang dapat tumbuh di dalam pot tapi tetapi akan sangat sulit untuk berbuah.

akan tetapi jika anda memiliki pengalaman yang sangat banyak di dunia tabulampot, menanam Gandaria dan menumbuhkannya hingga berbuah merupakan tantangan tersendiri yang wajib dicoba.

Panen Gandaria

buah Gandaria umumnya dapat dipanen mulai dari bulan Maret sampai bulan Juli

tanaman yang mudah ditanam dari biji memerlukan waktu 10 sampai 15 tahun supaya dapat berbuah sedangkan tanaman yang berasal dari perbanyakan vegetatif seperti cangkok dan okulasi memerlukan 5 sampai 6 tahun Agar tanaman berbuah. Hasil panen buah akan meningkat seiring bertambahnya usia tanaman.

Satu kilogram Gandaria biasanya terdiri atas 10-12 buah berukuran besar atau 15-20 buah berukuran kecil.

Pohon Gandaria yang telah dewasa dan ditahan di halaman dapat menghasilkan 200-500 kg buah.

Penutupan

Dari berbagai macam kesehatan yang dapat anda peroleh dari buah Gandaria menanamnya merupakan pilihan yang bijak ditambah lagi Jika anda memiliki kebun yang luas sehingga sangat cocok untuk menanam Gandaria

Apa anda tertarik untuk membudidayakan Gandaria di kebun anda? Jika anda tertarik bagaimana cara menanam buah Gandaria? membelinya dari toko online,menanamnya dari biji atau melakukan cangkok agar tanaman cepat berbuah?

  • Share
hit tracker