Cara Menanam Buah Zuriat Agar Tumbuh Subur Di Indonesia

  • Share
Cara Menanam Pohon Zuriat
Cara Menanam Pohon Zuriat

Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar buah ini tentunya sangat wajar. Mungkin anda baru pertama kali melihatnya ketika anda mengunjungi Kota Mekah dan Madinah untuk melakukan ibadah haji atau umrah atau mungkin anda sedang travelling ke Mesir dan melihat buah ini.

Ya, Buah ini berasal dari daerah Timur tengah dan Afrika, di Indonesia tanaman ini dipercaya membantu kesuburan wanita agar dapat hamil cepat.

walaupun di Indonesia belum banyak yang membudidayakan tanaman ini tapi anda dapat membeli buahnya dari toko online dengan mudah.

Jika Anda berminat untuk membudidayakan tanaman ini, kami akan membagikan secara lengkap informasi tentang tanaman ini agar dapat anda budidayakan dengan lebih mudah.

Karakteristik 

Hyphaene thebaica umumnya disebut sebagai doum, dan merupakan jenis pohon palem dengan buah oval yang dapat dimakan yang termasuk dalam keluarga mint (Arecaceae).

Buah zuriat memiliki beberapa nama seperti doum palm, palm doom, palm gingerbread, zembaba, mkoma, arkobkobai dan kambash. Pohon zuriat memiliki karakteristik mirip seperti pohon palem. Dapat tumbuh tinggi hingga 17 meter.

Daunnya sekilas mirip seperti daun palem dan diolah oleh masyarakat sekitar Mesir sebagai tikar dan keranjang.

Buah zuriat yang telah matang berwarna coklat tua yang memiliki rasa yang manis seperti jahe sehingga di berbagai tempat buah ini disebut buah gingerbread.

Pohon dapat mulai berbuah ketika berusia sekitar 6 – 8 tahun. Pohon dewasa dapat menghasilkan 50 kg buah per tahun.

Syarat tumbuh pohon zuriat

pohon zuriat umumnya tumbuh di sepanjang sungai Nil di Mesir dan Sudan di daerah-daerah yang mengandung air tanah. Pohon zuriat dapat hidup dengan baik di tanah yang kering dan kadang tumbuh di lereng berbatu yang sedikit air

ditemukan secara alami di daerah kering tropis dan subtropis hingga semi kering di ketinggian dari permukaan laut hingga 1.400mdpl.  Pohon zuriat mampu mentolerir iklim sedang, tetapi lebih suka suhu tahunan rata-rata diatas 28°c. Tumbuh liar di daerah dengan curah hujan tahunan rata-rata 100 – 600mm, tetapi juga dapat mentolerir pertumbuhan di daerah dengan curah hujan yang jauh lebih tinggi, selama drainase baik.

Pohon zuriat dapat tumbuh dengan baik dengan sinar matahari yang cukup dan drainase yang baik seperti pohon zuriat yang sangat besar di Singapore Botanic Gardens.Dapat tumbuh dalam berbagai macam tanah dengan pH dalam kisaran 6,5 – 7,5

Alasan menanam buah zuriat

Khasiat Buah Zuriat
Khasiat Buah Zuriat (ayosemarang.com)

buah zuriat memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, karena masyarakat percaya buah ini dapat meningkatkan kesuburan baik wanita maupun lelaki, sehingga dapat mempercepat proses kehamilan. Di toko online buah zuriat memiliki kisaran harga 30-50ibu per kilogram.

Walaupun belum ada bukti ilmiah yang membuktikan buah zuriat efektif meningkatkan kesuburan, akan tetapi kandungan antioksidan dalam buahnya berperan positif dalam menangkal radikal bebas yang mencegah stres oksidatif sehingga memungkinkan peluang untuk meningkatkan ke suburan.

Selain dianggap berguna untuk memperoleh kesuburan, buah zuriat terbukti secara ilmiah memiliki manfaat kesehatan,antara lain:

  1. Mencegah bayi lahir cacat bawaan, karena buah zuriat mengandung vitamin B dan folat yang efektif untuk mencegah dan meminimalisir bayi lahir cacat bawaan
  2. Mengurangi resiko katarak karena buah zuriat mengandung vitamin B2
  3. Antioksidan pada buah zuriat mampu menurunkan kadar kolesterol
  4. Menyehatkan jantung,karena kadar kolesterol yang tidak menumpuk di jantung dapat membuat jantung sehat

Umumnya buah zuriat dapat dinikmati dengan cara dimakan secara langsung, atau menyeduh bubuknya.

Apa anda tertarik untuk membudidayakan pohon zuriat? Jika iya, berikut cara menanam buah zuriat dengan mudah.

Cara menanam buah zuriat dari biji

Di Indonesia sangat sulit untuk menemukan bibit pohon zuriat walaupun Anda mencarinya di toko online, oleh karena itu, ini merupakan salah satu peluang usaha yang dapat anda gunakan untuk membudidayakan zuriat dan menjual bibit tanaman zuriat secara online.

Berikut cara mudah yang dapat anda lakukan untuk menanam pohon zuriat dari biji agar dapat tumbuh akar dengan cepat:

  1. Bersihkan biji zuriat sampai bersih
  2. Rendam biji selama 4 hari dengan air hangat dan ganti air setiap hari.
  3. Siapkan media tanam campuran antara pasir, kompos dan tanah komposisi 1:1:1. kemudian taruh di polybag yang berukuran sedang atau besar
  4. Tanam biji yang telah direndam dalam media tanam dengan kedalaman 3-5 cm
  5. selalu jaga kelembaban tanah dengan cara menyiramnya setiap hari, tapi pastikan keadaan media tanam jangan terlalu lembab
  6. Setelah 30 hari biji akan tumbuh kecambah
  7. Setelah tanaman memiliki tinggi 20-30cm pindahkan ke kebun atau halaman yang lebih luas.

Pohon zuriat tidak sulit untuk ditanam mulai dari bijinya, dengan cara diatas tingkat keberhasilan biji hingga tumbuh berkecambah sekitar 80%.

Pohon zuriat yang telah tumbuh memerlukan waktu 6-8 tahun hingga dapat berbuah. Dari pohon yang telah dewasa, anda dapat memperoleh hingga 50 kg buah

Perawatan pohon zuriat

Tidak memerlukan perawatan khusus agar pohon zuriat dapat tumbuh subur. Sebagai contoh di sepanjang sungai Nil tanaman zuriat tumbuh secara liar dan subur.

Tanaman zuriat memerlukan pasokan air yang cukup dengan sistem drainase air yang baik serta terkena sinar matahari sepanjang hari.

Anda dapat memberikan pupuk kompos atau pupuk organik lainnya Agar tanaman dapat tumbuh lebih cepat.

Penutupan

melihat dari manfaat untuk kesehatan serta permintaan buah yang tinggi terhadap dan harga yang relatif mahal menjadikan pohon zuriat merupakan salah satu peluang usaha untuk anda pecinta tanaman.

Jika anda memiliki lahan yang luas Anda dapat menanam pohon zuriat untuk dibudidayakan dan diperbanyak dengan cara menanamnya dari biji. Atau Anda bisa menjual bibit tanaman secara online. Selain itu jika pohonnya telat besar anda dapat menjual buahnya.

Apa anda tertarik untuk menanam pohon zuriat?

  • Share
hit tracker