Cara Menanam Bunga Baby Breath

  • Share
Cara Menanam Bunga Baby Breath
Cara Menanam Bunga Baby Breath Yang Baik dan Benar

Cara menanam bunga baby breath – jika anda pecinta bunga tentunya tidak asing dengan bunga baby breath, bunga ini seringkali kita temui di setiap karangan bunga ucapan pernikahan.

Sebagai pecinta tanaman hias dan memiliki berbagai macam koleksi tanaman hias di di pekarangan rumah anda, mungkin anda akan penasaran dan bertanya bagaimana cara terbaik untuk menanam bunga baby breath?

Tapi jika Anda masih belum yakin untuk menanam tanaman, berikut alasan penting yang dapat membuat anda tertarik untuk menanam baby breath

Alasan Menanam Bunga Baby Breath

Alasan utama menanam bunga baby breath karena keindahannya, bunga ini memiliki bentuk yang sangat indah dan memiliki arti serta makna yang mendalam.

bunga baby breath adalah simbol cinta abadi. Itu adalah simbol cinta yang tidak ada habisnya, cinta yang bertahan selamanya. Itu sebabnya bunga ini biasanya digunakan dalam upacara pernikahan. Karangan bunga pengantin biasanya terbuat dari bunga-bunga ini dan ada juga dekorasi pernikahan yang indah yang terbuat dari bunga baby breath.

Selain keindahan dan makna yang mendalam, baby breath terbukti memiliki manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah. Bunga baby breath dikenal karena sifat penyembuhannya, sehingga biasanya digunakan untuk produksi obat yang dapat mengobati leukemia.

Juga, telah terbukti baru-baru ini bahwa bunga ini dapat digunakan dalam obat anti-kanker karena dapat meningkatkan efisiensinya.

Karakteristik Bunga Baby Breath

Bibit Bunga Baby BreathBaby breath umumnya tumbuh tinggi hingga 50 cm meskipun biasanya tumbuh melebar ke samping. Ukuran bunga baby breath sekitar 1,5cm. Tergantung pada varietasnya, kadang dapat berbentuk lonceng atau memiliki beberapa lapisan kelopak.

Jenis warna bunga baby breath yang populer di Indonesia adalah yang  berwarna putih dan merah muda karena sangat cantik. Memiliki daun Panjang (2- 9cm) oval, daun sempit tumbuh jarang dari batang bercabang-cabang dan halus. Mereka tumbuh dengan cepat dan akan mekar sekitar 8 minggu setelah perkecambahan.

Habitat dan Syarat Tumbuh Tanaman Baby Breath

Baby breath tidak tumbuh dengan baik di tanah asam, tetapi bisa tumbuh dengan baik di tanah dengan pH 6.0-7.0. Jika pH tanah Anda kurang dari setengah poin dari kisaran itu, Anda dapat menambahkan kapur kebun untuk menaikkan pH.

Tanaman baby breath bisa ditanam di dalam pot akan tetapi,untuk pertumbuhan yang maksimal sebaiknya tanaman ditanam di tanah secara langsung di taman rumah atau di kebun tanpa menggunakan pot

Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh minimal 6 jam setiap harinya dan akan cenderung gagal jika terlalu banyak naungan

Baby breath rentan terhadap pembusukan akar di tanah dengan drainase buruk. Cobalah memasukkan sekam bakar ke dalam tanah Anda untuk meningkatkan drainase.

Cara Menanam Bunga Baby Breath Mulai Dari Biji

Baby’s Breath dapat tumbuh dari biji yang ditanam di dalam ruangan dan dipindahkan ke luar setelah tumbuh sekitar 10cm. Anda dapat menanamnya langsung di kebun pada musim panas, atau ditanam sebagai tanaman pot.

Berikut ini cara menanam tanaman baby breath mulai dari biji dengan benar:

  • Pilih bibit tanaman baby breath berkualitas
  • Siapkan media tanam campuran antara sekam bakar, kompos dan tanah
  • Tanam bibit sedalam 0.5 cm di dalam tray semai
  • Semprot dengan air hingga tanah lembab
  • taruh di tempat yang teduh
  • Setelah 7 sampai 10 hari bibit akan mulai berkecambah
  • Setelah bibit berusia 1 bulan,anda dapat memindahkan bibit ke pot yang lebih besar atau ditanam langsung di taman/kebun
  • Setelah 8 sampai 10 minggu tanaman akan berbunga.

Cara Menanam Baby Breath di Pekarangan Rumah atau di Kebun

Jika Anda membeli bibit tanaman baby breath yang telah tumbuh besar dari toko online atau membeli di nursery, Anda dapat menanamnya langsung di pekarangan rumah Anda berikut cara yang paling efektif dan mudah untuk menanam baby breath di halaman rumah anda:

  • Pilih lokasi yang terkena sinar matahari penuh. Hindari tanah yang terlalu lembab atau asam.
  • Gali tanah hingga kedalaman 15-30cm.
  • Tambahkan pupuk organik (kompos atau pupuk kandang yang busuk) dan taruh di galian tanah, biarkan selama beberapa hari
  • Sebaiknya menanam tanaman pada  sore hari untuk mengurangi stres tanaman
  • Lepaskan pot tanaman dan pastikan agar tidak tercabut atau putus
  • Menyirami air secara menyeluruh dan oleskan lapisan mulsa ringan di atas tanah untuk menghemat air dan mengurangi gulma.

Perawatan Bunga Baby Breath

Tidak memerlukan perawatan yang khusus untuk merawat baby breath,tetapi untuk pertumbuhan tanaman yang maksimal berikut tips perawatan yang dapat Anda lakukan

  • Kendalikan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Gulma bersaing dengan tanaman untuk mendapatkan air, ruang dan nutrisi, jadi kendalikanlah mereka dengan membersihkannya secara rutin atau menggunakan mulsa untuk mencegah perkecambahannya.
  • Siram secara menyeluruh setidaknya sekali seminggu untuk membantu akar baru tumbuh. Sebutkan keadaan tanah harus lembab
  • Setelah pertumbuhan baru muncul, pupuk ringan dapat diterapkan. Gunakan pupuk dengan pelepasan lambat yang rendah, karena pupuk yang memiliki nutrisi yang sangat tinggi dapat menyebabkan busuk akar.
  • Lakukan pemangkasan untuk merangsang pertumbuhan tanaman setelah berbunga.

Penyakit pada Tanaman Baby Breath

Bintik Daun

Bintik-bintik kecil coklat bulat  terbentuk pada permukaan atas daun dan sepanjang pelepah. Penyakit ini juga dapat menyebabkan tanaman layu. Bintik daun semakin memburuk di cuaca hangat, basah atau sangat lembab.  Hindari menyiram tanaman langsung di daunnya. Potong dan buang bagian tanaman yang terinfeksi serta Berikan banyak sirkulasi udara.

Botrytis

Penyakit yang menyebabkan jamur abu-abu pada bunga, daun, batang dan kuncup. Ini tumbuh subur dalam kondisi cuaca basah yang sejuk.

Potong bagian tanaman yang terkena, hindari penyiraman pada malam hari, pastikan tanaman memiliki sirkulasi udara yang baik.dan semprotkan fungisida sesuai dosis umur tanaman

Busuk Akar

Sejumlah patogen menyebabkan akar membusuk pada Penanganannya, keluarkan tanaman dari potnya, potong akar yang membusuk pindah dan pindahkan tanaman ke pot yang baru, pastikan tanah Anda memiliki drainase yang sangat baik.

Hama pada tanaman baby breath

Hama yang paling sering mengganggu pertumbuhan tanaman babybrits antara lain kutu daun, siput dan belalang. Untuk mencegah ah dan mengusir hama pada tanaman baby breath Anda dapat melakukan penyemprotan insektisida jika diperlukan sesuai dosis.

Penutupan

Setelah mengetahui segala hal tentang tanaman hias yang cantik ini, Apa anda tertarik untuk menanam tanaman baby breath?

Jika tertarik apakah anda akan menanam tanaman hibrida di dalam pot atau di pekarangan rumah Anda secara langsung?

Apakah anda lebih tertarik untuk menanam baby breath yang Anda beli secara online, menanamnya mulai dari biji atau melakukan stek batang?

  • Share
hit tracker