Cara Menanam Bunga Celosia Agar Mudah Berbunga

  • Share
Cara Menanam Bunga Celosia
Cara Menanam Bunga Celosia

Cara menanam bunga celosia – Jika anda pernah mengunjungi taman bunga dan melihat ada bunga yang berbentuk seperti jengger ayam itu adalah salah satu jenis bunga celosia.

Bunga celosia merupakan salah satu bunga yang cantik yang masuk kedalam list tanam untuk pecinta tanaman hias.

Karena bentuk bunganya yang cantik serta colorful dan perawatan yang relatif mudah menjadikan bunga celosia menjadi salah satu bunga yang yang digemari oleh pecinta tanaman hias.

Apa anda tertarik untuk menanam bunga celosia? jika iya, berikut ulasan lengkap menanam selosia dengan benar agar tumbuh subur dan mudah berbunga.

Habitat dan syarat tumbuh

Celosia atau yang sering disebut cockscomb, feathered amaranth, woolflower and red fox, adalah tanaman berbunga hangat yang tumbuh subur di daerah Mediterania yang panas dan lembab.

Nama celosia  berasal dari bahasa Yunani dan diterjemahkan menjadi “terbakar,” dengan tepat menggambarkan penampilan celosia – terutama varietas kuning, merah, dan oranye – yang memiliki kemiripan dengan jilatan api yang menyembur dari batang.

Celosia memiliki banyak varietas warna-warni dan mudah tumbuh. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah menjaga tanah tetap lembab tetapi tidak terlalu basah untuk melindungi akarnya agar tidak membusuk.

Tanaman ini sangat cocok di tanam di tempat yang terkena sinar matahari penuh.

celosia tumbuh di hampir semua jenis tanah, bahkan tanah liat, selama ditanam di bawah sinar matahari penuh.

Celosia akan tumbuh di tanah berpasir yang miskin unsur hara tetapi tumbuh lebih subur di tanah yang mengandung bahan organik tingkat tinggi. Tingkat pH tanah antara 6 dan 6,5 adalah yang terbaik.

Jenis bunga celosia

Jika anda ingin menanam celosia di pekarangan rumah anda, pilihlah bentuk bunga yang paling anda suka.karena setiap jenis celosia memiliki bunga yang sangat berbeda.

Ada lebih dari 60 spesies tanaman celosia yang jatuh ke dalam tiga kategori utama: ctested, plumed, dan spicata.

Crested Celosia

Fire Crested Celosia
Fire Crested Celosia

Jenis celosia jambul milik varietas Celosia cristata. Mereka memiliki bunga yang berbentuk bundar atau menyerupai jambul ayam jantan, oleh karena itu bunga ini di luar negeri sering disebut ‘bunga cockscomb.

Cross celosia ini biasanya tersedia dalam warna-warna cerah dan mencolok, seperti merah tua, dan emas; namun, umum bagi tanaman untuk hanya menghasilkan satu bunga saja. Varietas ini adalah yang terbesar dari semua tanaman celosia.

Plumed Celosia

Plumed Celosia
Plumed Celosia

Jenis celosia berbulu milik varietas Celosia plumosa. Mereka menampilkan bunga-bunga  yang memiliki bunga berbulu dan halus yang terdiri dari ratusan bunga kecil.

Dedaunan varietas ini cukup luas, membentuk dasar yang padat dari mana bunga berdiri tinggi di atas.

Celosia spicata

Painted Jezebel Celosia
Painted Jezebel Celosia

Jenis selosia berduri milik varietas Celosia spicata. Bunganya menyerupai daun gandum, dan karenanya, jenis celosia ini juga kadang-kadang disebut sebagai gandum celosia.

Bunga-bunga dari varietas ini berdiri tegak seperti lilin tinggi dan muncul dalam warna yang lebih halus dibandingkan dengan bunga celosia lainnya. Tanaman menghasilkan begitu banyak batang bunga sehingga bisa menjadi sangat padat dan terlihat seperti semak belukar.

Cara menanam celosia dari biji

Cara Menanam Bibit Bunga Celosia
Cara Menanam Bibit Bunga Celosia

Tanaman ini tumbuh dengan baik dari biji, mudah berkecambah dalam kondisi yang tepat. Tanaman mekar sekitar tiga bulan setelah perkecambahan.

anda tertarik untuk menanam seledri dari biji berikut cara mudah yang terbukti dapat menumbuhkan celosia dari biji dengan mudah:

  • Pilih biji dari jenis celosia yang anda sukai
  • Siapkan media tanam campuran antara sekam bakar, kompos dan tanah perbandingan 1:1;1 kemudian taruh di  tray semai.
  • Tanam biji sedalam 1 cm di dalam media tanam
  • Tutup nampan dengan plastik bening untuk menciptakan lingkungan lembab yang mirip dengan rumah kaca, singkirkan plastik begitu bibit telah berkembang.
  • Lepaskan plastik setiap hari selama beberapa menit untuk memberikan sirkulasi udara yang bagus
  • Tanah harus tetap lembab secara konsisten, oleh karena itu semprot lah setiap hari menggunakan sprayer
  • Cahaya matahari tidak diperlukan untuk berkecambah, dan terlalu banyak cahaya  dapat mencegah bibit terbentuk, jadi letakkan baki di tempat teduh tetapi tidak dalam posisi gelap.
  • setelah 7 sampai 10 hari biji mulai berkecambah
  • Tanaman sudah memiliki tinggi 5 sampai 10 cm ada dapat memindahkannya ke tempat yang lebih besar

Setelah tanaman tumbuh Anda dapat memindahkannya ke pot tanaman yang lebih besar atau menanamnya langsung di taman anda.

Celosia memiliki akar halus yang dapat dihambat oleh pertumbuhan gulma. Untuk mencegah akar gulma membunuh bibit celosia Anda, oleskan beberapa mulsa organik di sekitar bagian atas tanah saat Anda menanam bibit untuk mencegah pembentukan gulma.

Perawatan bunga celosia agar dapat berbunga lebat dan indah

bunga celosia tidak memerlukan perawatan yang khusus akan tetapi jika anda ingin bunga Anda dapat tumbuh dengan baik dan berbunga dengan lebat dan indah berikut cara perawatan yang dapat Anda lakukan dengan mudah:

Pengairan

Tanaman ini dapat hidup dengan baik ditanah yang lembab tetapi tidak akan mentolerir kondisi tanah yang terlalu basah. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menanam celosia di tanah yang memiliki drainase yang baik.

jika terjadi overwatering yang tidak disengaja atau hujan lebat, air akan mengering dengan sendirinya. Jika tanaman kelebihan air dan memiliki drainase buruk, biasanya akan mengalami busuk akar, yang merusak akar sehingga melumpuhkan tanaman karena tidak mampu menyerap nutrisi dan membunuh tanaman dari akar ke atas.

Karena tanaman ini tidak menyukai tanah yang basah, hal yang terbaik adalah memastikan bahwa Anda menyiram dalam jumlah yang tepat, Anda harus membiarkan tanah mengering sebelum menyirami tanaman lagi.

Tanaman celosia toleran terhadap kekeringan ringan,  tetapi lebih suka berada dalam kondisi yang terus menerus lembab. Jumlah air yang dibutuhkan tanaman akan bervariasi sesuai dengan jumlah cahaya yang diterimanya.

Cahaya

Celosia adalah tanaman yang menyukai sinar matahari penuh. Posisikan di tempat di mana ia akan menerima setidaknya 8 jam sinar matahari setiap hari untuk pertumbuhan maksimum.

Tanaman Ini juga dapat mentolerir naungan parsial, tetapi posisi matahari penuh akan menghasilkan hasil terbaik dan menghasilkan bunga yang lebih banyak.

Pemupukan

Tidak seperti banyak tanaman berbunga, celosia dapat menghasilkan banyak bunga tanpa penambahan pupuk, menjadikannya tanaman berbunga yang sangat mudah dirawat.

Meskipun akan tumbuh subur tanpa pupuk, ia akan mendapat manfaat dari tanah yang kaya akan bahan organik, dan Anda dapat menambahkan pupuk organik setiap bulan yang larut dalam air jika Anda mau.

Hama dan Penyakit

Untungnya, celosia tidak rentan terhadap kerusakan serius dari serangga atau penyakit. Jika tanah Anda tidak mengalir dengan baik, tanaman akan busuk akar, yang menyebabkan daun layu atau berubah warna, terjadi busuk akar keluarkan tanaman dari potnya, uang akar yang membusuk dan tidak sehat. Serta pindahkan ke media tanam yang baru yang memiliki drainase yang baik.

Jika tanaman diserang Penyakit jamur dan menyebabkan daun berubah warna menjadi coklat. Gunakan fungisida buatan dan singkirkan daun yang rusak untuk meminimalkan kerusakan.

Kesimpulan

Apa anda tertarik untuk menanam bunga solusi di taman anda?

Jika anda tertarik, jenis bunga solusi Apa yang akan Anda tanam?ctested, plumed, Atau celosia spicata.

apa anda tertarik untuk menanam selesainya mulai dari biji atau membeli tanaman yang sudah tumbuh di toko online?

  • Share
hit tracker