Cara Menanam Morning Glory

  • Share
Cara Menanam Morning Glory
Cara Menanam Morning Glory

Cara menanam bunga morning Glory – Jika anda berpikir tanaman Apa yang sebaiknya ditanam untuk menghias pagar atau tembok rumah anda agar lebih cantik dan manis, morning Glory merupakan jawaban yang tepat.

Morning glory yang memiliki nama Latin Ipomoea purpurea atau Convolvulus purpureus adalah bunga yang sering dan mudah dijumpai di taman-taman kota atau di pagar rumah seseorang. dinamakan morning Glory karena bunga ini hanya mekar di pagi hari dan kuncup di siang hari dan kemudian mekar kembali di sore hari lalu kemudian mati dan digantikan oleh yang baru.

Morning Glory adalah tanaman merambat sehingga sangat cocok untuk ditanam di pagar atau di tembok rumah anda sebagai pemanis halaman. Tanaman ini juga sangat mudah ditanam di wilayah tropis seperti Indonesia, dapat tumbuh di dataran rendah dengan suhu yang sangat panas, sehingga sangat cocok untuk ditanam bagi pemula.

Karakteristik morning glory

Bunga morning glory atau Ipomoea purpurea memiliki batang ramping, daun berbentuk hati, dan bunga berbentuk corong yang menarik berwarna merah muda, ungu-biru, magenta, atau putih.

Morning glory lebih menyukai sinar matahari penuh,Bahkan dapat tumbuh di lingkungan yang gersang dan kering. Mekar pada bulan Mei sampai September. Bunganya yang  wangi, dan berwarna-warni dikenal untuk menarik kupu – kupu dan lebah.

tanaman lain yang unik yang berasal dari genus famili yang sama dengan morning Glory adalah moonflower yang hanya dapat mekar ketika mendapat terang bulan.

Biji morning glory beracun karena mengandung zat alkaloid lisergik, terutama dalam jumlah besar dapat menyebabkan alergi, muntah dan diare. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jenis bunga morning Glory

Ada ratusan jenis bunga morning Glory tetapi ada 15 jenis tanaman morning Glory yang populer di Indonesia. Yang membedakan setiap jenisnya adalah warna bunga dan kombinasi warnanya

Morning Glory yang paling populer adalah  heavenly blue yang memiliki warna bunga biru indah nan cantik.

Pink morning Glory memiliki warna pink yang menyejukkan mata. white dwarf  memiliki warna putih dengan warna kuning di tengahnya.

Peaceful morning Glory memiliki warna ungu muda dengan garis putih di tengahnya.

Morning Glory convolvulus memiliki tiga kombinasi warna biru dengan putih dan kuning di tengahnya. convolvulus arvensis memiliki kombinasi warna soft pink dengan warna putih dan kuning di tengahnya.

Merremia Umbellata kombinasi warna putih dan kuning. ada juga jenis morning Glory Rivea Corymbosa,red picotte, wolly,dan morning Glory merah

Selain jenis  di atas ada juga morning Glory memilih kombinasi warna yang unik. Yaitu morning Glory milky Way, morning Glory Jepang dan hawaiian Bell.

Anda dapat membeli biji mix di toko online dengan kisaran harga 30-100 ribu Jika anda ingin mendapatkan kombinasi bunga yang cantik di halaman rumah anda.

Cara menanam morning glory

Ada 3 cara yang dapat anda gunakan untuk menanam serta memperbanyak morning Glory,yaitu: membeli tanaman secara online, menanamnya mulai dari biji dan dengan stek batang.

cara paling mudah untuk menanamnya  adalah membelinya dari toko online.hal yang perlu diperhatikan Jika Anda membeli morning Glory secara online adalah menaruhnya di tempat yang teduh selama beberapa hari hingga tanaman segar. Karena tanaman yang dibeli secara online melalui proses pengiriman yang mencapai 2 hingga 3 hari membuat tanaman stres.

Jika anda memutuskan untuk menanam morning Glory dari biji berikut caranya:

Menanam morning glory dari biji

Jika anda memiliki morning Glory yang telah berbunga dan berbuah ada dapat memanen buahnya dan mengambil bijinya untuk diperbanyak.

Jika anda tidak memiliki biji morning Glory Anda dapat membeli bijinya dari toko online. Pastikan memilih seller yang memiliki review yang positif dan bibit yang berkualitas

berikut cara menanam morning Glory dari biji agar dapat tumbuh subur dan cepat berbunga:

  1. Pilih biji morning Glory yang berkualitas baik. Jika anda memanennya dari buah pastikan biji telah mengering.
  2. Rendam biji pada air hangat selama semalaman atau sekitar 12 jam
  3. Setelah direndam selama 10 -12 jam biji akan tumbuh tunas.
  4. Pindahkan ke polybag yang berisi media tanam dengan campuran sekam bakar, tanah dan kompos dengan komposisi 1:1:1
  5. Taruh di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung
  6. Pastikan kelembaban media tanam dengan selalu menyiramnya.
  7. Setelah 1 bulan pindahkan tanaman ke ke pot atau polybag yang lebih besar
  8. Tancapkan kayu atau ranting Agar tanaman dapat tumbuh dan menjalar.
  9. Pindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari langsung
  10. Selalu jaga kelembaban tanah dengan menyiramnya 1 hari sekali.

Pastikan untuk merendam biji morning Glory 3 biji pecah dan keluar kecambah. Menanamnya langsung di dalam tanah tanpa direndam akan sangat kecil kemungkinan biji akan tumbuh.

Ada beberapa jenis tanaman morning Glory tidak dapat menghasilkan biji.oleh karena itu jika anda ingin memperbanyak tanaman yang ada juga dapat melakukan stek batang

Menanam morning glory dengan stek batang

stek batang adalah salah satu cara terpopuler untuk membudidayakan tanaman hias.prosesnya pun tidak susah anda hanya perlu memotong batang dan mencapainya pada media tanam hingga akarnya tumbuh dengan sempurna.

Secara lengkap cara melakukan stek batang pada MG

  1. Pilih jenis morning Glory yang berkualitas dan memiliki warna bunga yang bagus
  2. Potong batang dengan 4-5 mata tunas Atau memiliki ukuran 7-10 cm. Anda dapat memotong beberapa batang untuk trial dan error.
  3. Buang daun dan sisakan 3-4 helai daun
  4. Siapkan media tanam campuran antara sekam bakar, kompos dan tanah dengan komposisi 1:1:1
  5. Siram media tanam dengan air hingga lembab
  6. Taruh di tempat yang teduh.
  7. Selama 7-10 hari akar akan mulai tumbuh

pada proses stek ini Ada kemungkinan anda gagal, tanaman layu dan mati.  oleh karena itu Anda dapat menyiapkan beberapa Batang sebagai trial dan error untuk mengetahui mana yang berhasil tumbuh

Pastikan untuk memotong pada bagian ruas batang(modus) karena pada bagian ini akan mudah tumbuh.

Perawatan tanaman morning Glory

pada umumnya tidak memerlukan perawatan khusus untuk merawat morning Glory. Bunga ini dapat tumbuh dengan sehat di lingkungan yang cukup sinar matahari dengan kelembaban tanah yang cukup.

  1. Siram 1 hari sekali di pagi hari, ketika kondisi kemarau siram 2 kali sehari
  2. taruh tanaman di tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  3. Siapkan tiang atau taruh di pagar rumah Anda Agar tanaman dapat merambat dengan maksimal
  4. Lakukan pemangkasan agar tanaman dapat tumbuh dengan cantik dan tidak seperti semak belukar.
  5. Lakukan pembersihan terhadap gulma secara rutin.
  6. Pemupukan tanaman morning Glory dapat diberikan setengah sendok makan pupuk NPK setiap 2 bulan sekali. Jangan terlalu sering dan banyak memberikan pupuk, karena pemberian pupuk yang berlebihan hanya akan menumbuhkan lebih banyak daun.

perawatan yang sangat mudah dan bunganya yang indah menjadikan tanaman morning Glory digemari oleh semua pecinta tanaman hias.

Penutupan

jika anda mencari tanaman bunga yang dapat merambat dengan sempurna dan cantik di tembok atau pagar rumah Anda morning Glory merupakan pilihan yang tepat.

Tersedia berbagai warna yang dapat Anda pilih sesuai kesukaan anda. Jadi apa anda tertarik untuk menanam morning Glory di halaman rumah anda?Jika iya, warna bunga morning Glory apa yang paling anda sukai?

apakah anda ingin membelinya dari toko online atau menanamnya mulai dari biji?

  • Share
hit tracker