Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti di Xiaomi

Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti di Xiaomi – Salah satu masalah paling umum yang dihadapi pengguna Android Xiaomi adalah aplikasi tiba-tiba berhenti atau terus berhenti. Masalah ini tidak dapat disangkal menjadi sumber ketidaknyamanan saat menggunakan smartphone.

Padahal sebagai pengguna, Anda bisa menemukan berbagai notifikasi mulai dari Layanan Google Play, MSA, Keyboard, dan Instagram yang terus singgah di Xiaomi. Kita akan membahas cara mengatasi aplikasi terus berhenti di xiaomi pada artikel kali ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti di Xiaomi Dengan Mudah

Pada umumnya aplikasi yang crash bisa disebabkan oleh bug pada aplikasi, penumpukan file sampah, dan kurangnya memori. Namun, ada kemungkinan bahwa masalah ini disebabkan oleh hal lain.

Munculnya masalah ini tidak diragukan lagi membuat multitasking di layar menjadi sulit dan tidak efisien. Ada beberapa pendekatan yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah ini. Berikut beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

Baca juga:  3 Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

Restart Perangkat Xiaomi

Langkah pertama dalam mengatasi aplikasi terus berhenti di xiaomi adalah me-restart perangkat. Memulai ulang akan menghentikan semua aplikasi dan sistem yang berjalan, setelah itu perangkat akan memulai ulang sistem dari awal.

Alhasil, restart perangkat akan membuatnya berjalan lebih efisien dan dapat menghilangkan beberapa kesalahan dalam aplikasi, terutama masalah aplikasi yang terus berhenti di ponsel Xiaomi ini. Langkah pertama ini tentu saja sangat sederhana.

Bersihkan cache sistem dan aplikasi

Tips berikut adalah mencoba untuk menghapus file cache pada sistem dan aplikasi. Penumpukan file cache di memori juga dapat menyebabkan aplikasi crash, slow down, dan sering lag atau crash.

Sangat umum bagi pengguna Xiaomi untuk selalu menggunakan aplikasi cleaner atau keamanan untuk membersihkan file cache agar ponsel tetap stabil dan optimal saat digunakan.

Hapus data aplikasi

Jika mengosongkan cache tidak membantu, coba hentikan aplikasi dan hapus data aplikasi. Biasanya aplikasi yang mengalami masalah seperti tidak bisa dibuka, pesan error, lag, dan lain-lain bisa diselesaikan dengan baik dengan menghentikan dan menghapus data aplikasi.

Baca juga:  Tips Jitu Memotret di Tempat Gelap Dengan Kamera Ponsel

Saat Anda menghapus data aplikasi, Anda menyingkirkan data aplikasi sementara seperti file cache, database, data login, riwayat, bookmark, dan banyak lagi.

Perbarui Aplikasi Sistem

Salah satu alasan mengapa aplikasi terus berhenti di hp xiaomi adalah karena aplikasi tersebut berjalan dalam versi yang tidak stabil.

Anda dapat melakukannya dengan memperbarui aplikasi bawaan Xiaomi serta aplikasi yang sering berhenti tiba-tiba.

Anda dapat memperbarui melalui Google Play dengan membuka menu di sudut kanan atas dan memilih Aplikasi & Game Saya. Untuk pembaruan khusus aplikasi bawaan Xiaomi, buka Pengaturan – Pembaruan aplikasi sistem.

Install ulang aplikasi

Jika tidak ada saran di atas yang berfungsi, coba instal ulang aplikasi. Mungkin ini adalah solusi terbaik cara mengatasi bug aplikasi telah berhenti di hp xiaomi.

Agar menyeluruh, setelah mencopot pemasangan aplikasi, hapus semua file cache di ponsel dan kemudian unduh aplikasi baru langsung dari Google Play Store, bukan dari file apk atau situs pihak ketiga.

Baca juga:  Cara ROOT Xiaomi Redmi 7 Dengan Magisk

Update MIUI Xiaomi

Selain memperbarui aplikasi, disarankan agar sistem Android atau antarmuka pengguna (UI) perangkat Xiaomi, juga dikenal sebagai MIUI juga diperbarui.

Semoga dengan adanya pembaruan sistem, masalah yang terjadi pada aplikasi akan teratasi dan smartphone Xiaomi kembali normal.

Pastikan pengguna terhubung dengan jaringan WiFi agar proses update berjalan lancar dan efisien. Untuk update Xiaomi MIUI lebih cepat, cari lokasi dengan kualitas sinyal terbaik.

Reset HP Xiaomi

Jika tidak ada saran sebelumnya yang berfungsi, opsi terakhir adalah mengatur ulang HP Xiaomi Anda. Semua aplikasi yang terinstal, data aplikasi, data file yang disimpan di memori internal, dan data pembaruan sistem sangat terpengaruh oleh reset pabrik. Sebelum melakukan reset, buat cadangan semua data penting.

Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi terus berhenti di xiaomi. Anda dapat menggunakan metode yang tercantum di atas untuk memperbaiki aplikasi yang terus mogok, seperti Instagram, YouTube, dan lainnya. Semoga bermanfaat.