Cara Mengatasi Ketombe di Kepala

Munculnya ketombe di rambut merupakan masalah yang sangat memalukan untuk wanita. Sebenarnya semua orang pernah mengalaminya, bahkan ada yang parah hingga membuat rambut rontok dan patah.

Munculnya ketombe biasanya ditandai dengan rasa gatal dan risih di rambut sehingga anda selalu menggaruknya atau menimbulkan rasa tidak nyaman.

Selain itu ketika anda menggunakan baju berwarna gelap, maka ketombe biasanya akan sangat mudah terlihat karena biasanya akan jatuh pada pundak anda.

Kejadian ini tentunya sangat memalukan dan tidak diinginkan oleh setiap wanita, oleh karena itu ketombe harus segera diatasi.

Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi ketombe di kepala sebenarnya bisa mudah dilakukan namun sebelumnya anda harus memperkirakan penyebabnya.

Salah satu penyebab munculnya ketombe di kepala adalah keringat ketika anda selesai olahraga atau ketika kepanasan.

Baca juga:  4 Konsep Dekorasi Pernikahan Outdoor Sederhana

Jika anda membiarkan rambut berkeringat terus tanpa mencucinya maka tentunya ketombe akan muncul. Sehingga cara mengatasi ketombe di kepala bisa dilakukan dengan rutin mencuci rambut ketika sudah waktunya.

Jika tidak segera anda cuci, maka ketombe bisa mengakibatkan masalah lainnya seperti rambut rontok dan patah.

Penyebab lainnya dari munculnya ketombe adalah ketidaksesuaian produk rambut yang anda gunakan, hal ini biasanya adalah shampoo.

Cara mengatasi ketombe di kepala adalah dengan memilih shampoo yang memang sesuai dengan jenis rambut anda.

Usahakan untuk menggunakan shampoo yang herbal atau yang tidak mengandung banyak bahan kimianya karena ini akan lebih aman untuk rambut anda.

Usahakan juga memilih shampoo yang tidak banyak busanya, karena semakin banyak busa maka semakin banyak deterjen yang ada di dalamnya.

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Jika cara-cara ini sudah anda lakukan, maka cara mengatasi ketombe di kepala lainnya adalah dengan menggunakan bahan alami.

Baca juga:  Sering Bad Mood, Stop Konsumsi Makanan Ini

Salah satu bahan yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut adalah lidah buaya. Bahan yang satu ini tidak hanya menjaga kesehatan rambut namun juga bisa menghilangkan ketombe yang ada di kepala.

Cara mengatasi ketombe bisa dilakukan dengan mengupas daun lidah buaya sampai bagian dagingnya berwarna transparan.

Selanjutnya oleskan bagian tersebut ke kepala anda hingga merata. Diamkan hingga 10 menit lalu bilaslah seluruh rambut anda dengan air bersih serta shampoo sampai tidak ada yang tersisa.

Lakukanlah perawatan ini setiap kali sebelum anda keramas dan secara perlahan ketombe anda akan menghilang.

Jeruk nipis dan jus lemon memang lebih dikenal sebagai obat alami untuk memutihkan kulit wajah, namun siapa sangka ternyata juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi ketombe di kepala.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengoleskan dua sdm air jeruk nipis ke seluruh kulit kepala anda.

Baca juga:  5 Gaya Hidup Untuk Menjadi Wanita Sehat

Jangan lupa untuk memijat juga kulit kepala tersebut agar bahannya terserap. Selanjutnya ambil satu gelas air lalu campurkan dengan 1 sdm jus lemon ke dalamnya lalu oleskan campuran tersebut ke tempat yang sama.

Diamkan hingga beberapa saat lalu cucilah dengan air dan shampoo juga. Sama dengan cara mengatasi ketombe yang sebelumnya, cara ini sebaiknya anda lakukan beberapa kali dan ketombe anda akan menghilang dalam waktu yang cepat.

Beberapa bahan lainnya yang dikenal mampu mengatasi ketombe dengan cepat juga adalah jus apel, cuka serta minyak zaitun.

Untuk mencegah munculnya ketombe di kepala anda maka pastikan anda rajin mencuci rambut anda dengan shampoo yang benar pula. Usahakan juga agar rambut anda tidak terkena langsung dengan sinar matahari.