Cara Mengembalikan File Yang Sudah Terhapus Di Xiaomi

Cara Mengembalikan File Yang Sudah Terhapus Di Xiaomi – Bukan tidak mungkin untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di xiaomi. Pasalnya, smartphone buatan China ini memiliki fitur bernama Mi Cloud yang sering diabaikan oleh pengguna.

Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mem-backup semua file di ponsel Xiaomi Anda, termasuk foto dan video.

Semua file yang disimpan dapat dikembalikan ke folder galeri jika Anda telah mencadangkan file Anda ke Mi Cloud. Bukan hanya itu. Ada berbagai metode untuk memulihkan foto dan video yang dihapus. Tentang caranya, kami telah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber.

Apa Itu Mi Cloud dan Fungsinya

Sebelum kita masuk ke topik utama tentang cara mengembalikan file yang sudah terhapus di Xiaomi, kita akan membahas Mi Cloud, yang memainkan peran penting. Mi Cloud Xiaomi yang sudah sering kita dengar adalah produk yang menyediakan layanan penyimpanan data melalui server.

Semua pengguna ponsel Xiaomi dapat menggunakan layanan cloud ini untuk menyimpan file dan data penting seperti foto, video, nomor kontak, riwayat panggilan, catatan, dan lainnya. Saat Anda mendaftar untuk layanan ini, Anda akan memiliki akses ke ruang penyimpanan data sebesar 5 GB.

Anda dapat mengelola dan mengatur perpustakaan foto Anda dengan penyimpanan ini. Laptop atau PC dapat digunakan untuk mengunduh dan mengunggah file. Anda harus terlebih dahulu masuk ke akun Xiaomi Anda untuk menggunakan layanan ini.

  • Masuk ke pengaturan ponsel Xiaomi.
  • Pilih Akun > Find Mi Account.
  • Aktifkan opsi menu.
  • Semua informasi akun, seperti nama pengguna, nama perangkat, dan nama pemilik, dapat ditemukan di sini.
  • Untuk mengakses layanan cloud, klik di sini.

Jika Anda sudah memiliki akun Mi Cloud, yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengaktifkan backup Mi Cloud di aplikasi galeri ponsel Xiaomi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi galeri
  • Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk mengakses tombol menu lainnya.
  • Masuk ke menu Opsi.
  • Pilih opsi Cadangan Otomatis.
  • Setelah itu akan muncul notifikasi yang menandakan bahwa sinkronisasi telah diaktifkan. Pilih Nyalakan.
  • Pilih Auto Sync-Data dari menu drop-down.
  • Fitur cadangan Mi Cloud diaktifkan. Ingatlah untuk menonaktifkan opsi Only Show Local Album sehingga semua foto dan video di galeri secara otomatis dicadangkan.

Beberapa Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Xiaomi

Seperti halnya sebuah pepatah “banyak jalan Menuju Roma” ini dapat diterapkan pada cara mengembalikan foto yang terhapus di ponsel Xiaomi, baik itu sengaja dihapus atau karena faktor lain, seperti memori ponsel yang rusak.

Metode yang paling umum adalah mencadangkan data di ponsel dan menyimpannya ke Mi Cloud, yang gratis untuk pengguna Xiaomi. Cara lain untuk mengembalikan foto dan video yang terhapus akan dibahas lebih detail di sini.

Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan Backup Mi Cloud

Anda harus menyadari bahwa satu-satunya foto, video, dan file yang dihapus yang dapat dipulihkan adalah yang dicadangkan ke akun Mi Cloud. Tidak mungkin mengembalikan file yang belum dicadangkan. Alhasil, pastikan fitur backup file diaktifkan agar file-file di ponsel Anda tersimpan.

Anda dapat dengan mudah mengembalikan foto yang terhapus di ponsel Xiaomi jika fitur ini diaktifkan. Hal ini agar Anda tidak kehilangan file penting saat Anda benar-benar membutuhkannya. Jadi, inilah cara mengembalikan foto Anda dari cadangan Mi Cloud Anda.

  • Masuk ke galeri di ponsel Xiaomi.
  • Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas.
  • Pilih menu Trash Bin.
  • Buka akun Mi Cloud dengan memasukkan ID Mi Cloud yang telah dibuat sebelumnya.
  • File video dan foto kemudian akan muncul di Trash Bin. File dalam folder itu dapat diambil dan dikembalikan ke galeri.
  • Pilih file foto atau video yang ingin Anda pulihkan.
  • Pulihkan dengan menekan tombol Recover.
  • Foto dan video yang dihapus akan otomatis dikembalikan ke galeri.

Anda tidak perlu khawatir data internet ponsel Anda habis saat memulihkan data yang terhapus. Karena opsi backup data di pengaturan Mi Cloud hanya tersedia saat terhubung ke jaringan WiFi.

Saat kita ingin mengatur Mi Cloud, kita bisa menggunakan pengaturan ini. Aktifkan Hanya Gunakan WiFi untuk Mencadangkan Foto dan Video di opsi pengaturan. Bersiaplah untuk kehilangan data internet ponsel Anda jika opsi di pengaturan ini tidak diaktifkan.

Cadangan foto dan video Mi Cloud cukup besar untuk menghabiskan kuota data internet Anda.

Gunakan Android Data Recovery

Android Data Recovery adalah aplikasi yang dirancang untuk memulihkan data yang terhapus dari perangkat Android. Apa pun alasan hilangnya data pada ponsel Xiaomi, alat ini dapat memulihkan semua file yang dihapus.

Aplikasi ini memiliki algoritma pemindaian canggih yang memungkinkannya memulihkan setiap bit data yang terhapus. Karena itu, kami merekomendasikan alat ini untuk memulihkan foto dan file yang dihapus dari ponsel Xiaomi. Berikut caranya:

  • Install Xiaomi Android Data Recovery di komputer.
  • Hubungkan Xiaomi ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  • Pilih menu Recover dan pastikan juga kamu telah mengaktifkan debugging USB pada ponsel Xiaomi.
  • Pilih jenis data yang ingin kembalikan, kemudian klik Next.
  • Pilih mode pemindaian yang tersedia Scan Deleted File atau Scan All Files, selanjutnya klik Next.
    Setelah proses pemindaian selesai tandai file yang kamu ingin kembalikan, lalu klik Recovery untuk menyimpannya di komputer.

Gunakan Fitur Undeleter Recover File and Data

Fitur aplikasi Undeleter Recover File and Data menjadi pilihan selanjutnya untuk memulihkan file foto yang terhapus. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa menggunakan komputer. Selama perangkat Xiaomi Anda telah di-root.

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi: berbayar dan gratis. Masing-masing memiliki manfaat tersendiri yang bisa Anda manfaatkan. Anda dapat mengunduh aplikasi versi gratis jika Anda hanya ingin menggunakan fitur pemulihan.

Gunakan Aplikasi Restore Image (Super Easy)

Aplikasi ini, seperti namanya, memudahkan kita untuk memulihkan file foto atau video yang terhapus. Untuk menggunakannya cukup mudah, tidak perlu melakukan proses rooting pada ponsel dan bisa langsung digunakan pada ponsel Xiaomi Anda.

Download aplikasi Restore Image (Super Easy) di Google Play Store, kemudian buka dan arahkan ke folder yang berisi foto-foto yang sebelumnya dihapus. Pilih foto yang telah dihapus sebelumnya. Terakhir, pilih klik Restore Image. Selesai!

Demikian informasi tentang cara mengembalikan file yang sudah terhapus di xiaomi. Faktor terpenting adalah pencadangan dan pengelolaan data yang tepat.

Backup data adalah langkah penting dalam memastikan bahwa file dan data aman dan dapat diakses saat dibutuhkan. Jadi, jika file di galeri rusak atau terhapus secara tidak sengaja, Anda masih bisa mencarinya di sumber data lain. Anda juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk proses pemulihan data.