Cara Mengetahui Fake Akun Instagram dan Menghindari Bahayanya

Cara Mengetahui Fake Akun Instagram

LiputanTV.com – Apakah kamu sering berinteraksi di media sosial, khususnya Instagram? Jika iya, maka kamu harus berhati-hati dengan adanya fake akun Instagram yang bisa merugikan kamu. Fake akun Instagram adalah akun yang dibuat oleh seseorang dengan identitas palsu atau menyamar sebagai orang lain.

Fake akun Instagram bisa memiliki berbagai tujuan, seperti:

Read More
  • Mengintip atau memata-matai akun orang lain tanpa diketahui.
  • Menyebar kebencian, fitnah, hoax, atau spam kepada akun orang lain.
  • Mencuri data pribadi, foto, video, atau informasi penting dari akun orang lain.
  • Menipu atau memeras uang dari akun orang lain dengan berbagai modus.
  • Membuat konten negatif, vulgar, atau melanggar aturan Instagram.

Fake akun Instagram bisa sangat meresahkan dan membahayakan bagi pengguna Instagram yang tidak waspada. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tahu cara mengetahui fake akun Instagram dan menghindari bahayanya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tiga cara mengetahui fake akun Instagram yang bisa kamu coba, yaitu:

  • Melalui profil akun
  • Melalui IP address
  • Melalui nomor HP

Kami juga akan memberikan tips berguna untuk menghindari bahaya dari fake akun Instagram dan melindungi akun kamu dari serangan mereka.

Tanpa membuang waktu lagi, mari kita mulai!

Cara Mengetahui Fake Akun Instagram Melalui Profil Akun

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui fake akun Instagram adalah melalui profil akun tersebut. Profil akun adalah halaman yang menampilkan informasi dasar tentang pemilik akun, seperti nama, bio, foto profil, jumlah postingan, pengikut, dan mengikuti.

Profil akun bisa memberikan beberapa petunjuk untuk mengidentifikasi apakah akun tersebut asli atau palsu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan di profil akun:

Tanda centang biru

Tanda centang biru adalah fitur verifikasi yang diberikan oleh Instagram kepada akun yang sudah terbukti keasliannya. Biasanya, tanda centang biru diberikan kepada akun publik, selebriti, merek, organisasi, atau media.

Jika kamu melihat tanda centang biru di profil akun, maka kemungkinan besar akun tersebut adalah asli. Namun, jika tidak ada tanda centang biru di profil akun yang mengaku sebagai orang terkenal atau lembaga resmi, maka kamu harus curiga bahwa akun tersebut adalah palsu.

Nama pengguna

Nama pengguna adalah nama yang digunakan oleh pemilik akun untuk login atau dikenali oleh pengguna lain di Instagram. Nama pengguna biasanya mencerminkan identitas atau karakteristik dari pemilik akun.

Jika kamu melihat nama pengguna yang aneh, acak, tidak sesuai dengan foto profil atau bio, atau mengandung angka dan simbol yang banyak, maka kamu harus curiga bahwa akun tersebut adalah palsu.

Bio

Bio adalah deskripsi singkat tentang diri atau kegiatan dari pemilik akun. Bio biasanya berisi informasi penting atau menarik yang ingin disampaikan oleh pemilik akun kepada pengunjung profilnya. Jika kamu melihat bio yang kosong, tidak jelas, tidak relevan, atau mengandung link mencurigakan, maka kamu harus curiga bahwa akun tersebut adalah palsu.

Foto profil

Foto profil adalah gambar yang mewakili identitas atau wajah dari pemilik akun. Foto profil biasanya berisi foto diri sendiri atau sesuatu yang disukai oleh pemilik akun. Jika kamu melihat foto profil yang tidak ada, buram, tidak terlihat, atau mengambil dari sumber lain, maka kamu harus curiga bahwa akun tersebut adalah palsu.

Jumlah postingan dan Followers

Jumlah postingan, pengikut, dan mengikuti adalah angka yang menunjukkan aktivitas dan popularitas dari pemilik akun. Jumlah postingan adalah jumlah foto atau video yang sudah diunggah oleh pemilik akun. Jumlah pengikut adalah jumlah orang yang mengikuti atau berlangganan akun tersebut. Jumlah mengikuti adalah jumlah orang yang diikuti atau dilanggani oleh akun tersebut.

Jika kamu melihat jumlah postingan, pengikut, dan mengikuti yang tidak seimbang, tidak wajar, atau tidak sesuai dengan profil akun, maka kamu harus curiga bahwa akun tersebut adalah palsu.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengetahui fake akun Instagram melalui profil akun:

  • Buka aplikasi Instagram di HP kamu dan cari akun yang ingin kamu ketahui keasliannya di kolom pencarian. Jika akun tersebut mengikuti kamu atau kamu mengikuti akun tersebut, kamu bisa menemukannya di daftar pengikut atau mengikuti.
  • Buka profil akun tersebut dan perhatikan beberapa hal yang sudah kami sebutkan di atas, seperti tanda centang biru, nama pengguna, bio, foto profil, jumlah postingan, pengikut, dan mengikuti.
  • Bandingkan informasi yang ada di profil akun dengan informasi yang ada di sumber lain, seperti Google, media sosial lainnya, atau situs web resmi. Jika ada ketidaksesuaian atau kejanggalan, maka kemungkinan besar akun tersebut adalah palsu.
  • Jika perlu, kamu bisa juga mengecek riwayat perubahan nama pengguna dari akun tersebut dengan cara menekan tiga titik di pojok kanan atas profil akun dan memilih opsi Tentang Akun Ini. Di sana kamu bisa melihat kapan akun tersebut dibuat dan apakah pernah mengganti nama pengguna sebelumnya.

Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui fake akun Instagram melalui profil akun.

Cara Mengetahui Fake Akun Instagram Melalui IP Address

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui fake akun Instagram adalah melalui IP address. IP address adalah nomor unik yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung dengan internet. IP address bisa digunakan untuk melacak lokasi geografis dari perangkat tersebut.

IP address bisa memberikan beberapa petunjuk untuk mengidentifikasi apakah akun tersebut asli atau palsu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dari IP address:

Negara asal

Negara asal adalah negara tempat perangkat tersebut terhubung dengan internet. Negara asal bisa menunjukkan kredibilitas dari pemilik akun. Jika negara asal tidak sesuai dengan identitas atau aktivitas dari pemilik akun, maka kamu harus curiga bahwa akun tersebut adalah palsu.

Kota asal

Kota asal adalah kota tempat perangkat tersebut terhubung dengan internet. Kota asal bisa menunjukkan keakuratan dari lokasi yang diklaim oleh pemilik akun. Jika kota asal tidak sesuai dengan lokasi yang ditulis di bio atau postingan dari pemilik akun, maka kamu harus curiga bahwa akun tersebut adalah palsu.

ISP (Internet Service Provider)

ISP adalah penyedia layanan internet yang digunakan oleh perangkat tersebut untuk terhubung dengan internet. ISP bisa menunjukkan jenis dan kualitas dari layanan internet yang digunakan oleh pemilik akun. Jika ISP tidak sesuai dengan standar atau kebiasaan dari pemilik akun, maka kamu harus curiga bahwa akun tersebut adalah palsu.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengetahui fake akun Instagram melalui IP address:

  • Buka aplikasi Instagram di HP kamu dan cari akun yang ingin kamu ketahui keasliannya di kolom pencarian. Jika akun tersebut mengikuti kamu atau kamu mengikuti akun tersebut, kamu bisa menemukannya di daftar pengikut atau mengikuti.
  • Buka profil akun tersebut dan lihat apakah ada link website atau email yang ditulis di bio atau postingan dari pemilik akun. Jika ada, salin link website atau email tersebut ke clipboard HP kamu.
  • Buka browser web di HP atau laptop kamu dan kunjungi situs web yang bisa melacak IP address dari link website atau email, seperti iplocation.net, ip-tracker.org, whatismyipaddress.com, dan lain-lain.
  • Tempel link website atau email yang sudah kamu salin ke kolom pencarian di situs web tersebut dan tekan tombol cari atau enter.
  • Tunggu sampai situs web tersebut menampilkan hasil pencarian berupa IP address dan informasi lainnya dari link website atau email yang kamu masukkan.
  • Perhatikan informasi yang ada, seperti negara asal, kota asal, ISP, dan lain-lain. Bandingkan informasi tersebut dengan informasi yang ada di profil akun atau sumber lain. Jika ada ketidaksesuaian atau kejanggalan, maka kemungkinan besar akun tersebut adalah palsu.

Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui fake akun Instagram melalui IP address.

Cara Mengetahui Fake Akun Instagram Melalui Nomor HP

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui fake akun Instagram adalah melalui nomor HP. Nomor HP adalah nomor telepon seluler yang digunakan oleh seseorang untuk berkomunikasi atau mengakses internet. Nomor HP bisa digunakan untuk melacak identitas atau informasi lainnya dari pemiliknya.

Nomor HP bisa memberikan beberapa petunjuk untuk mengidentifikasi apakah akun tersebut asli atau palsu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dari nomor HP:

Nama pemilik

Nama pemilik adalah nama yang terdaftar pada kartu SIM atau operator seluler yang digunakan oleh nomor HP tersebut. Nama pemilik bisa menunjukkan kebenaran dari identitas dari pemilik akun. Jika nama pemilik tidak sesuai dengan nama pengguna atau bio dari pemilik akun, maka kamu harus curiga bahwa akun tersebut adalah palsu.

Status online

Status online adalah status yang menunjukkan apakah nomor HP tersebut sedang aktif atau tidak di internet. Status online bisa menunjukkan aktivitas atau kebiasaan dari pemilik akun. Jika status online tidak sesuai dengan waktu atau frekuensi postingan dari pemilik akun, maka kamu harus curiga bahwa akun tersebut adalah palsu.

Riwayat panggilan

Riwayat panggilan adalah riwayat yang menunjukkan siapa saja yang pernah menelepon atau ditelepon oleh nomor HP tersebut. Riwayat panggilan bisa menunjukkan hubungan atau kontak dari pemilik akun. Jika riwayat panggilan tidak sesuai dengan orang-orang yang diketahui atau disebutkan oleh pemilik akun, maka kamu harus curiga bahwa akun tersebut adalah palsu.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengetahui fake akun Instagram melalui nomor HP:

  • Buka aplikasi Instagram di HP kamu dan cari akun yang ingin kamu ketahui keasliannya di kolom pencarian. Jika akun tersebut mengikuti kamu atau kamu mengikuti akun tersebut, kamu bisa menemukannya di daftar pengikut atau mengikuti.
  • Buka profil akun tersebut dan lihat apakah ada nomor HP yang ditulis di bio atau postingan dari pemilik akun. Jika ada, salin nomor HP tersebut ke clipboard HP kamu.
  • Buka aplikasi telepon di HP kamu dan tempel nomor HP yang sudah kamu salin ke kolom panggilan. Jangan panggil nomor tersebut, tapi tekan tombol info atau detail untuk melihat informasi lebih lanjut tentang nomor tersebut.
  • Perhatikan informasi yang ada, seperti nama pemilik, status online, riwayat panggilan, dan lain-lain. Bandingkan informasi tersebut dengan informasi yang ada di profil akun atau sumber lain. Jika ada ketidaksesuaian atau kejanggalan, maka kemungkinan besar akun tersebut adalah palsu.

Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui fake akun Instagram melalui nomor HP.

Tips Menghindari Bahaya dari Fake Akun Instagram

Cara Mengetahui Akun Fake Instagram Dengan Akurat

Setelah mengetahui cara mengetahui fake akun Instagram, sekarang kami akan memberikan tips menghindari bahaya dari fake akun Instagram dan melindungi akun kamu dari serangan mereka.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Jangan mudah percaya dengan informasi atau tawaran yang datang dari fake akun Instagram. Selalu cek kebenaran dan validitasnya dari sumber lain yang terpercaya.
  • Jangan mudah memberikan data pribadi, foto, video, atau informasi penting lainnya kepada fake akun Instagram. Jika perlu, blokir atau laporkan akun tersebut kepada Instagram.
  • Jangan mudah mengikuti atau menerima permintaan mengikuti dari fake akun Instagram. Jika perlu, ubah pengaturan privasi akun kamu agar hanya bisa diikuti oleh orang yang kamu kenal atau percaya.
  • Jangan mudah mengklik link yang dikirimkan oleh fake akun Instagram. Link tersebut bisa saja mengandung virus, malware, atau phishing yang bisa merusak atau mencuri data dari perangkat kamu.
  • Jangan mudah terpancing oleh provokasi, hinaan, atau ancaman dari fake akun Instagram. Jika perlu, abaikan atau blokir akun tersebut dan laporkan kepada pihak yang berwenang.

Dengan melakukan tips tersebut, kami harap kamu bisa menghindari bahaya dari fake akun Instagram dan melindungi akun kamu dari serangan mereka.

Fake akun Instagram adalah akun yang dibuat oleh seseorang dengan identitas palsu atau menyamar sebagai orang lain. Fake akun Instagram bisa sangat meresahkan dan membahayakan bagi pengguna Instagram yang tidak waspada.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tahu cara mengetahui fake akun Instagram dan menghindari bahayanya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman atau keluarga kamu yang mungkin membutuhkan informasi ini. Terima kasih telah membaca dan selamat mencoba!

Related posts