Cara Menghasilkan Uang Melalui Investasi Dividen

Cara Menghasilkan Uang Melalui Investasi Dividen
Cara Menghasilkan Uang Melalui Investasi Dividen

Menghasilkan uang dari dividen adalah salah satu fondasi dasar dari investasi yang baik. Kerap terjadi, investor baru tidak benar-benar memahami apa itu dividen, bagaimana dividen bekerja dan bagaimana anda dapat menghasilkan uang dengan berinvestasi di saham dividen.

Untuk membantu anda mengatasi itu, saya memberikan gambaran singkat mengenai proses pembuatan uang dari jenis investasi.

Read More

Pikirkan ini sebagai silabus dua menit untuk menghasilkan uang dengan berinvestasi di saham yang membayarkan dividen.

Bagaimana Saya Dapat Menghasilkan Uang Dari Dividen?

Ingin tahu bagaimana membuat uang dengan dividen? Jawaban singkatnya adalah: Saat sebuah perusahaan memperoleh keuntungan.

Direksi, para anggota yang dipilih oleh pemegang saham (pemilik), memiliki sebuah pertemuan dan mendengarkan rekomendasi manajemen tentang berapa banyak keuntungan harus diinvestasikan kembali untuk pertumbuhan perusahaan.

Berapa yang harus digunakan untuk membayar utang, berapa yang harus digunakan untuk membeli kembali saham dan berapa yang harus dibagikan ke pemilik. Bagian terakhir, uang dibagikan ke pemilik disebut dividen.

Proses menghasilkan uang melalui investasi dividen melibatkan pencarian perusahaan yang memiliki peluang bagus untuk meningkatkan dividen dari tahun ke tahun, yang akan menyebabkan lebih banyak uang mengalir ke dalam rekening bank anda.

Seperti penjualan dan keuntungan yang meningkat demikian juga dividen. Uang yang anda hasilkan dari dividen dapat diinvestasikan kembali, digunakan untuk membayar tagihan rumah tangga, mengirim anak ke perguruan tinggi, memulai bisnis atau diberikan untuk amal kepada saya.

Jika anda memiliki banyak saham dividen kualitas tinggi, tentu semakin banyak uang yang anda akan dapatkan dari dividen.

Yang kerap terlihat adalah investor dividen menjalani hidup dengan mengumpulkan jenis investasi tertentu seperti anak kecil mengumpulkan kelereng didalam kaleng.

Jika dilakukan dengan benar, kekayaan bersih investor dividen dan pendapatan rumah tangga terus meningkat dan tumbuh semakin makmur seiring berjalannya waktu.

Dalam masa 30, 40 ,50 tahun atau lebih, akan ada kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan milyaran per tahun atau lebih dari dividen.

Contoh Menghasilkan Uang dari Investasi Dividen

Untuk melihat bagaimana ini bekerja di dunia nyata, bayangkan seorang pria muda bernama Cecep. Dia berusia 18 tahun dan hanya bergabung dengan angkatan kerja.

Dia memutuskan ingin mulai mendapatkan penghasilan dari saham dividen sehingga ia mulai berinvestasi di saham kualitas tinggi, perusahaan blue chip yang menunjukkan pertumbuhan sehat, neraca keuangan yang kuat dan memiliki sejarah dalam meningkatkan dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham dari waktu ke waktu.

Cecep berhasil menumbuhkan investasinya sebesar 8% selama 50 tahun. Pada saat ia mencapai usia 60-an dan siap untuk pensiun, portofolionya telah berkembang menjadi Rp.38,659 Milyar.

Menghasilkan Uang Melalui Investasi Dividen Melibatkan Beberapa Pertimbangan Utama

  • Keuntungan dividen yang ditawarkan pada saat pembelian awal.
  • Laju pertumbuhan laba perusahaan, yang dapat digunakan untuk memproyeksikan kenaikan dividen di masa depan.
  • Kondisi neraca perusahaan. Investasi pada perusahaan dengan banyak hutang dan adanya penurunan penjualan terlalu berisiko, tidak peduli seberapa besar dividen yang ditawarkan.
  • Peraturan pajak atas dividen saat ini.

Jika anda tidak ingin memilih saham dividen individu tetapi masih ingin menghasilkan uang dengan investasi dividen, anda mungkin ingin mempertimbangkan indeks dana murah yang mengkhususkan diri dalam perusahaan dividen.

Pastikan untuk membaca prospektus reksadana untuk setiap investasi potensial demi memastikan anda memahami bagaimana saham yang dipilih dan menentukan risiko yang tepat untuk anda dan situasi keuangan anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *