Cara Menghilangkan Komedo

  • Share
Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah
Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah

Cara Menghilangkan Komedo – Ada yang nggak pernah ngerasain komedo? Pasti langsung pada mikir dan ngerasa pernah ada komedo atau bahkan lagi dapet masalah dengan komedo.

Komedo ini memang nggak se-esktrim jerawat sih mengganggunya, tapi ya tetep aja bakalan mengganggu penampilan. Dijamin juga pasti udah banyak banget cara menghilangkan komedo yang udah dicoba kan?

Sama sih kayak aku, dulu banyak banget coba-coba perawatan kecantikan yang khusus untuk menghilangkan komedo. Hilang sih memang sebentar, tapi nggak lama dari perawatan itu udah muncul lagi. Pokoknya kalo udah ada komedo nempel diwajah bawaannya pasti nggak pede.

Komedo adalah penyumbatan pori-pori yang disebabkan karena penumpukan minyak berlebih, kotoran atau debu, dan sisa kosmetik yang berada dibawah kulit. Komedo biasanya sering muncul dibagian hidung, wajah, dan daerah yang sering mengeluarkan minyak.

Komedo yang muncul akan membuat wajah terlihat kasar dan kotor. Meskipun kita sudah menutupi dengan menggunakan kosmetik, tapi biasanya komedo akan tetap terlihat karena kosmetik atau bedak yang kita gunakan tidak merata menyatu di wajah. Perlu juga untuk diketahui bahwa komedo ini mempunyai dua jenis komedo.

Jenis Komedo Blackhead: Jenis komedo blackhead ini biasanya terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Jenis Komedo Whitehead: Jenis komedo whitehead atau komedo tertutup ini biasanya berada di bawah kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak. Komedo ini biasanya berwarna putih dan berbentuk benjolan kecil-kecil.

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Jerawat Komedo
Cara Menghilangkan Jerawat Komedo (Foto: by mamewmy – www.freepik.com)

Kedua jenis komedo tersebut sangat membutuhkan perhatian yang sangat ekstra. Terutama untuk jenis komedo whitehead soalnya komedo ini biasanya akan menjadi jerawat kalo nggak dirawat dengan baik.

Oleh karena itu, komedo ini harus cepet-cepet dibuang jauh dari wajah agar wajah kita terbebas dari kasar dan terlihat kusam. Penyebab komedo itu sendiri adalah kotoran dan minyak yang menumpuk. Hal ini dikarenakan aktivitas sehari-hari yang langsung terkena paparan sinar matahari sehingga minyak dan kotoran menempel pada wajah.

Untuk menghilangkan komedo memang susah-susah gampang. Cara yang paling instan memang pergi ke salon kecantikan atau perawatan ke dokter. Tapi, ini juga pasti membutuhkan pengorbanan, kita harus mengeluarkan uang yang lebih untuk melakukan perawatan.

Kalo yang udah kerja sih enak ya bisa aja menyisihkan uangnya untuk perawatan, lah gimana kalo yang belom kerja atau penghasilannya tidak cukup untuk melakukan perawatan?

Oleh karena itu, ada baiknya mencoba cara menghilangkan komedo yang alami dan murah. Kita nggak perlu repot antri untuk melakukan perawatan. Cukup beli bahan-bahannya aja, terus lakukan perawatan sendiri dirumah.

1. Kentang

Ada yang suka dengan kentang? Hayoo, jangan hanya menggunakan kentang untuk menjadi makanan pengganti nasi. Kentang juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan dengan cara yang alami. Mungkin sebagian dari kalian ada yang tau bahwa kentang dapat membantu mengurangi kantong mata.

Namun, ternyata kentang juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo dengan cara menjadikan kentang masker untuk wajah. Caranya dengan memarut kentang kemudian oleskan pada wajah, setelah itu diamkan hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air berisih atau dengan handuk atau kapas yang dicelupkan dalam air hangat.

2. Putih telur

Telur mempunyai banyak manfaat diantaranya untuk kesehatan dan kecantikan. Telur dapat dimanfaatkan untuk menngurangi minyak diwajah, menghilangkan jerawat, mengatasi rambut rontok, dan manfaat lainyya.

Tidak ketinggalan juga manfaat telur khususnya putih telur adalah menghilangkan komedo. Sebelum kalian menggunakan putih telur untuk wajah khususnya menghilangkan komedo, harus siap-siap tahan gara-gara bau amis dari telur cukup membuat pusing. Oleh karena itu, pada saat menggunakan putih telur ada baiknya ditambahkan dengan madu.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ini selalu hadir dalam solusi kecantikan. Meskipun berbentuk kecil, tapi manfaat yang diberikan luar biasa besarnya. Jeruk nipis ini dapat membantu untuk mencerahkan dan menyegarkan wajah. Selain itu juga jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo baik blackhead komedo atau whitehead komedo. Coba deh rutin mengoleskan jeruk nipis minimal seminggu dua kali, mudah-mudahan komedo kamu hilang tanpa sisa.

4. Yogurt

Ada yang doyan dengan yogurt? Tau juga nggak manfaat dari yogurt bukan hanya untuk kesehatan dalam tubuh seperti melancarkan pencernaan melainkan dapat juga membantu untuk menghilangkan komedo yang membandel.

Coba deh aplikasikan yogurt ke wajah kalian secara rutin, maka kulit wajah akan lembut dan dan terjaga kelembabannya. Yogurt yang diaplikasikan ke wajah juga bisa mengangkat komedo dengan cepat. Pokoknya harus rutin dalam melakukan perawatan.

5. Pisang

Buah yang murah dan mudah banget dicari ini mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Oia, biasanya kalo kita mengkonsumsi pisang pasti kulit nya dibuang deh.

Lain kali kalo lagi pada makan pisang coba deh kumpulin kulitnya karena kulit pisang itu bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Jerawat aja bisa hilang dengan kulit pisang, coba kalo daging pisangnya kita pake untuk menghilangkan komedo pasti langsung kabur deh komedonya.

Nggak akan pernah bosen aku bilangin kalo perawatan untuk wajah itu harus, kudu, wajib hukumnya rutin. Kalo nggak rutin atau males-malesan yang ada komedo juga males-malesan deh pergi dari wajah kalian. Selamat mencoba cara menghilangkan komedo ini ya..

  • Share
hit tracker