Cara Menjalankan Android for PC

  • Share
Android For Pc
Android For Pc

Android for PC memang sepertinya suatu hal yang mustahil. Pasalnya sistem operasi satu ini memang dikhususkan untuk dipasang di perangkat ponsel pintar maupun tablet.

Akan tetapi ternyata ada beberapa pengembang yang mencoba membuat sebuah aplikasi yang berjalan di pc dan bisa di-install dengan sistem operasi android.

Tentunya hal ini akan menjadi solusi bagi mereka yang belum bisa memiliki ponsel pintar berbasis android untuk bisa merasakan bagaimana sistem operasi milik Google ini.

Sama halnya dengan ponsel pintar berbasis android, android for pc ini bisa dijalankan sebagaimana ponsel android yang ada.

Secara umum semua aplikasi dapat di-install di pc yang bisa diambil dari Google Play. Hanya saja tampilannya akan sedikit lebih besar karena dioperasikan di dalam pc.

Walaupun begitu, sistem operasi android ini tidak akan menjadi sistem operasi sebuah pc. Sistem operasi ini akan berjalan di sebuah aplikasi yang diciptakan untuk merekayasa agar android mengenalinya sebagai perangkat mobile.

Jadi tampilannya tidak akan besar dan memenuhi layar pc seutuhnya. Dengan begitu tampilannya akan tetap terlihat nyaman, sama seperti menggunakan tablet.

Cara Menjalankan Android for PC

Untuk mencicipi android for pc berjalan dengan lancar di unit pc yang kita miliki, ada beberapa pilihan aplikasi yang harus di-install terlebih dahulu.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sistem operasi android akan di-install di dalam aplikasi yang akan mengelabuhi android untuk melihat pc itu menjadi sebuah perangkat mobile.

Pilihannya sangat beragam, tinggal menentukan selera saja mana yang pas untuk dicoba. Di bawah ini ada beberapa aplikasi yang akan menjalankan android di pc kita dengan lancar.

BlueStack App Player

Aplikasi yang digunakan untuk menjalankan android for pc sering disebut dengan emulator. BlueStack ini menjadi emulator pertama yang memberikan kemudahan para pengembang dalam mengetes aplikasi android di pc.

Pada awalnya emulator ini hanya digunakan untuk bermain game saja. tapi setelah update terbaru, berbagai aplikasi bisa dijalankan dengan mudah. Emulator ini bisa di-download di situs resminya bluestacks.

YouWave

Emulator ini sama dengan BlueStack. Bisa menjalankan berbagai aplikasi yang ada di Google Play. Bisa di-install dengan sistem operasi terbaru android.

Sayangnya emulator ini bersifat shareware yang mana kita bisa menggunakannya free selama 7 hari. Setelah itu kita harus membayar sebesar $14.99 untuk bisa mendapatkan Activation Key Youwave agar bisa menggunakannya kembali.

Android SDK Tools
Emulator satu ini cocok digunakan bagi mereka yang memang mendalami bahasa pemrograman android.

Maka jangan heran jika dalam menjalankan emulator ini cukup rumit. RAM yang akan terpakai ketika menjalankannya juga cukup besar. Jadi PC bisa hang kalau tidak kuat menjalankan emulator ini.

Itulah tiga emulator yang sering dipakai oleh para pengembang ataupun mereka yang ingin merasakan android tapi belum bisa membelinya. Dengan begitu menjalankan android for pc bukan menjadi suatu hal yang mustahil.

  • Share