Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai

Cara merawat mobil yang jarang dipakai –Mobil merupakan salah satu kendaraan yang tergolong barang mewah sehingga untuk perawatanya pun membutuhkan perhatian yang lebih dan khusus.

Perawatan terhadap mobil harus tetap dilakukan baik dalam keadaan sering dipakai maupun jarang dipakai atau bahkan lama tidak dipakai.

7 Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai Agar Tidak Rusak

Bagi sekian banyak orang yang bekerja dengan menggunakan mobil dinas maupun bekerja diluar kota sering sekali membiarkan mobil mereka tidak terpakai dan hanya disimpan di dalam garasi.

Hal ini dapat menyebabkan turunnya fungsi mobil dan mengakibatkan kerusakan apabila tidak dilakukan perawatan.

Oleh karena itu mobil yang jarang terpakai pun membutuhkan perawatan agar nantinya ketika dipakai akan berfungsi dengan baik dan mudah untuk dikendarai.

Berikut ini beberapa tips tentang cara merawat mobil yang jarang dipakai agar ketika tiba saatnya anda menggunakan mobil anda kembali, mobil anda dalam keadaan siap untuk dibawa kemana-mana.

Kondisikan Mobil dalam Keadaan Bersih

Apabila anda berniat akan pergi dalam jangka waktu yang lama sehingga anda harus meniggalkan mobil di garasi tanpa dipakai, sebaiknya tinggalkan mobil anda dalam keadaan bersih.

Cucilah mobil anda dengan bersih agar tidak ada kotoran yang dapat membuat mobil anda terkena korosi.

Selanjutnya, jangan lupa untuk membersihkan daerah dalam mobil seperti debu dan sampah dengan vakum cleaner agar saat anda menggunakan mobil anda kembali udara di dalam mobil tidak bau dan pengap karena debu dan sampah.

Perhatikan Oli Mesin

Sebelum anda pergi dalam waktu yang cukup lama, isilah mobil anda dengan oli dan pastikan oli dalam mobil cukup agar mesin tetap terawat meskipun mobil dalam keadaan tidak terpakai.

Lepaslah Kutub Aki

Melepas baterai aki dari terminalnya akan menghindari adanya konselet pada mobil, apabila mobil ditinggal pada waktu yang lama. Apabila terjadi konselet karena aki, mobil dapat terbakar dengan sendirinya.

Lepaskan Rem Tangan maupun Parker

Langkah selanjutnya dalam merawat mobil yang akan ditinggal lama yaitu bebaskan atau lepaskan rem tangan pada mobil agar piston rem tromol di belakang mobil tidak melengket.

Gunakan Busa atau Kain untuk Melapisi Wiper

Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban wiper sehingga karet wiper tidak mengeras dan rusak. Apabila karet wiper kaku dan mengeras tentunya akan membuat goresan pada kaca mobil dan tentunya wiper tidak berfungsi dengan baik.

Berikan Pengharum pada Mobil

Hal ini bertujuan untuk memberikan keharuman pada mobil yang akan ditinggal sehingga pada saat anda akan menggunakan mobil anda kembali, anda tidak akan mencium bau tidak sedap pada mobil anda.

Selain itu usahakan untuk menutup mobil anda agar kotoran dan debu tidak dapat memasuki mobil anda.

Penuhi Bahan Bakar Mobil Anda

Cara merawat mobil yang jarang dipakai yang terakhir yaitu penuhi mobil dengan bahan bakar. Jadi sebelum anda meninggalkan mobil anda dalam waktu yang lama, pastikan untuk memenuhi tangki mobil anda dengan bahan bakar yang biasa anda gunakan.

Hal ini bertujuan untuk tidak menyisakan ruang udara pada tangki bagian dalam yang bisa menimbulkan embun ketika dalam keadaan dingin (malam hari).

Hal ini karena embun yang ada didalam tangki akan mencair apabila kondisi cuaca panas sehingga akan mempengaruhi kinerja mesin pada mobil.

Sekian uraian tentang cara merawat mobil, semoga bermanfaat.


Leave a Comment