Cara Meredupkan Cahaya Laptop

Cara Meredupkan Cahaya Laptop

Cahaya laptop yang terlalu terang bisa sangat mengganggu mata. Setelah beberapa jam menatap layar, Anda mungkin mulai merasakan mata lelah, sakit kepala, atau susah tidur. Nah, bagaimana cara meredupkan cahaya laptop agar nyaman dipandang dan tidak membuat mata cepat lelah?

Kami akan membagikan beberapa cara mudah dan efektif untuk mengurangi intensitas cahaya yang dipancarkan layar laptop, baik menggunakan pengaturan bawaan laptop maupun aplikasi tambahan. Dengan menerapkan cara-cara ini, Anda bisa terus produktif menggunakan laptop tanpa takut silau atau cepat lelah.

Read More

Atur Kecerahan Layar Laptop

Cara paling mudah untuk meredupkan laptop adalah dengan mengatur kecerahan layarnya. Semua laptop dilengkapi fitur untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar. Anda bisa menemukan pengaturan ini pada panel kontrol laptop.

Pada laptop Windows, buka Settings > System > Display. Lalu geser panel “Change brightness level” ke kiri untuk mengurangi kecerahan. Atau tekan tombol Fn + F11/F12 untuk mengatur kecerahan tanpa membuka pengaturan.

Sementara pada laptop Mac, buka System Preferences > Displays > Brightness. Geser ke kiri untuk menurunkan kecerahan layar. Atau gunakan keyboard shortcut F14/F15.

Menurunkan kecerahan layar bisa langsung membuat tampilan laptop jadi lebih redup dan nyaman untuk mata. Coba atur ke level yang paling nyaman buat Anda.

Aktifkan Night Light/Night Shift

Fitur Night Light di Windows atau Night Shift di Mac bisa membantu meredam cahaya biru dari layar yang membuat mata lelah. Fitur ini akan menambahkan filter oranye pada layar untuk memblokir sebagian cahaya biru.

Aktifkan Night Light di Windows dengan buka Settings > System > Display > Night Light. Centang opsi “Turn on now” dan “Turn on at sunset”. Anda juga bisa mengatur waktu aktif Night Light sesuai preferensi.

Sementara di Mac, Night Shift bisa diaktifkan di System Preferences > Displays > Night Shift. Centang opsi “Turn on until sunrise” agar otomatis menyala saat malam hari.

Gunakan fitur ini saat menggunakan laptop di malam hari agar mata lebih rileks.

Pasang Aplikasi Pengatur Cahaya

Selain pengaturan bawaan laptop, Anda juga bisa pasang aplikasi tambahan untuk mengontrol tampilan layar. Beberapa aplikasi yang bisa dicoba antara lain f.lux (Windows/Mac), Iris (Windows), atau Dimmer (Mac).

Aplikasi-aplikasi ini menyediakan pengaturan lebih detail untuk mengontrol suhu warna, kecerahan, kontras, dan aspek tampilan lainnya. Anda bisa mengatur profil khusus untuk kondisi pencahayaan berbeda seperti siang hari, sore hari, atau malam hari.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda bisa mendapatkan kualitas tampilan yang lebih nyaman dan sesuai kebutuhan. Coba eksperimen dengan beberapa aplikasi untuk menemukan yang paling sesuai.

Kurangi Kontras Layar

Tingkat kontras yang terlalu tinggi pada layar laptop juga bisa membuat mata cepat lelah. Kontras adalah perbedaan antara bagian terang dan gelap pada layar.

Anda bisa mengurangi kontras untuk mendapatkan tampilan yang lebih redup. Caranya adalah dengan membuka pengaturan layar laptop, lalu turunkan nilai kontrasnya.

Di laptop Windows, atur di Settings > System > Display > Advanced display. Di Mac, buka System Preferences > Displays > Color > Calibrate lalu turunkan nilai kontrast.

Mengurangi kontras akan mengurangi perbedaan antara bagian terang dan gelap sehingga tampilan jadi lebih redup dan nyaman untuk mata.

Pasang Screen Protector atau Filter Layar

Anda juga bisa memasang screen protector atau filter khusus untuk laptop yang bisa meredam cahaya sekaligus melindungi layar dari goresan.

Ada screen protector yang sudah dilapisi filter biru atau oranye untuk menghalau cahaya biru. Anda juga bisa pilih jenis anti-glare agar tampilan jadi lebih redup dan tidak silau.

Namun, sebelum memasang screen protector, pastikan tidak menganggu kualitas gambar pada layar laptop karena beberapa jenis bisa membuat tampilan jadi buram. Pilihlah screen protector dari merek terpercaya dengan kualitas optik terbaik.

Atur Mode Performa Rendah

Laptop dengan spesifikasi tinggi cenderung memiliki tampilan yang lebih terang dan tajam. Salah satu cara meredupkan laptop adalah dengan mengatur agar bekerja dalam mode performa rendah.

Anda bisa mengatur mode hemat baterai agar laptop otomatis menurunkan kecerahan dan memilih pengaturan tampilan yang lebih redup. Cara mengaktifkan mode hemat baterai berbeda pada setiap merk laptop.

Menjalankan laptop pada mode rendah juga bisa membantu mengurangi konsumsi baterai. Jadi Anda mendapat dua manfaat sekaligus.

Matikan Animasi dan Efek Visual

Animasi seperti parallax scrolling, transition, dan efek visual lainnya pada laptop juga bisa membebani mata. Oleh karena itu, nonaktifkan seluruh animasi dan efek yang tidak perlu.

Ini bisa dilakukan dengan membuka advanced system settings pada Windows atau menggunakan aplikasi pengaturan sistem seperti TinkerTool pada Mac. Nonaktifkan parallax effect, icon bounce, dan animasi lainnya.

Hal ini akan membuat tampilan laptop jauh lebih stabil sehingga nyaman dipandang dalam waktu lama.

Jaga Jarak Pandang yang Aman

Selain mengatur laptopnya, Anda juga perlu memperhatikan kebiasaan saat menggunakannya. Salah satunya adalah dengan menjaga jarak pandang yang aman.

Idealnya, jarak mata ke layar laptop sekitar 45-70 cm. Hindari memandangi layar dalam jarak dekat untuk waktu lama agar mata tidak cepat lelah. Tingkatkan layar laptop agar sejajar dengan mata.

Menjaga postur tubuh yang baik juga penting agar leher dan punggung tidak cepat pegal saat menggunakan laptop. Sesuaikan ketinggian laptop, kursi, dan meja untuk kenyamanan tubuh.

Dengan begitu, Anda bisa menikmati laptop tanpa rasakan ketegangan pada area leher dan bahu.

Istirahatkan Mata Secara Teratur

Meski sudah mengatur laptop agar redup, tetap perlu istirahatkan mata secara berkala agar tidak cepat lelah. Ikuti aturan 20-20-20, yakni setiap 20 menit istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat benda setidaknya 20 kaki jauhnya.

Anda juga disarankan melakukan peregangan leher, bahu, dan punggung setiap 40-50 menit sekali saat menggunakan laptop agar otot tidak kaku. Pijat area mata secara lembut juga bisa membantu meringankan ketegangan.

Dengan menerapkan kedua cara ini, Anda bisa terhindar dari mata lelah dan pegal akibat terlalu lama menatap layar laptop. Produktivitas jadi lebih maksimal tanpa gangguan.

Nah, itulah beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan untuk meredupkan cahaya laptop yang terlalu menyilaukan mata. Cukup terapkan langkah-langkah di atas, laptop Anda pun menjadi lebih nyaman digunakan dalam waktu lama. Selamat mencoba!

Related posts