Cek Bansos Penerima PKH dan BPNT Hingga Kartu Prakerja

Bagi Bagi Uang Lewat Aplikasi

Pemerintah akan kembali memberikan bantuan sosial (Bansos) mulai Januari 2023 yang bisa di cek secara online dan aplikasi cek bansos.

Bantuan tersebut berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Progam Keluarga Harapan (PKH), Bantuan PIP), KIS PBI, BLT Dana Desa, dan Prakerja.

Bantuan PKH akan diberikan kepada 10 juta keluarga di seluruh Indonesia dengan besaran yang berbeda untuk ibu hamil, anak sekolah, penderita disabilitas berat dan lansia.

Bantuan BPNT akan diberikan sebanyak Rp200 ribu per bulan kepada keluarga yang layak. Masyarakat yang ingin mengetahui nama penerima bantuan dapat mengecek melalui link yang tersedia dengan menyiapkan KTP sebagai rujukan.

Berikut 5 Bansos Januari 2023 yang bisa di cek secara online lewat cekbansos.kemensos.go.id.

Bantuan Progam Keluarga Harapan (PKH)

Pemerintah akan terus memberikan Bantuan Progam Keluarga Harapan (PKH) di tahun 2023. Target penerima bantuan PKH adalah 10 juta keluarga di seluruh Indonesia.

Namun, proses verifikasi kelayakan masih terus dilakukan oleh pemerintah daerah sehingga masih ada kemungkinan penerima yang tidak layak tidak menerima bantuan.

Pemerintah akan memberikan anggaran Rp3.000.000 per tahun untuk ibu hamil dan usia dini, Rp900.000 per tahun untuk siswa SD, Rp1.500.000 untuk siswa SMP, Rp2.000.000 per tahun untuk siswa SMA, dan Rp2.400.000 per tahun untuk penderita disabilitas berat dan lansia 70 tahun ke atas.

CEK DISINI

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Pemerintah akan memberikan bantuan pangan non-tunai atau sembako mulai Januari 2023. Target penerima bantuan ini adalah 18,8 juta keluarga di seluruh Indonesia dengan besaran bantuan Rp200.000 per bulan.

Mekanisme penyalurannya bervariasi, ada yang diberikan melalui PT. Pos Indonesia secara tunai, ada yang melalui kartu KKS atau bank penyalur.

Bantuan akan diberikan dalam bentuk saldo e-wallet dan KPM harus menggunakannya untuk membeli beras dan bahan pangan lainnya di e-warong.

Namun, jika bantuan tidak digunakan dalam bulan tersebut, maka nilai bantuan akan tetap tersimpan dan terakumulasi.

CEK DISINI

Bantuan Progam Indonesia Pintar (PIP)

Pemerintah akan kembali memberikan Bantuan Progam Indonesia Pintar (PIP) di tahun 2023. Target penerima bantuan PIP adalah 17,9 juta siswa dari jenjang pendidikan SD hingga SMA.

Pada tahun 2022, proses penyalurannya dibagi menjadi tiga termin dan termin terakhir akan dicairkan mulai bulan Oktober hingga Desember.

Namun, saat ini bantuan PIP masih belum memenuhi kuota 17,9 juta penerima, sehingga masih ada kemungkinan proses pencairan bantuan PIP di penghujung tahun 2022.

Bantuan PIP untuk jenjang SD dan SMP diberikan melalui bank penyalur BRI dan untuk jenjang SMA dan SMK diberikan melalui bank penyalur BNI.

CEK DISINI

Bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Pemerintah akan memberikan bantuan iuran BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Penerima bantuan ini akan dibebaskan dari pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Kuota bantuan BPI di tahun 2022 sebanyak 96,8 juta orang di seluruh Indonesia. Bantuan ini akan diberikan melalui kartu KIS BPJS Kesehatan yang hanya dapat digunakan untuk berobat secara gratis di beberapa fasilitas kesehatan yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Pemilik kartu KIS BPJS juga berkesempatan untuk mendapatkan skema bantuan sosial lain seperti PKH, BPNT, PIP, dan KIP Kuliah.

CEK DISINI

BLT Dana Desa dan Prakerja

Pemerintah akan menyalurkan bantuan sebesar Rp300.000 kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan. Program ini akan dilanjutkan pada tahun 2023, Desa dapat menganggarkan bantuan ini sebesar 25% dari total anggaran.

CEK DISINI

Bantuan akan disalurkan melalui kartu Prakerja dan sudah disalurkan sebanyak 47 gelombang. Masyarakat yang belum menerima bantuan dapat mendaftar di tahun 2023 dengan anggaran Rp5 triliun untuk 1,5 juta pendaftar.


Leave a Comment