Chrome Extension Terbaik untuk Mempermudah Pekerjaan

Google Chrome adalah salah satu web browser yang paling banyak digunakan di dunia termasuk Chrome extension, dengan jumlah pengguna sebanyak 2.65 miliar yang tercatat dalam data yang dipublikasikan oleh Google Chrome Statistics.

Meskipun tidak setiap hari, hampir semua orang pernah menggunakan Chrome untuk berselancar di internet. Hal ini tidak mengherankan, karena Chrome memiliki fitur-fitur yang kuat serta integrasi yang baik dengan Google, sehingga banyak pengguna internet yang memilih browser ini sebagai pilihan utama.

Selain fitur-fitur yang kuat dan integrasi dengan Google, salah satu keunggulan lain dari Google Chrome adalah ketersediaan aplikasi extension.

Aplikasi extension merupakan fitur atau aplikasi tambahan yang dapat diunduh untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Google Chrome memiliki ratusan ribu aplikasi extension yang tersedia. Untuk mengetahui aplikasi extension apa saja yang dapat digunakan di Chrome, baca artikel ini hingga selesai.

Daftar Chrome Extension yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

Untuk meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan potensi Chrome, berikut beberapa rekomendasi extension yang dapat kamu coba.

LastPass

Lupa kata sandi? Tenang, ada LastPass. Extension Chrome ini bisa nyimpen semua kata sandi yang pernah kamu pake di Chrome.

Jadi, gak perlu inget semua kata sandi yang beda-beda lagi. Cukup inget satu master password aja untuk akses LastPass.

Setelah install extension ini, password otomatis keliatan di situs yang kamu buka. Selain itu, kamu juga bisa share kata sandi dengan temen dengan aman.

Pake LastPass gratis, tapi kalo butuh fitur tambahan, bisa subscribe paket premium atau enterprise.

Speechify

Mengalami kesulitan untuk menyelesaikan dokumen meeting atau memahami isi email panjang dari klien dalam waktu singkat?

Install Speechify, sebuah Chrome extension yang dapat membantumu menghemat waktu dengan menggunakan text-to-speech untuk membacakan teks panjang bagimu.

Selain itu, Speechify juga menyediakan fitur pengaturan suara dan kecepatan serta bisa diakses melalui smartphone. Semua fitur yang tersedia di Speechify bisa kamu nikmati secara gratis.

Awesome Screenshot

Awesome Screenshot adalah Chrome extension yang sangat berguna untuk merekam layar atau mengambil tangkapan layar.

Extension ini sudah digunakan oleh lebih dari 2 juta pengguna. Kamu bisa menggunakannya untuk merekam layar dan menyimpannya untuk ditonton ulang di waktu luang, atau untuk membantumu menjelaskan sesuatu kepada rekan kerja dengan cara yang mudah dipahami.

Selain itu, dengan Awesome Screenshot, kamu juga bisa mengambil tangkapan layar hanya dengan satu kali klik, lalu meng-annotasi hasil screenshot-nya dan membagikannya ke rekan kerjamu.

Jadi, jika kamu membutuhkan cara cepat dan efisien untuk merekam layar atau mengambil tangkapan layar, coba akses Awesome Screenshot.

Wordtune

Kesulitan dalam menulis? Coba Wordtune, sebuah Chrome extension yang dapat membantumu. Wordtune adalah situs berbasis AI (Artificial Intelligence) yang dapat memahami apa yang ingin kamu sampaikan.

Extension ini akan memberikan saran pilihan kata, frasa, atau kalimat yang lebih cocok atau memiliki nilai emosional, sehingga pesanmu dapat tersampaikan dengan lebih baik. Wordtune bisa digunakan secara gratis.

Todoist

Todoist adalah Chrome extension yang merupakan salah satu project management tools. Extension ini membantu mengatur jadwal, mencatat detail pekerjaan, dan membuat daftar tugas.

Dengan Todoist, kamu tidak akan lupa akan daftar kegiatan atau pekerjaan yang harus diselesaikan dalam satu hari.

Selain menyediakan to-do-list, Todoist juga memungkinkan kamu membagikan workload ke anggota tim dengan menambahkan anggota atau membagikan tautan.

Kamu juga bisa mempersonalisasikan task-mu dengan beberapa tema, filter, dan label yang tersedia. Extension ini juga dapat dihubungkan dengan email atau Google Calendar sehingga workflow bisa lebih teratur.

Momentum

Momentum adalah Chrome extension yang dapat kamu pasang di browser Chrome-mu. Dengan menggunakan ekstensi ini, kamu bisa mendapatkan sebuah dashboard yang berguna untuk membantumu mengelola tujuan harian.

Selain itu, ekstensi ini juga menampilkan sisi wallpaper yang menyegarkan setiap hari, serta memberikan motivasi dan tips untuk membantumu fokus dan produktif. Kamu bahkan bisa menambahkan tujuan spesifik yang ingin kamu capai ke dashboard-mu.

Wappalyzer

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang teknologi yang digunakan oleh situs web kompetitormu, Wappalyzer bisa jadi jawabannya.

Dengan menggunakan Chrome extension ini, kamu bisa mengetahui CMS (Content Management System) yang digunakan, payment processor atau sistem keuangan yang ada di belakang layar, dan bahkan detail perusahaan lengkap dengan kontaknya. Semua informasi ini bisa sangat berguna bagimu saat melakukan riset terhadap kompetitormu.

Twitter Print Styles

Kamu pasti pernah ngalamin yang namanya nemu thread Twitter yang keren abis, tapi kamu takut kehilangan atau lupa sama thread itu karena banyaknya cuitan lain yang kamu simpan di bookmark.

Nggak perlu khawatir lagi, karena ada Twitter Print Styles yang bisa menyelamatkan hari kamu. Dengan satu klik aja, kamu bisa simpen thread sepanjang apa pun ke dalam bentuk PDF yang mudah dibaca. Jadi, walaupun lagi offline, kamu bisa tetap ngebaca thread yang kamu suka.

Pocket

Apakah kamu sering menemukan artikel atau video yang menarik di internet dan ingin membacanya atau menontonnya kembali suatu saat nanti?

Jika ya, maka Chrome extension bernama Pocket mungkin bisa menjadi solusi untuk masalahmu. Pocket memungkinkanmu untuk menyimpan artikel, video, gambar, atau tautan yang ingin kamu akses kembali di kemudian hari.

Selain itu, Pocket juga memiliki fitur yang memungkinkanmu untuk memisahkan artikel, video, atau gambar-gambar yang telah kamu simpan ke dalam kategori-kategori yang berbeda.

Tampilan Pocket juga cukup menarik sehingga kamu tidak perlu merasa tidak nyaman ketika menggunakannya.

Auto Highlight

Lagi nyari informasi atau baca artikel tapi bingung gimana cara nyimpen bagian yang penting? Jangan ribet-ribet deh nulis catatan atau highlight dokumen, coba aja install Auto Highlight.

Extension yang satu ini bisa bantu kamu nandain bagian penting layaknya kamu pake highlighter di dokumen fisik.

Gampang banget sih cara pakenya, tinggal install aja Auto Highlight di Chrome-mu, trus klik aja ikon highlighter yang ada di toolbar pas kamu nemu bagian yang mau kamu tandain. Simple banget kan?

Itulah beberapa rekomendasi Chrome extension yang bisa kamu coba install. Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui teknologi atau aplikasi apa saja yang bisa membantu kita dalam menjalankan kegiatan atau pekerjaan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk selalu mencari tahu tentang aplikasi atau teknologi yang bisa mempermudah pekerjaan kita.


Leave a Comment