40+ Dekorasi Taman Minimalis Cantik

Punya taman sendiri di rumah pasti jadi impian banyak orang ya. Dengan adanya taman, suasana rumah jadi lebih hijau, sejuk, dan cantik secara estetika. Tapi, kadang keterbatasan lahan jadi kendala saat mau bikin taman. Padahal, tahu kan bahwa punya taman bawa dampak positif banget dalam hidup.

Nah, buat yang punya lahan terbatas, jangan khawatir ya. Kamu masih bisa punya taman yang asri di rumah dengan kreasi dekorasi taman minimalis ini. Meskipun minimalis, taman tetap bisa kelihatan cantik kalau diatur dan dijaga dengan baik. Sekecil apapun ukurannya, asal dirawat dengan baik, pasti bikin mata jadi segar.

Taman minimalis yang kecil dan butuh lahan sedikit ternyata bisa bikin rumah jadi lebih nyaman dan cantik, loh. Biar taman minimalis makin kece, bisa banget kok nambahin dekorasi yang pas.

Ternyata, taman minimalis nggak cuma bisa dibuat di luar rumah aja, lho. Bahkan kalo bisa, kamu bisa bikin taman minimalis di dalam rumah juga, atau yang lagi hits belakangan ini, taman minimalis indoor.

Jadi, buat yang mau bikin taman minimalis baru atau ngerenovasi taman yang udah ada di rumah, yuk, cek inspirasi dekorasi taman minimalis yang bisa kamu tiru buat bikin taman jadi lebih cantik dan berguna.

Dekorasi Taman Minimalis Depan Rumah

Ukuran rumah yang makin kecil ternyata juga berdampak pada luasnya taman di depan rumah, ya. Ada yang punya taman minimalis, bahkan ada yang gak punya ruang buat taman sama sekali. Tapi, tetep aja, ngatur dekorasi taman perlu diperhatiin biar rumahnya tetep keliatan cantik secara keseluruhan.

Ngerapihin taman minimalis di depan rumah, meski kecil dan terbatas, bisa bikin rumah jadi lebih eye-catching, loh. Nah, buat itu, kita punya beberapa inspirasi dekorasi taman depan rumah yang bisa kamu coba aplikasiin.

Dekorasi Taman Minimalis Bergaya Oriental

Dekorasi Taman Minimalis Bergaya Oriental

Dekorasi taman minimalis bergaya oriental tuh salah satu pilihan yang pinter, karena gak butuh banyak perawatan tapi tetep cantik banget.

Biasanya dekorasi taman minimalis bergaya oriental ini punya nuansa alam, kayak bambu, air, dan ada meja kayu plus kursi kecil yang bikin nyaman. Buat taman minimalis kayak gini, pilih aja dekorasi oriental yang pas, taruh di lantai, tanpa perlu ngeluarin banyak duit lagi.

Dekorasi Taman Minimalis dengan Edging

Dekorasi Taman Minimalis Dengan Edging

Teknik edging itu kayak ngasih garis batas buat nandain area tertentu biar keliatan lebih jelas, gitu. Nah, biasanya buat nge-dekor taman minimalis di depan rumah, pake bahan edging yang solid, kayak batu, bata, atau bahan padat lainnya.

Dengan dekorasi taman minimalis kayak edging ini, bisa bikin taman jadi keliatan lebih rapi, cantik, dan teratur. Jadi, taman minimalis depan rumahmu bakal tambah kece dan lebih nyaman diliat.

Air Mancur Sebagai Oase untuk Taman Minimalis

Air Mancur Sebagai Oase Untuk Taman Minimalis

Kesegaran dari suasana alami di taman minimalis nggak cuma dari tanaman dan rumputan aja, loh. Nambahin elemen air kayak kolam, air terjun, atau air mancur mini juga bisa bikin suasana jadi sama segarnya.

Dekorasi taman minimalis dengan air mancur mini kaya gini tuh bisa jadi ide kreatif yang seru banget buat dicoba. Khusus buat taman yang luasnya terbatas, bisa pilih model air mancur yang bisa dipasang di dinding rumah biar nggak makan banyak tempat.

Dengan dekorasi kayak gini, taman minimalismu pasti bakal makin adem dan nyaman. Pastinya, kamu bakal makin betah buat santai dan ngabisin waktu lama-lama di taman.

Makin Gaya dengan Pencahayaan

Makin Gaya Dengan Pencahayaan

Pencahayaan atau lighting tuh salah satu dekorasi yang penting banget buat taman minimalis di depan rumah, apalagi pas malam hari.

Selain buat ngasih cahaya, lampu-lampu yang dipasang di titik-titik strategis juga bisa bikin tampilan rumah jadi makin cantik waktu malam dan bantu bikin taman minimalis depan rumah terlihat lebih luas secara ilusi.

Hadirkan Vertical Garden yang Cantik

Hadirkan Vertical Garden Yang Cantik

Lahan yang terbatas nggak lagi jadi alasan buat gak bisa punya taman yang cantik dan asri, ya. Vertical garden, misalnya, bisa jadi solusi buat bikin taman depan rumah yang unik dan kece, meskipun lahan terbatas.

Taman minimalis kayak gini kan bentuknya vertikal, nempel di pagar atau dinding depan rumah. Dekorasi taman yang model begini lebih gampang diatur dan dipindah-pindahin sesuai dengan ruang yang ada.

Dekorasi Taman Minimalis Indoor

Taman minimalis indoor atau taman di dalam rumah tuh banyak banget digemari, ya, bukan cuma karena bikin suasana sejuk dan cantik aja, tapi juga bisa jadi tempat yang produktif buat menanam bumbu dapur, makanan organik, sampe sayuran alami yang bisa langsung kamu konsumsi.

Ukuran taman minimalis di rumah juga bisa disesuaikan dengan luas lahan yang ada. Jadi, gak perlu khawatir kalo punya rumah mungil dengan lahan terbatas. Nah, buat yang tertarik sama kreasi taman minimalis kayak gini, ada beberapa rekomendasi dekorasi taman yang bakal bikin taman minimalis di rumah jadi makin cantik.

Dekorasi Taman Vertikal yang Hemat Ruang

 

Dekorasi Taman Vertikal Yang Hemat Ruang

Pernah denger istilah vertical garden alias taman gantung atau taman vertikal, gak? Nah, dekorasi taman kayak gini bisa jadi pilihan yang pas buat taman minimalis di rumah yang luasnya terbatas. Karena posisinya yang nempel di dinding, gak bakal habisin banyak ruang, jadi nggak bikin gerak-gerik penghuni rumah terbatas.

Taman kayak gini juga bisa jadi hiasan dinding yang hidup dan gampang diatur. Buat tambah cantik, susun tanamannya berdasarkan warna atau jenisnya. Bikin pola kayak garis-garis atau lingkaran juga bisa bikin taman minimalis di rumah jadi makin kece. Mau coba nggak?

Dekorasi Taman Minimalis dalam Rumah dengan Sentuhan Ala Jepang

Dekorasi Taman Minimalis Dalam Rumah Dengan Sentuhan Ala Jepang

Punya taman minimalis di rumah kadang bisa jadi ribet ya, soalnya harus rajin membersihkan sisa air atau tanah yang berceceran pas lagi nyiram. Tapi, buat yang males ribet, coba deh dekorasi taman minimalis dengan gaya ala Jepang yang biasanya pake tanaman hijau dan bebatuan.

Taman yang di-dekorasi kayak gini keliatan lebih rapi, dan nggak perlu repot bersihin tanah yang berceceran tiap hari. Selain itu, dekorasi taman minimalis ala Jepang juga bikin suasana jadi lebih sejuk dan asri. Cocok banget buat konsep taman indoor yang bisa bikin rumah jadi makin adem.

Dekorasi Taman Minimalis Menggunakan Pot yang Unik

Dekorasi Taman Minimalis Menggunakan Pot Yang Unik

Cara yang paling mudah dalam mendekorasi sebuah taman minimalis di dalam rumah adalah dengan menggunakan pot-pot yang unik. Jika biasanya pot berbentuk bulat atau lonjong, kamu bisa menggantinya dengan bentuk-bentuk yang berbeda seperti kotak dan lainnya agar terlihat anti mainstream.

Kamu bahkan bisa menghiasi pot-pot tersebut dengan gambar atau warna sesuai selera, agar taman minimalis dalam rumah jadi makin istimewa. Jika rumahmu termasuk mungil dan sempit, tempatkan saja pot-pot ini di sudut ruangan atau dekat jendela yang tidak mengganggu aktivitas orang.

Dekorasi Taman Dalam Rumah Menggunakan Grow Light

Dekorasi Taman Dalam Rumah Menggunakan Grow Light

Nah, grow light itu namanya udah menggambarkan fungsinya, yakni alat buat bantu pencahayaan di taman indoor atau taman minimalis di dalam rumah. Grow light ini bisa ditemuin dengan berbagai ukuran yang bisa disesuaikan sama keperluan taman minimalis di rumah.

Kalo kamu bingung mau pilih yang mana, lebih baik konsultasiin dulu sama ahlinya. Biar pemasangan grow light-nya jalan dengan efisien dan sesuai sama kebutuhan taman kamu.

Dekorasi Taman Minimalis Murah

Mendekorasi taman minimalis tuh gak selalu harus nguras kocek sampai kering. Dekorasi yang simpel dan hemat aja udah cukup, asal bisa bikin suasana yang diinginkan dan bikin taman jadi makin cantik dipandang.

Bahkan, kamu bisa manfaatin barang-barang bekas yang udah nggak kepake buat jadi dekorasi yang lebih hemat budget. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, barang-barang bekas bisa jadi dekorasi taman minimalis yang unik dan murah, tapi tetep elegan.

Dekorasi Pot Bunga dari Barang Bekas

Dekorasi Pot Bunga Dari Barang Bekas

Banyak banget pilihan elemen dekorasi yang bisa dipilih buat ngerapihin taman minimalis, salah satunya ya dengan meletakin pot yang berisi tanaman atau bunga-bunga yang cantik. Dengan sedikit kreativitas, bisa banget pake pot dari barang bekas buat tanamin bunga atau tanaman yang lain.

Selain lebih irit budget, memanfaatin barang bekas buat jadi pot bunga juga bikin kamu langsung ikut andil dalam menjaga lingkungan. Pot bunga dari barang bekas bisa dibuat dari macem-macem barang, yang penting masih bisa dipake dan didaur ulang.

Dekorasi Rumput Hijau

Dekorasi Rumput Hijau

Rumput itu salah satu bagian penting di taman, loh. Jelas kurang pas kalau taman minimalis cuma tanah gersang tanpa ada rumput hijau yang segar. Buat dekorasi taman minimalis, bisa pilih rumput gajah mini, yang gampang ditanam dan gak butuh perawatan ribet. Jadi, gak perlu setiap hari repot motong rumput.

Harga rumput gajah mini ini juga lebih terjangkau, sekitar 15 ribu sampai 20 ribu per meter persegi. Jadi, kalo taman minimalismu ukurannya cuma 4 meter persegi, tinggal siapin uang Rp 80 ribu buat rumput taman ini.

Kayu Palet Bekas Bisa Jadi Rak Andalan

Kayu Palet Bekas Bisa Jadi Rak Andalan

Dekorasi taman minimalis dari kayu palet bekas tuh juga bisa punya nilai seni yang bagus banget. Palet kayu bekas yang jadi rak bunga bisa jadi pilihan bagus buat dekorasi taman minimalis, karena cuma butuh ruang sedikit aja. Taman minimalismu bakal keliatan lebih rapi dengan dekorasi kaya gini.

Kayu palet bekas ini bisa memberikan sentuhan alami dan rustik yang menarik untuk tampilan tamanmu. Selain itu, penggunaan bahan daur ulang seperti ini juga mendukung konsep ramah lingkungan. Jadi, selain membuat taman terlihat cantik, kamu juga turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

Dekorasi Taman Minimalis dengan Bebatuan

Dekorasi Taman Minimalis Dengan Bebatuan

Taman minimalis ini pake dekorasi dari bebatuan dan kerikil kecil, nih. Meski murah, tapi tetep bikin penampilan taman jadi menarik. Buat yang punya konsep taman kering, dekorasi kayak gini cocok banget. Dengan tanah yang ditutupin kerikil dan bebatuan, taman minimalismu bakal keliatan rapi dan teratur.

Selain itu, penggunaan bebatuan dan kerikil kecil juga bisa mengurangi kebutuhan air untuk taman, karena membantu menjaga kelembaban tanah dan mencegah tumbuhan dari kekeringan. Jadi, selain hemat budget, dekorasi ini juga mendukung kesinambungan lingkungan dengan cara mengurangi konsumsi air yang berlebihan.

Dekorasi Taman Minimalis Yang Cantik dan Inspiratif

Nah, gimana, dari beberapa ide kreatif dekorasi taman rumah minimalis yang udah kita bahas tadi, mana yang bikin kamu tertarik?

Sebelum mulai dekorasi taman, pastikan dulu kamu udah sesuaikan sama budget dan situasi, serta desain taman yang pengen kamu buat buat rumah kesayanganmu.

Semoga bermanfaat, ya !