Exif Tool: Apa Itu, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Exif Tool

Apakah kamu pernah mendengar istilah exif tool? Adalah sebuah aplikasi atau perpustakaan Perl yang bisa digunakan untuk membaca, menulis, dan mengedit informasi meta dalam berbagai jenis file. Informasi meta adalah informasi tambahan yang tersimpan dalam file, seperti tanggal, lokasi, kamera, pengaturan, dan lain-lain.

Exif tool mendukung banyak format file yang berbeda, seperti JPEG, TIFF, PNG, PDF, RAW, dan lain-lain. Juga mendukung banyak format informasi meta yang berbeda, seperti EXIF, GPS, IPTC, XMP, JFIF, MakerNotes, GeoTIFF, ICC Profile, Photoshop IRB, FlashPix, AFCP , ID3 , Lyrics3 , dan lain-lain.

Read More

Exif tool adalah aplikasi yang sangat berguna bagi kamu yang suka berkecimpung di dunia fotografi atau multimedia. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melihat informasi detail tentang file yang kamu miliki atau buat. Kamu juga bisa mengubah atau menghapus informasi meta yang tidak diinginkan atau salah.

Apa Itu Exif Tool?

Exif tool adalah singkatan dari Exchangeable Image File Tool adalah sebuah aplikasi photo metadata viewer atau perpustakaan Perl yang dibuat oleh Phil Harvey pada tahun 2003 dan dirancang untuk membaca, menulis, dan mengedit informasi meta dalam berbagai jenis file.

Informasi meta adalah informasi tambahan yang tersimpan dalam file bersama dengan data utama. Informasi meta bisa berisi berbagai macam informasi tergantung pada jenis file dan formatnya.

Misalnya, untuk file gambar atau foto digital, informasi meta bisa berisi tanggal pengambilan gambar, lokasi geografis (GPS), model kamera atau lensa yang digunakan, pengaturan eksposur atau fokus (aperture , shutter speed , ISO , dll), orientasi gambar (portrait atau landscape), resolusi gambar (pixel), ukuran file (byte), hak cipta (copyright), dan lain-lain.

Informasi meta ini bisa sangat berguna bagi kamu yang ingin mengetahui detail tentang file yang kamu miliki atau buat. Kamu bisa melihat informasi ini dengan menggunakan exif tool atau aplikasi lain yang mendukung format informasi meta tertentu.

Fungsi dan Kelebihan Exif Tool

Exif tool memiliki banyak fungsi dan kelebihan yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan fotografi atau multimedia. Berikut adalah beberapa fungsi dan kelebihan exif tool yang perlu kamu ketahui:

Membaca informasi meta

Exif tool bisa membaca informasi meta dari berbagai jenis file dengan format informasi meta yang berbeda-beda. Exif tool bisa menampilkan informasi meta ini dalam bentuk teks di layar komputer atau menyimpannya dalam bentuk file teks terpisah.

Menulis informasi meta

Exif tool bisa menulis informasi meta ke dalam file yang kamu inginkan. Kamu bisa menambahkan, mengubah, atau menghapus informasi meta yang ada dalam file. Kamu juga bisa menyalin informasi meta dari file yang satu ke file yang lain.

Mengedit informasi meta

Exif tool bisa mengedit informasi meta dengan cara yang fleksibel dan kustomisasi. Kamu bisa mengubah format, nama, nilai, atau kelompok informasi meta sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu juga bisa melakukan operasi matematika, logika, atau string pada informasi meta.

Mengubah nama file

Exif tool bisa mengubah nama file berdasarkan informasi meta yang ada dalam file. Kamu bisa membuat aturan atau pola untuk mengubah nama file sesuai dengan informasi meta tertentu. Misalnya, kamu bisa mengubah nama file foto berdasarkan tanggal pengambilan gambar, model kamera, atau lokasi geografis.

Menggeser tanggal/waktu

Exif tool bisa menggeser tanggal/waktu yang ada dalam informasi meta sesuai dengan selisih waktu yang kamu tentukan. Kamu bisa menggunakan fungsi ini untuk menyelaraskan tanggal/waktu antara file-file yang berbeda atau antara file dengan zona waktu yang berbeda.

Menyortir file

Exif tool bisa menyortir file berdasarkan informasi meta yang ada dalam file. Kamu bisa membuat aturan atau kriteria untuk menyortir file sesuai dengan informasi meta tertentu. Misalnya, kamu bisa menyortir file foto berdasarkan resolusi gambar, ukuran file, atau orientasi gambar.

Menampilkan output

Exif tool bisa menampilkan output dari proses membaca, menulis, atau mengedit informasi meta dalam bentuk teks di layar komputer atau menyimpannya dalam bentuk file teks terpisah. Kamu bisa memilih format, tata letak, dan detail output sesuai dengan keinginan kamu.

Cara Menggunakan Exif Tool

Exif tool adalah aplikasi atau perpustakaan Perl yang bersifat platform-independen. Artinya, exif tool bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, atau Unix. Namun, cara menginstal dan menjalankan exif tool bisa berbeda-beda tergantung pada sistem operasi yang kamu gunakan.

Untuk menginstal exif tool, kamu bisa mengunduh versi terbaru dari situs resmi exif tool di https://exiftool.org/.

Di situs ini, kamu juga bisa menemukan dokumentasi lengkap tentang exif tool, termasuk daftar format file dan informasi meta yang didukung oleh exif tool.

Untuk menjalankannya, kamu perlu membuka aplikasi terminal atau command prompt di komputer kamu. Terminal atau command prompt adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk menjalankan perintah-perintah tertentu di komputer kamu.

Untuk menggunakan tool ini, kamu perlu mengetikkan perintah-perintah tertentu di terminal atau command prompt sesuai dengan fungsi yang ingin kamu lakukan. Perintah-perintah ini biasanya terdiri dari nama aplikasi (exiftool), opsi-opsi ( – ), argumen-argumen (file), dan nilai-nilai (informasi meta).

Berikut adalah contoh-contoh perintah exif tool untuk beberapa fungsi umum:

  • Membaca informasi meta: Untuk membaca informasi meta dari sebuah file, kamu cukup mengetikkan nama aplikasi (exiftool) diikuti dengan nama file yang ingin kamu baca.
  • Menulis informasi meta: Untuk menulis informasi meta ke dalam sebuah file, kamu perlu mengetikkan nama aplikasi (exiftool) diikuti dengan opsi – , nama informasi meta yang ingin kamu tulis, tanda sama dengan (=), nilai informasi meta yang ingin kamu tulis, dan nama file yang ingin kamu tulis.
  • Mengedit informasi meta: Untuk mengedit informasi meta dalam sebuah file, kamu perlu mengetikkan nama aplikasi (exiftool) diikuti dengan opsi – , nama informasi meta yang ingin kamu edit, tanda sama dengan (=), nilai baru yang ingin kamu masukkan, dan nama file yang ingin kamu edit.
  • Mengubah nama file: Untuk mengubah nama file berdasarkan informasi meta yang ada dalam file, kamu perlu mengetikkan nama aplikasi (exiftool) diikuti dengan opsi -d , format tanggal/waktu yang ingin kamu gunakan, opsi – , nama informasi meta yang ingin kamu gunakan, dan nama file atau folder yang ingin kamu ubah.
  • Menggeser tanggal/waktu: Untuk menggeser tanggal/waktu yang ada dalam informasi meta sesuai dengan selisih waktu yang kamu tentukan, kamu perlu mengetikkan nama aplikasi (exiftool) diikuti dengan opsi – , nama informasi meta yang ingin kamu geser, tanda sama dengan (=), selisih waktu yang ingin kamu gunakan dalam format jam:menit:detik, dan nama file atau folder yang ingin kamu geser.
  • Menyortir file: Untuk menyortir file berdasarkan informasi meta yang ada dalam file, kamu perlu mengetikkan nama aplikasi (exiftool) diikuti dengan opsi -r , opsi -d , lokasi folder tujuan yang ingin kamu gunakan, opsi -o , format penamaan folder atau file yang ingin kamu gunakan berdasarkan informasi meta tertentu, dan nama file atau folder yang ingin kamu sortir.
  • Menampilkan output: Untuk menampilkan output dari proses membaca, menulis, atau mengedit informasi meta dalam bentuk teks di layar komputer atau menyimpannya dalam bentuk file teks terpisah, kamu perlu mengetikkan nama aplikasi (exiftool) diikuti dengan opsi -S , opsi -w , format penamaan file teks yang ingin kamu gunakan, dan nama file atau folder yang ingin kamu proses.

Exif tool adalah aplikasi atau perpustakaan Perl yang bisa digunakan untuk membaca, menulis, dan mengedit informasi meta dalam berbagai jenis file. Exif tool memiliki banyak fungsi dan kelebihan yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan fotografi atau multimedia.

Untuk menggunakannya, kamu perlu menginstal dan menjalankannya di komputer kamu dengan menggunakan terminal atau command prompt. Kamu juga perlu mengetikkan perintah-perintah tertentu sesuai dengan fungsi yang ingin kamu lakukan.

Related posts