Fitur Google Play Protect Cegah Malware di Aplikasi Play Store

Quick Heal Security Labs baru-baru ini melaporkan bahwa virus Joker telah menyusup ke setidaknya delapan aplikasi di Google Play Store. Untungnya, Google bertindak cepat dan menghapus delapan aplikasi tersebut. Gunakan fitur Google Play Protect jika Anda khawatir menginstal aplikasi yang terinfeksi malware secara tidak sengaja.

Pengguna Android disarankan untuk menggunakan fitur Play Protect untuk membantu melindungi perangkat mereka dari aplikasi berbahaya, menurut laman support.google.com. Pernyataan Google di halaman tersebut berbunyi, “Google Play Protect membantu Anda menjaga perangkat Anda tetap aman dan terlindungi.”

Pengguna dapat memeriksa keamanan aplikasi dari Google Play Store sebelum mengunduhnya menggunakan fitur Play Protect. Fitur ini juga dapat mendeteksi aplikasi yang mungkin mengandung malware (malicious software) dari sumber lain. Google Play Protect juga akan memberi tahu pengguna saat aplikasi berbahaya terdeteksi dan jika pengguna setuju akan menghapusnya dari perangkat.

Fitur Play Protect di Google Play Store tidak hanya dapat memperingatkan pengguna tentang aplikasi berbahaya, tetapi juga dapat memperingatkan mereka tentang aplikasi yang ditemukan melanggar kebijakan perangkat lunak yang tidak penting, serta aplikasi yang ditemukan untuk mengakses informasi pribadi pengguna. melanggar Kebijakan Pengembang aplikasi Android.

Periksa status keamanan aplikasi yang diinstal pada perangkat Android Anda menggunakan metode berikut:

  • Di perangkat Android Anda, buka aplikasi Google Play Store
  • Ketuk ikon profil di sudut kanan atas
  • Pilih “Play Protect”
  • Google Play Protect diaktifkan secara default. Jika dinonaktifkan, Anda akan melihat pesan yang mengatakan, “Aktifkan pemindaian Play Protect”. Aktifkan Play Protect untuk memeriksa aplikasi yang bukan dari Play Store demi keamanan Anda. Aplikasi Play dipindai secara otomatis.”
  • Untuk mengaktifkan Play Protect, ketuk “Aktifkan” atau “hidupkan”
  • Pengguna juga dapat menonaktifkan fitur ini, meskipun hal ini tidak disarankan karena risiko infeksi malware. Nonaktifkan opsi “Pindai aplikasi dengan Play Protect” dan opsi “Tingkatkan deteksi aplikasi berbahaya” dengan mengklik ikon pengaturan di sudut kiri atas.

Pengguna Google juga dapat menggunakan fitur Play Protect untuk memeriksa aplikasi yang tidak dikenal di Google Play Store. Jika pengguna memilih untuk menginstal aplikasi dari sumber selain Google Play Store, mengaktifkan setelan “Tingkatkan deteksi aplikasi berbahaya” atau “Tingkatkan deteksi aplikasi berbahaya” memungkinkan Google Play Protect mengirim aplikasi yang tidak dikenal ke Google untuk perlindungan terhadap aplikasi berbahaya.

Saat pengguna menginstal aplikasi, Google Play Protect memeriksanya. Fungsi ini juga memindai perangkat secara teratur. Jika Play Protect mendeteksi aplikasi yang berpotensi berbahaya, ia akan mengeluarkan peringatan kepada pengguna dalam bentuk notifikasi. Untuk mencopot pemasangan aplikasi, ketuk pemberitahuannya lalu Copot pemasangan.

Aplikasi juga akan dinonaktifkan hingga pengguna menghapusnya dengan Google Play Protect. Fitur ini akan secara otomatis menghapus aplikasi, meskipun tidak diperlukan. Jika aplikasi berbahaya terdeteksi, pengguna mungkin menerima pemberitahuan yang menunjukkan bahwa aplikasi telah dihapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.