Tekno  

Inilah 5 Fungsi Mode Pesawat yang Jarang Diketahui

Fungsi mode pesawat pada sebuah ponsel, hanya akan digunakan pada saat akan memasuki pesawat terbang.

Biasanya mode pesawat terbang atau airplane mode memiliki icon berupa pesawat dan hal ini digunakan apabila pengguna ponsel ingin tetap menggunakannya di dalam pesawat pada saat penerbangan pesawat terbang.

Lalu apakah hanya untuk perjalanan menggunakan peswat terbang saja kita menggunakan airplane mode ini?Jawabnnya adalah tidak.

Anda bisa menggunakan mode pesawat ini untuk membantu ponsel atau smartphone dalam menghemat daya misalnya dan masih ada lagi fungsi rahasia dari airplane mode ini.

Berikut adalah beberapa fungsi mode pesawat atau airplane mode yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Fungsi Mode Pesawat Pada Hp
Fungsi Mode Pesawat Pada HP (Foto shutterstock.com)

1. Menghemat daya baterai

Seperti yang telah disebutkan diatas salah satu fungsi lain dari mode pesawat atau airplane mode salah satunya adalah untuk menghemat daya ponsel.

Hal ini bisa dilakukan ketika daya baterai dari ponsel mulai menunjukan notifikasi akan habis namun tidak membawa charger atau powerbank misalnya dan perjalanan masih jauh atau untuk menghubungi seseorang karena tidak tahu alamat tujuan.

Untuk menghemat daya baterai ponsel bisa mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode untuk menghemat daya ponsel yang ada.

Ketika mengaktifkan mode ini beberapa sistem yang berjalan di smartphone akan berhenti. Dengan demikian daya baterai yang digunakan oleh ponsel memerlukan daya yang lebih sedikit sehingga cadangan daya yang ada di baterai akan lebih banyak.

2. Memperkuat Sinyal

Pernahkah Anda merasa kesal ketika sinyal jaringan tiba-tiba menghilang?

Jika Anda mengalaminya kembali, mungkin cara ini dapat menjadi alternatif untuk mengatasinya.

Dengan mengaktifkan airplane mode jaringan akan terputus dan saat airplane mode di non aktifkan maka perangkat akan secara otomatis mencari jaringan baru.

3. Mempercepat Isi Ulang Baterai

Ketika mengisi daya baterai ponsel ingin lebih cepat, maka bisa mengaktifkan mode pesawat ini. Cara kerjanya sama yaitu memastikan bahwa beberapa proses yang berjalan di background akan mati dan mempercepat pada saat pengisian daya ke baterai smartphone anda.

4. Menghindari Gangguan

Terkadang ketika Anda sedang berkonsentrasi terhadap suatu hal, smartphone yang selalu membunyikan notifikasi memang cukup menjadi gangguan.

Nah, dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan fitur airplane mode untuk mengatasinya. Dengan mengaktifkan airplane mode, maka tidak akan ada notifikasi yang muncul yang biasanya berasal dari aplikasi yang terhubung ke internet/ jaringan.

5. Mempercepat Kinerja Andoid

Mungkin anda pernah mengalami bahwa perangat android yang anda gunakan mengalami pelambatan kinerja alias lelet. Hal ini biasanya terjadi karena adanya lalulintas data yang berjalan pada smartphone yang digunakan.

Untuk mengatasinya anda bisa menggunkan mode pesawat ini, dengan demikian lalu lintas data yang sedang berjalan pada samrtphone akan berhenti dan akan meningkatkan kinerja smartphone android anda.

Wah ternyata selain berfungsi pada saat penerbangan dipesawat, airplane mode ini dapat difungsikan untuk hal lainnya. Jika diantara anda ada yang menglami hal diatas maka fungsi mode pesawat ini bisa menjadi alternatifnya.