Google Ganti File APK Jadi AAB, Apa Untungnya Buat Pengguna

  • Share
Google Ganti Fileapk Jadi Aab
Google Ganti Fileapk Jadi Aab

Efek Bagi Pengembang

Menurut Google, manfaat bagi pengembang adalah memungkinkan mereka untuk lebih mudah mengontrol berbagai aspek aplikasi. Akibatnya, mereka memiliki kontrol penuh atas bagaimana pembaruan aplikasi didistribusikan. Hasilnya, mereka dapat membuat proses pembaruan aplikasi lebih efisien, memungkinkan pengguna untuk menerimanya lebih cepat.

Namun, pengembang menghadapi kerugian karena tidak dapat mengirimkan aplikasi dalam format .abb ke App stores Android lainnya seperti Amazon App Store atau App Galery Huawei.

Jika ingin mendistribusikan aplikasi di toko lain, mereka harus membuat format aplikasi APK terpisah. Meskipun pengembang tidak diharuskan untuk mengonversi aplikasi mereka dari.apk ke.abb.

Seperti dikutip dari laman Make Use Of yang melaporkan bahwa langkah tambahan ini dapat menyebabkan pengembang membutuhkan waktu lebih lama untuk mendistribusikan aplikasi mereka ke berbagai toko.

Masalah lainnya adalah untuk mengonversi aplikasi mereka dari ABB ke APK, format baru ini memerlukan izin google kunci (App Signing Key). Kunci ini digunakan sebagai jaminan asli bahwa aplikasi dibuat oleh pengembang tertentu.

Baca juga:  Aplikasi Download Lagu Terbaik dan Terlengkap di Android Gratis

Hingga saat ini, pengembang telah menggunakan format APK untuk mendistribusikan aplikasi Android mereka. Namun, pada tahun 2018, Google memperkenalkan format file AAB (*.aab). Ribuan aplikasi telah mengadopsi format baru sejak saat itu. Namun, jutaan aplikasi lainnya masih terus menggunakan format lama.

Hingga Google mengumumkan pada awal Juli bahwa format AAB akan menggantikan semua format file di toko aplikasi mereka. Akibatnya, mulai Agustus, semua aplikasi Google Play Store yang baru terdaftar harus dalam format AAB.

Semua aplikasi yang saat ini tersedia di Play Store dan masih dalam format APK masih dapat diakses. Meskipun, menurut Android Authority, kami tidak tahu berapa lama ini akan berlangsung.

  • Share