Penyebab HP Android Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Hampir semua aktivitas yang kita lakukan setiap hari tidak lepas dari penggunaan handphone. Apalagi bagi sebagian wanita yang bekerja di kantoran. Selain harus menyelesaikan pekerjaan kantor, Anda juga harus bekerja untuk mengurus rumah. Tak heran jika hp android cepat panas karena terlalu sering digunakan.

Saat ini, ponsel sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Jadi jika tidak bisa bekerja dengan baik, itu bisa menghalangi semua pekerjaan. Terutama bagi mereka yang memiliki bisnis online. Atau seorang penulis dengan profesi. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ponsel cepat panas. Selain karena pemakaian terus menerus, ada juga penyebab lain yang bisa menyebabkannya cepat panas.

Penyebab HP Android Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Dengan penggunaan ponsel yang terus menerus, wajar jika ponsel cepat panas. Namun bagaimana jika ponsel yang baru digunakan beberapa saat sudah terasa panas? Tentu ada hal lain yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa cara mengatasi hp cepat panas dan batre cepat habis, yuk simak ulasannya.

Batasi Penggunaan Ponsel Android

Saat ini, ponsel telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih untuk kenyamanan pengguna. Salah satunya adalah fungsi untuk menjaga suhu agar ponsel tetap berada pada suhu normal. Ponsel Android yang cepat panas karena terlalu sering digunakan, menyebabkan Ram dan sistem drive harus bekerja lebih keras. Hal yang sama berlaku untuk baterai.

Karenanya kamu harus membatasi penggunaan HP untuk hal-hal tertentu. Terutama hanya untuk pekerjaan terkait. Hindari penggunaan yang tidak penting, seperti bermain game, misalnya. Setelah menggunakan ponsel selama beberapa jam, coba matikan selama 30 menit untuk beristirahat, cara ini sangat efektif untuk mengatasi hp cepat panas dan lemot.

HP Mudah Panas Dan Baterai Cepat Habis

Menggunakan ponsel terlalu lama juga menjadi salah satu alasan hp android cepat panas. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa kembali status baterai ponsel. Karena jika kondisi terlalu panas, semua alat pendukung ponsel akan rusak. Juga, mungkin ada kerusakan pada baterai ini, yang merupakan bawaan pabrik.

Untuk mengetahui kondisi ini dapat dilakukan dengan menekan *#*#4636#*#*. Setelah menekan tombol, informasi baterai akan muncul. Kemudian pilih suhu baterai untuk melihat berapa suhunya. Jika suhu melebihi 50 derajat, berarti ada masalah dengan kondisi baterai.

Pilih Casing HP Yang Terbuat Dari Bahan Tahan Panas

Periksa casing ponsel. Karena menggunakan casing yang tidak sesuai akan menyebabkan ponsel menjadi panas. Oleh karena itu, pilihlah casing hp yang bisa menyerap panas. Biasanya bahannya berasal dari tiga campuran plastik HBS, HD dan H Impack.

Penggunaan Wi-Fi Yang Efisien

Penggunaan Wi-Fi harus dilakukan seefektif mungkin karena dapat menjadi penyebab hp cepat panas saat internetan. Lebih baik matikan wifi saat tidak digunakan. Panas yang dihasilkan oleh ponsel dapat dikurangi dengan menggunakan cara ini, sehingga ponsel bisa lebih awet.

Matikan Fungsi Getar di HP

Menggunakan fungsi getar pada ponsel juga menjadi salah satu penyebab hp android cepat panas dan baterai cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya matikan fungsi getar jika tidak diperlukan. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi panas pada ponsel.

Hindari Menggunakan Hotspot

Seperti halnya wifi, menggunakan hotspot juga akan membuat ponsel Android Anda cepat panas. Oleh karena itu, Anda harus menghindari penggunaan hotspot di ponsel jika Anda tidak dalam keadaan perlu atau penting. Cara ini sangat mudah dan efektif agar handphone tidak cepat panas dan tidak rusak.

Hemat Ruang Penyimpanan

Sesuaikan penggunaan ruang penyimpanan pada ponsel, jangan sampai terlalu penuh karena akan menjadi salah satu penyebab hp gampang panas atau overheating. Untuk melakukannya, hapus file yang tidak penting atau tidak digunakan. Sehingga ruang penyimpanan masih menyisakan ruang kosong dan ponsel bisa bernafas lega karena tidak terlalu penuh.

Itulah beberapa metode singkat menurunkan Hp Android cepat panas dengan cepat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.