HP Android Murah Untuk Anak SMA di 2023, Cocok Buat Mahasiswa Juga!

Hp Android Murah Sma

Anak SMA zaman now memang sudah tidak bisa lepas dari gadget, apalagi hp Android. Namun memilih hp Android untuk anak SMA tidak semudah membalikkan telapak tangan lho. Ada banyak pertimbangan biar si anak bisa maksimal pakai hp-nya buat keperluan sekolah atau kuliah nanti.

Nah berikut, kita akan bahas beberapa rekomendasi hp Android murah tapi oke buat anak SMA. Biar segala aktifitas si anak lancar jaya pakai hp ini. Cocok juga buat mahasiswa yang butuh hp Android tapi budget minim.

Read More

Mari kita simak rekomendasinya satu per satu!

Pilih Harga di Bawah 2 Jutaan Saja

Di awal, pastikan dulu budgetmu berapa. Jangan asal beli hp mahal tapi ga kepakai fiturnya. Untuk kebutuhan anak SMA, sebaiknya pilih hp Android dengan harga di bawah 2 jutaan saja. Dengan budget segitu, kamu sudah bisa dapat hp bagus kok.

Jadi jangan beli hp 5 atau 10 jutaan yang speknya tinggi tapi ga kepakai. Lebih baik pakai budget minim tapi fiturnya pas buat kebutuhan.

Butuh Kamera Bagus Buat Foto Selfie

Kebanyakan anak jaman now pasti demen selfie dan upload ke medsos kan. Makanya kamu perlu memilih hp Android dengan kamera depan atau selfie kamera yang bagus.

Usahakan selfie kamera minimal 8MP, biar foto selfienya ga pixelated atau pecah. Kamera belakang boleh biasa aja sih, toh jarang dipakai selfie.

Layar yang Lebar dan Tajam

Pilih hp Android dengan layar yang lebar dan tajam agar enak buat nonton video atau main game. Usahakan ukuran layar minimal 5 inci ya dengan resolusi HD atau Full HD.

LCD atau AMOLED juga bagus, asalkan gambarnya tajam dan ga blur. Ini penting buat kenyamanan mata saat menatap layar hp dalam waktu lama.

Baterai Besar Biar Awet

Salah satu hal penting dalam memilih hp adalah kapasitas baterainya. Pilih hp Android dengan baterai besar 4000mAh ke atas agar awet dipakai seharian.

Baterai besar juga cocok buat main game atau nonton video berjam-jam tanpa khawatir kehabisan daya. Daripada beli power bank mending hp-nya yang baterainya gede dari awal.

Chipset yang Mumpuni untuk Multitasking

Sebagai pelajar, anak SMA pasti sering multitasking pakai hp-nya. Misalnya buka Chrome sambil dengerin musik lewat YouTube.

Makanya pilihlah hp dengan chipset yang mumpuni seperti Snapdragon 665, Mediatek Helio G85, atau setara agar ga lag saat multitasking. RAM minimal 4GB juga disarankan agar multitasking lancar.

Cari yang Kamera Fingerprintnya Bagus

Biar aman, pilih hp Android yang dilengkapi fitur kamera fingerprint atau sidik jari. Selain bikin hp ga bisa dibajak orang, fitur ini juga memudahkan kamu buka kunci hp.

Pastikan sensor sidik jarinya responsif dan akurat ya. Jangan sampai suka error atau lama mendeteksi. Fitur face unlock juga oke, tapi fingerprint lebih disarankan.

Desain yang Keren dan Modern

Meski hp murah, tapi tetap pilih desain yang keren dan modern ya. Jangan yang model jadul atau norak, bikin malu aja.

Pilih warna stylish seperti gradient atau dual tone. Ada juga dengan efek 3D curved yang kinclong. Pokoknya buat tampilan dan gaya anak muda banget deh.

Konektivitas Lengkap NFC dan Bluetooth

Buat menunjang produktivitas, pastikan hp memiliki konektivitas lengkap seperti NFC, Bluetooth 5.0, WiFi 5GHz, dan jack audio 3.5mm.

NFC bisa dipakai buat pembayaran cashless. Bluetooth dan WiFi buat koneksi stabil ke smartwatch atau wireless earphone. Sedangkan jack audio berguna buat colok earphone kabel.

Memori Internal dan Eksternal yang Besar

Sebagai pelajar, hp Android dengan kapasitas memori besar sangatlah penting. Pilih yang memiliki memori internal 64GB dan slot microSD sampai 512GB.

Dengan begitu kamu bisa menyimpan banyak foto, video, musik, game, dan aplikasi tanpa rasa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Pilih Merk Ternama agar Awet Dipakai

Meski hp murah, usahakan tetap pilih merek ternama seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dll. Dengan begitu performa dan kualitasnya lebih terjamin.

Hindari membeli hp Android dari merk ga jelas. Selain kwalitasnya diragukan, hp murah merk abal-abal juga rawan rusak atau bermasalah.

Perhatikan Update Sofware dan Keamanan

Pilih hp Android yang terjamin mendapat update software dan keamanan secara berkala. Tujuannya agar hp tetap fast respons dan bebas malware.

Misalnya hp Samsung dijamin mendapat update Android versi terbaru serta patch security setiap 1-2 bulan sekali. Ini penting demi performa dan keamanan hp.

Dapat Garansi Resmi untuk Ketenangan

Beli hp Android resmi yang dilengkapi garansi resmi dari pabrikan atau distributor lokal. Misalnya garansi 1 tahun dari Samsung atau Xiaomi.

Dengan garansi resmi, kamu bisa klaim jika hp rusak atau bermasalah tanpa bayar biaya perbaikan. Tapi pastikan untuk gunakan sesuai ketentuan garansinya ya.

Pilih Online atau Offline Shop Terpercaya

Untuk mendapatkan hp Android murah original, belilah di toko online atau offline shop terpercaya.

Jika beli online, pilih e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, JD.id, Bukalapak, dll yang jualannya udah terverifikasi. Sedangkan untuk beli langsung, datangi gerai resmi merk tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari hp kw atau palsu.

Perhatikan Ulasan Sebelum Membeli

Sebelum beli hp Android, selalu cek ulasan dulu dari pembeli lain. Lihat rating dan review apakah banyak yang komplain soal hp ini atau tidak.

Ulasan jujur dari pembeli yang sudah terlebih dahulu pakai bisa menjadi acuan apakah hp bagus atau tidak. Jangan mudah tergiur dengan harga murah saja.

Cocokkan dengan Kebutuhan Penggunaan

Yang terakhir, paling penting adalah cocokkan spesifikasi hp Android dengan kebutuhan penggunaan si anak SMA. Apakah sesuai untuk keperluan sekolah dan gaya hidupnya atau tidak.

Misal jika suka selfie, pastikan kamera depannya oke. Sedangkan kalau suka main game berat, pilih yang spec tinggi. Pokoknya beli yang pas dengan kebutuhan ya.

Table: Rekomendasi HP Android Murah Untuk Anak SMA

Nama HP Harga Chipset RAM Kamera Depan Baterai
Xiaomi Redmi 10 2022 1,6 juta Mediatek Helio G88 4GB 8MP 5000mAh
Samsung Galaxy M13 1,7 juta Exynos 850 4GB 8MP 5000mAh
Oppo A17 1,9 juta Mediatek Helio G35 4GB 5MP 5000mAh
Vivo Y15A 1,8 juta Mediatek Helio P35 3GB 8MP 5000mAh
Infinix Hot 12 Play 1,7 juta Unisoc Tiger T610 4GB 8MP 6000mAh

Nah itu dia rekomendasi hp Android murah tapi oke banget buat anak SMA atau mahasiswa. Semoga artikel ini bisa jadi panduan buat kamu yang sedang mencari hp untuk sekolah. intinya, pilihlah sesuai kebutuhan dan budget ya. Selamat memilih hp impian!

Related posts