Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Ringan Dijalankan

Menjadi seorang mahasiswa memang dituntut untuk menjadi orang yang benar. Dalam kata lain, benar dalam tindak dan tingkah lakunya.

Bahkan menjadi mahasiswa pun dituntut untuk bisa mandiri, termasuk urusan mencari keuangan, bisa untuk membiayai perkuliahannya atau untuk membantu keluarganya.

Kini semakin banyak mahasiswa yang mulai mencari keuangan, di samping dirinya belajar dengan giat.

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Terkadang kita kesulitan mencari bisnis apa yang sesuai yang bisa digarap oleh anak muda tersebut. Hal itu dilatarbelakangi belum berpengalamannya mereka dalam dunia bisnis.

Namun ternyata ada banyak ide usaha yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Apa saja sih idenya itu? Yuk kita temukan di sini:

Jualan Jasa Printing yang Selalu Menggeliat

Jika kita melihat apa yang paling banyak di sekitar kampus adalah kegiatan fotocopy atau yang berhubungan dengan kertas.

Sejalan dengan itu, banyak pula berdiri usaha yang bergerak di bidang printing dan fotocopy. Nah inilah yang jenis usaha pertama yang bisa kita lakukan sebagai mahasiswa. Usaha printing bisa menjadi jenis usaha yang cukup memberikan sisi keuangan yang baik.

Bentuk usahanya tidak perlu besar, cukup usaha yang kecil saja dengan modak printer yang murah saja. Printer tersebut bisa didapat dengan harga 300 ribu sampai dengan 1 juta.

Kertas ukuran A4 menjadi pelengkap, beserta dengan tinta untuk printernya. Pun dengan lokasinya bisa dilakukan di tempat kost sekalipun.

Dan keti8ka tugas makalah yang selalu banyak, usaha pun sangtat menarik untuk dijalankan. Hemat, bukan?

Jualan Pulsa yang Terus Booming

Hampir di setiap kampus, rata-rata mahasiswanya memiliki ponsel. Tidak hanya itu, ponsel pun kini sudah banyak yang menggunakan smartphone, yang tentunya tidak hanya menggunakan pulsa, melainkan dengan kuota internet.

Atas dasar itulah pulsa dan smartphone ini bisa menjadi ide untuk membuka usaha yang ringan, namun memiliki prospek yang cemerlang.

Jualan pulsa mungkin akan memiliki keuntungan yang kecil, rata sekitar 1 sampai dengan 2 ribu saja per transaksinya.

Namun jika transaksi kita per harinya bisa cukup banyak maka bisa menghasilkan keuntungan yang banyak pula.

Agar jualan pulsa kita makin banyak dikenal, lakukan promosi kecil-kecilan. Kita bisa membuat semacam brosur atau pin dengan sederhana. Dengan begitu, di lingkungan kampus pun akan tahu bahwa kita memiliki usaha jualan pulsa.

Berjualan Ebook yang akan Bermanfaat

Jualan buku atau informasi rata dilakukan oleh mereka yang ada di bidang akademisi. Namun jika kita kebetulan memang menyenangi dan cukup aktif di akademisi, celah tersebut bisa menjadi ide bisnis yang cemerlang. Caranya adalah dengan berjualan ebook.

Ebook tersebut tentunya merupakan hasil karya kita sendiri. Dari sebuah tulisan yang bermanfaat, kemudian disebarkan dengan cara dijual melalui internet.

Namun tidak hanya itu, kita pun bisa menjual ebook dari dosen atau kalangan petinggi kampus. Ebook tersebut tentunya akan sangat mereka butuhkan karena dosen atau petinggi kampus yang memiliki karya tulis, akan membuat namanya makin diperhitungkan di kampus tersebut.


Leave a Comment