Investasi Saham Atau Emas dan Tingkat Resiko Beda Keuntungan

  • Share
Investasi Saham Atau Emas Dan Tingkat Resiko Beda Keuntungan
Investasi Saham Atau Emas Dan Tingkat Resiko Beda Keuntungan

Jika harus memilih mana yang membuat anda tertarik investasi saham atau emas, barangkali anda masih bingung menjawabnya.

Sebab kedua investasi tersebut sama-sama menguntungkan. Akhir-akhir ini harga emas mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Tidak aneh jika banyak orang yang beralih untuk investasi emas. Ada pula mereka yang ingen mencoba investasi dengan emas.

Mereka yang sudah berpengalaman dalam pasar investasi, pasti lebih memilih investasi saham daripada emas. Itu karena keuntungan yang ditawarkan jauh lebih banyak.

Mana yang Terbaik Investasi Saham atau Emas

Jika melihat fakta yang terjadi, harga emas sejak akhir millennium kedua hingga kini mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Akan tetapi harga sahamnya tidak sampai menyamai harga IHSG di Bursa efek Indonesia. Mungkin ini bisa membantu anda dalam menentukan investasi saham atau emas.

Jika melihat data dari sana, angka kenaikan sebanyak 367% oleh emas di BEI yang dihitung sejak 1993 sampai 2011 masih lebih rendah dari harga gabungan beberapa saham (IHSG) yang mengalami kenaikan 522% dalam kurun waktu yang sama. Hal itu dapat anda jadikan rujukan dalam menentukan jenis investasi anda.

Atau barangkali anda malah ingin membandingkan investasi tanah atau emas. Tanah juga merupakan investasi. Terutama di dalam kota, harga tanah dapat melambung sangat tinggi seiring maraknya pembangunan di sana-sini.

Namun tetap saja, kenaikannya tidak bisa satu atau dua tahun saja. Berbeda jika berinvestasi saham dimana anda dapat membeli beberapa lembar saham pada pagi hari dan menjualnya lagi sore harinya.

Membandingkan investasi saham atau emas memang tidak sepadan jika  dilihat tingkat resikonya. Berinvestasi saham punya resiko cukup tinggi.

Akan tetapi resiko tinggi berarti menjanjikan yang besar pula. Hal itu yang tidak bisa diperoleh jika berinvestasi emas.

Investasi Saham atau Emas dan Resikonya

Jika resiko tinggi adalah hal yang anda terima dalam investasi saham, investasi emas tidak menghadirkan resiko yang besar.

Bisa dikatakan hampir nihil jika ditanya investasi emas dan resikonya. karena harga emas tidak akan mengalami kecenderungan turun.

Jika pun ada saatnya turun, hal itu tidak akan berlangsung seterusnta (bisa anda lihat di data BEI). Jadi jenis investasi emas sangat cocok untuk anda yang ingin investasi jangka panjang, karena sudah bisa dipastikan anda tidak akan rugi. Jadi pilih mana investasi saham atau emas akhirnya?

  • Share
hit tracker