Investasi Saham atau Reksadana sebagai Pilihan Anda

Anda yang masih belum mendapat pengertian yang jelas mengenai investasi saham atau reksadana, lebih baik atau bagaimana kedua investasi itu bekerja.

Memang Iklim investasi di Indonesia memang sedang segar akhir-akhir ini. Berbagai model investasi muncul dengan menwarkan keuntungan yang berlipat ganda.

Akan tetapi, investasi saham dan investasi reksadana telah ada lebih dulu dibanding yang lain sehingga peminatnya pun lebih banyak.

Namun sebenarnya apa yang disebut investasi saham reksadana anda harus tau dan apa pula investasi saham itu. Tentu keduanya berbeda satu sama lain.

Karakteristik Investasi Saham atau Reksadana

Sesungguhnya masing-masing investasi mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Bermain dengan saham berarti anda siap untuk mengambil resikonya di kemudian hari.

Dibandingkan dengan reksadana, investasi saham lebih menjanjikan keuntungan yang lebih menggiurkan. Apalagi jika kita lihat kondisi pasar hari ini yang fluktuatif.

Anda bisa mengambil keuntungan dari kondisi tersebut dengan membeli investasi saham. Akan tetapi untuk mendapat untung dari investasi saham atau reksadana, anda harus paham mengenai dunia ‘persahaman’.

Bisa dibilang begitu karena dalam kondisi pasar yang tidak stabil, tidak hanya keuntungan yang dapat diperoleh, akan tetapi kebangkrutan.

Tentu anda tidak ingin mengalami hal semcam itu. Jika anda ingin bermain lebih safety, anda bisa mencoba investasi reksadana.

Dalam investasi reksadana, seburuk apapun kondisi pasar, anda tidak akan mendapat kerugian, kalaupun tetap ada, pasti jumlahnya tidak besar.

Lagipula anda tidak perlu setiap saat mengikuti pergerakan pasar saham karena hal tersebut sudah dilakukan oleh manager investasi.

Namun, disini anda tidak mendapat kebebasan sebanyak jika melakukan investasi saham. Memilih investasi saham atau reksadana tentunya berdasar pada anda.

Ibaratnya kalau investasi di saham kita bermain sendiri sedangkan investasi reksadana kita tinggal terima bersih.

Bingung antara investasi saham atau reksadana

Jika dirasa masih sangat membingungkan, bagi pemula sebaiknya belajar dulu tentang investasi saham.

Berinvestasi disaham memang menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit asalkan kita tahu mekanismenya.

Jika ditanya lebih baik investasi saham atau reksadana, jawabannya tergantung pada nyali dan kemampuan para investor itu sendiri.

Berinvestasi reksadana memang lebih stabil dibanding kan saham. Jika untung tidak signifikan kalaupun rugi tidak rugi-rugi sekali.

Sedangkan investasi saham adalah investasi beresiko cukup tinggi. Tetapi kedua-duanya, investasi saham atau reksadana, adalah bisnis baru yang cukup menjanjikan.