Jenis Investasi Syariah Modal Kecil Yang Menguntungkan

Jenis investasi syariah modal kecil gak jauh berbeda dengan yang sudah dijelaskan pada postingan jenis investasi untuk pemula. Hanya saja dijalankan dengan sistem syariah. Akibatnya, investasi modal kecil Islami dipandang lebih menguntungkan dan bebas dari riba, khususnya di kalangan umat Islam.

Berikut ini adalah daftar jenis investasi syariah modal kecil yang dapat dipilih oleh kita yang ingin menggunakannya. Perhatikan penjelasannya agar kita bisa memahami perbedaannya dengan jenis investasi lainnya.

Jenis Investasi Syariah Yang Paling Menguntungkan

Sukuk Tabungan

Sukuk tabungan juga dikenal sebagai obligasi syariah, adalah jenis pertama dari investasi modal kecil syariah. Sukuk adalah surat pengakuan utang yang diterbitkan oleh negara atau perusahaan kepada calon pemegang obligasi sesuai dengan prinsip syariah.

Baca juga:  Perbedaan Saham dan Obligasi Serta Keuntungan dan Kelebihannya

Sementara itu, pemegang obligasi akan menerima keuntungan secara berkala dalam bentuk bagi hasil. Sayangnya, karena tingkat pengembaliannya yang dinilai rendah, banyak masyarakat yang tidak tertarik dengan sukuk tabungan jenis ini.

Namun bagi yang berminat, saat ini ada sejumlah bank syariah yang menawarkan jenis investasi ini, dan beberapa aplikasi investasi juga menawarkan sukuk tabungan sebagai pilihan.

Deposito Syariah

Deposito syariah yang mirip dengan deposito konvensional merupakan jenis investasi syariah modal kecil berikutnya. Deposito syariah, di sisi lain, hampir selalu memiliki sistem bagi hasil yang diatur berdasarkan persentase.

Misalnya simpanan syariah di bank dengan jangka waktu 12 bulan. Persentase bagi hasil adalah 44 persen:56 persen. Artinya setiap keuntungan akan dibagi 44% untuk kita dan 56% untuk bank.

Deposito merupakan salah satu jenis investasi yang dapat digunakan mahasiswa untuk belajar berinvestasi. Deposito mengikuti aturan yang sama seperti tabungan. Deposito juga dapat berfungsi sebagai batu loncatan untuk mempelajari jenis investasi lainnya.

Baca juga:  TIPS Sukses Jadi Pengusaha Ala Putra Presiden Jokowi

Reksa Dana Syariah

Reksa dana merupakan jenis investasi modal kecil syariah selanjutnya. Reksa dana syariah memiliki definisi yang sama dengan reksa dana konvensional, namun sistem pelaksanaannya berdasarkan sistem syariah. Kita juga bisa membedakan reksa dana syariah dan reksa dana tradisional. Sesederhana ada tidaknya kata ‘syariah/sharia’.

Emas

Emas adalah salah satu investasi modal kecil profit harian yang bisa kita jadikan piihan, emas juga tersedia sebagai jenis investasi dalam investasi konvensional. Dalam investasi Islam, bagaimanapun, emas memiliki perhitungan yang dijamin bebas riba.

Selain itu, daya tarik emas sebagai investasi adalah karena keamanan dan nilainya yang konsisten. Akibatnya, emas adalah investasi jangka pendek yang sangat baik, terutama untuk pemula.

Saham Syariah

Saham syariah adalah jenis terakhir dari investasi modal kecil syariah. Investasi saham syariah, seperti jenis investasi tradisional, menggunakan sistem syariah yang lebih Islami. Di bursa efek Indonesia, ada banyak daftar saham syariah yang bisa dipilih.

Baca juga:  Cara Investasi Deposito Langkah demi Langkah Untuk Pemula

Meskipun syariah, menggunakan saham sebagai instrumen investasi memiliki risiko tinggi, dan memainkannya membutuhkan keterampilan dan pengalaman.