4 Macam Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

  • Share
Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Pemula
Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Pemula

Di zaman sekarang, mencari jenis investasi yang menguntungkan dan sesuai dengan isi dompet sebenarnya tidak lagi susah.

Yang susah itu menentukan jenis investasi yang cocok untuk kamu. Apalagi jika kamu belum pernah berinvesasi.

Ada beberapa hal yang harus dijadikan pertimbangan sebelum memilih investasi, seperti tingkat keuntungan dan resiko yang mengkin terjadi di masa depan.

Selain itu, guna mencapai kebebasan finansial di masa depan, investasi penting untuk dilakukan guna membendung inflasi yang akan berefek pada nilai uang nantinya.

Sebelum kita membahas 4 jenis investasi yang patut dipertimbangkan bagi pemula, kita bahas dulu apa yang dimaksud investasi dan kenapa kita harus melakukan.

Apa itu Investasi?

Apa yang dimaksud investasi adalah mengumpukan uang untuk disimpan dengan ditempatkan pada instrumen keuangan tertentu demi mengharapkan kenaikkan nilai di masa depan.

Kenapa harus investasi ?

Guna mencapai tujuan dan rencana keuangan, seperti dana pendidikan, dana pensiun dan dana darurat.

Bila kamu sudah tahu betul bagaimana pentingnya berinvestasi dan ingin mencari tahu lebih lanjut jenis investasi menguntungkan untuk tahun ini, artikel ini cocok untuk kamu.

Agar kamu lebih terarah dalam menentukan jenis investasi, berikut 4 jenis investasi yang cocok untuk pemula yang bisa kamu coba sekarang juga.

Investasi Emas

Tentu saja, emas merupakan komponen yang paling umum digunakan sebagai media investasi. Kamu pasti sudah pernah mendapat rekomendasi investasi emas bukan?

Investasi ini sangat populer karna logam mulia tak hanya minim resiko, melainkan juga nilainya cenderung stabil dan mudah dicairkan. Bahkan saat nilai rupiah turun, harga emas bisa tetap stabil bahkan naik.

Berbeda dengan mata uang, emas bersifat universal yang bisa digunakan di mana saja.

Apalagi saat ini, kamu tak perlu menyimpan bongkahan emas sendiri untuk bisa melakukan investasi. Bisa was-was bukan menyimpan emas banyak-banyak?

Sekarang kamu bisa membuka rekening investasi emas melalui pegadaian. Untuk tata caranya, simak ulasan dari pegadaian ini.

Investasi Reksadana

Mungkin kamu akan mengeryitkan kening dan bertanya-tanya, “apa itu reksadana?”. karna jenis investasi ini memang masih kurang lazim di benak masyarakat.

Reksadana merupakan menghimpun dana dari masyarakat untuk ditempatkan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Terdapat berbagai jenis portfolio kumpulan efek dari reksadana seperti seperti saham, obligasi, surat berharga, deposito dan lain-lain.

Dengan adanya portfolio, berarti reksadana harus melakukan diversifikasi investasi ke berbagai instrumen, tidak boleh terkonsentrasi pada satu jenis industri saja.

Misalnya reksadana saham harus berinvestasi di berbagai perusahaan dan tidak boleh hanya pada satu saham dan satu industri saja.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis reksadana yang digolongkan berdasarkan instrumen investasinya, diantaranya:

  • Reksadana Pasar Uang
  • Reksa dana Pendapatan Tetap
  • Reksadana Dana Terproteksi
  • Reksadana Campuran
  • Reksadana Indeks
  • Reksadana Saham

Investasi Saham

Saat ini, akses terhadap pasar saham kini semakin mudah. Untuk membuka akun transaksi, kamu bisa melakukahnnya hanya dari rumah saja.

Cukup dengan menyiapkan internet, data diri, dan uang Rp100 ribu, kamu sudah bisa membuka akun di sekuritas terpercaya.

Ada keuntungan ganda yang bisa kamu peroleh dari investasi saham, antara lain dari jual-beli setiap kepemilikan dan juga dividend dari perusahaan yang sahamnya kita miliki.

Karena mudahnya dalam melakukan transaksi dan kecilnya modal yang bisa digunakan untuk memulai, saham cocok dijadikan sebagai investasi untuk pemula karena sekarang sumber daya untuk pembelajaran sudah semakin banyak, sehingga semakin mudah untuk memulainya.

Investasi Properti

Kamu mungkin sudah mengetahui jika harga tanah dan bangunan biasanya akan selalu naik setiap tahunnya.

Jarang ada kasus harga properti di suatu daerah turun. Penurunan harga properti biasanya dikarenakan adanya kondisi luar biasa seperti pandemi di suatu wilayah yang membuat orang-orang enggan tinggal di sana.

Karna harga properti yang umumnya selalu naik, bahkan kadang jauh melebihi kenaikan inflasi, investasi properti menjadi salah satu sektor investasi yang banyak dipilih untuk menjaga kestabilan keuangan.

Walaupun memberikan return yang cukup tinggi, investasi pada properti juga membutuhkan modal dengan jumlah yang cukup besar. Namun, keuntungan yang akan kamu dapatkan juga akan besar dalam jangka panjang.

Secara perlahan, bila kamu sudah memiliki cukup dana, cobalah membeli rumah yang sederhana saja namun berada di daerah yang strategis. Rumah yang berada di daerah strategis harganya akan cenderung naik setiap tahunnya.

Rumah tersebut dapat memberikanmu double income jika dikelola dengan baik. Yaitu biaya sewa perbulan jika kamu menyewakannya, dan selisih dari harga jual-beli jika kamu memutuskan untuk menjualnya.

Saat membeli rumah, cobalah untuk membeli rumah di daerah yang memiliki potensi untuk berkembang, seperti daerah yang di sekitarnya akan dibangun proyek transportasi, pelebaran jalan, dan sebagainya.

Walaupun menggiurkan, bisnis properti terbilang tidak cukup mudah. Hasil masksimal dari bisnis properti ini sangat tergantung kepada strategi yang kamu jalankan.

Perencanaan yang benar-benar matang, pemilihan lokasi, pengetahuan harga pasaran sebelum membeli merupakan beberapa faktor yang harus benar-benar diperhatikan.

Demikian 4 jenis investasi yang cocok untuk pemula yang dapat kamu dipertimbangkan.

Sebelum muai mengambil keputusan, ada baiknya kamu paham investasi apa yang benar-benar cocok untukmu, baik dari segi resiko, modal, dan berbagai analisis teknikal yang dibutuhkan.

  • Share