4 Kesalahan Bisnis yang Kerap Bunda Lakukan

Tidak bisa bunda pungkiri memang jika bisnis online kerap menawarkan banyak keuntungan, khususnya dalam urusan pendapatan.

Bahkan sudah banyak contohnya bunda-bunda lainnya yang memperoleh banyak uang dengan berjualan secara online.

Namun bisnis online tersebut bukannya tanpa cela lho. Dan lebih parahnya lagi bunda sendiri yang menyebabkan adanya kerugian dalam berbisnis di dunia maya tersebut.

Kesalahan Bisnis yang Kerap Bunda Lakukan

Ya tidak jarang ada kesalahan yang kita lakukan sendiri ketika menjalani bisnis online. Setelah kita mendapatkan keuntungan yang melimpah dari berbisnis online, kemudian kita pun ingin membuka bisnis barunya.

Dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar lagi. Akan tetapi, apa daya ternyata harus gigit jari karena tertipu atau lainnya.

Nah agar kesalahan dalam bisnis online tersebut tidak bunda alami, ada baiknya kita simak yuk apa saja kesalahan yang mungkin bunda lakukan.

Lupa atau Bahkan Tidak Mengecek Sama Sekali

Siapa sih yang tidak tergiur dengan keuntungan yang selangit? Terlebih jika bunda sudah lama menekuni bidang bisnis, salah satunya bisnis online.

Jika bisnis bunda yang pertama sudah sukses, biasanya suka ada pihak lain yang ingin mengajaknya kerja sama.

Banyak penawaran yang disampaikannya, mulai dari kemudahan dalam berbisnis, pihak tersebut sudah terbiasa kerja sama dengan pihak lain, sampai dengan keuntungan yang besar.

Kesalahannya adalah bunda tidak mengecek pihak yang mengajak kerja sama tersebut. Ada bagusnya jika memang terpercaya bisa dicek profil bisnis atau pemiliknya, alamat kantornya, atau data lainnya yang diperlukan.

Berutang hanya Demi untuk Sebuah Investasi

Lagi-lagi keuntungan yang besar bisa jadi mesin peleleh bunda, untuk ikut terjun ke dalam tawaran pihak lain.

Hasilnya bunda pun mengikuti tawaran untuk melakukan investasi di pihak tersebut, hanya dengan menanam modal sekian persen, dengan keuntungan yang diraih sekian persen. Tentunya dengan durasi sekian lama.

Namun masalahnya adalah bunda pun kebetulan sedang tidak mempunyai keuangan yang cukup untuk menanam modal tersebut.

Hasilnya adalah dengan meminjam. Lalu apa yang terjadi? Ternyata keuntungan investasi yang dijanjikan itu tidak kunjung diterima, sedangkan bunda kadung berutang. Menyesal adalah langkah akhir yang dilakukan.

Tidak Pernah Mau Belajar, dengan Alasan Ribet

Menjalani bisnis tentunya tidak lepas dari proses pembelajaran. Dan itulah yang harus bunda lakukan setiap saat.

Terlebih ketika ada pihak yang mengajak kita kerja sama. Yang namanya mengajak kerja sama pastinya akan menawarkan banyak hal yang manis, bukan?

Nah ada baiknya bunda pelajari dulu tentang bisnis yang ditawarkannya, profilnya harus jelas, serta cara bunda mendapatkan keuntungan dari kerja sama tersebut.

Malas belajar hanya akan membuat bunda terjatuh ke lubang terdalam. Jangan takut untuk ribet karena belajar. Mindset itulah yang harus bisa bunda ubah, tentunya demi kelancaran bisnis tersebut.

Tidak Berdiskusi, Terutama dengan Pasangan Sebagai Kepala Keluarga

Bisa dikatakan bunda merupakan orang yang sudah sukses dalam berbisnis, dengan keuntungan yang banyak tiap bulannya.

Namun meskipun begitu, bunda adalah seorang istri yang fitrahnya harus menuruti apa kata suami. Dengan begitu, setiap keputusan yang akan bunda ambil, alangkah baiknya diskusikan dulu dengan pasangan kita. Terlebih itu menyangkut urusan bisnis, dengan nilai uang yang tidak sedikit.

Diskusi memiliki peran yang amat penting. Jika tidak dengan suami, mintalah saran dari orang lain yang sudah berpengalaman di bidang tersebut. Tujuannya adalah agar jalinan bisnis berjalan dengan lancar, dan hubungan rumah tangga pun aman.

Nah itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh bunda dalam berbisnis. Semoga selalu terhindar ya…!


Leave a Comment